ARSIP BULANAN : October 2012

PERINTAH/BAHASA BASIS DATA

03 October 2012 18:28:14 Dibaca : 196

1.        Bahasa Definisi Data (Data Definition Language/ DDL)

 

DDL adalah perintah-perintah yang biasa digunakan oleh administrator basis data (DBA) utnuk mendefinisikan skema ke DBMS. Skema adalah deskripsi lengkap tentang struktur medan, rekaman, dan hubungan data pada basis data Index merupakan suatu mekanisme yang lazim digunakan pada basis data, yang memungkinkan pengambilan data dapat dilakukan dengan cepat.

 

DDL Digunakan untuk mespesifikasikan struktur/skema basis data yang menggambarkan/mewakili desain basis data secara keseluruhan.

 

Hasil kompilasi perintah DDL adalah kamus data (File yang berisi metadata (data yang mendeskripsikan data sesungguhnya).

 

Struktur penyimpan dan metode akses yang digunakan oleh sistem basis data disebut dengan data storage and definition language.

 

Perintah-perintah yang termasuk dalam data Definition Language/ DDL):

 

•CREATE (untuk membentuk basis data, table atau index)•• DROP (untuk mengubah struktur table)

• ALTER (untuk menghapus basis data, table atau index)

• SELECT – mengambil data

• DELETE – menghapus data

• INSERT – menyisipkan data

• UPDATE – mengubah data

 

Data Manipulation laguage (DML)

 

DML adalah perintah-perintah yang digunakan untuk mengubah, manipulasi dan mengambil data pada basis data. Tindakan seperti menghapus, mengubah, dan mengambil data menjadi bagian dari DML.

 

   DML pada dasarnya dibagi menjadi dua :

 

   Prosedural, yang menuntut pengguna menentukan data apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mendapatkannya.

 

-  Nonprosedural, yang menuntut pengguna menentukan data apa saja yang diperlukan, tetapi tidak perlu menyebutkan cara mendapatkannya.

 

Perintah-perintah yang termasuk dalam data manipulation language adalah :

 

a)      Insert: Merupakan perintah yang dilakukan untuk melakukan penyisipan.  Umunya penyisipan dilakukan langsung ke base table yaitu tabel utama,tabel dasar atau fisik. Ada dua jenis penyisipan yaitu :

-   Menambah anggota relasi langsung lewat base tables

-   Menambah suatu relasi melalui suatu views sehingga mungkin menghasilkan penambahan lebih dari satu baris pada base tables

 

b) Update Merupakan perintah yang digunakan untukmengubah data yang memenuhikondisitertentu yang dideskripsikandengan  where.Adaduajenis update yaitu :

-   Memodifikasianggotalangsungdari base tables.

-   Memodifikasianggotarelasimelaluisuatu views.

 

c)      Delete: Merupakanperintah yang digunakan untuk menghapus data yang memenuhi kondisi tertentu yang dideskripsikan dengan:

-          Menghapus anggota langsung dari base tables.

-          Menghapus anggota relasi melalui suatu views.

 

d)     Select: Merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan operasi seleksi yang dinyatakan dalam bentuk suatu query dalam bahasa tertentu dengan operasi model data relasional.

 

e)      Views: Merupakan perintah yang digunakan untuk memudahkan proses untuk dapat membuat tabel virtual ataumaya yang dapat merupakan kombinasi berbagai base tables yang dihubungkan dengan kesamaan kondisi tertentu.View adalah tabel semu yang berarti secara fisik data tidak tersimpan dalam basis data,tetapi secara lojik dapat berfungsi seolah-olah tabel.Pada dasarnya tabel virtual adalah :

 

-  Merupakan hasil proses seleksi yang mewakili kacamata user tertentu.

-  Dapat digunakan untuk melakukan retrieval,insert,delete dan update

-  Data Control Language

 

Data Control Language (DCL)

 

Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya.

 

Perintah-perintah yang termasukdalam data control language adalah :

 

a)      Commit: Merupakan perintah yang digunakan untuk memindahkan transaksi dari memory   pemrosesan ke database atau menyimpan secara permanen perubahan-perubahan kedalam database.

 

 b)      Rollback: Merupakan perintah yang digunakan untuk membatalkan transaksi yang belum di commit atau membatalkan perubahan-perubahan terakhir dari perintah commit/rollback terakhir.

 

c) Grand: Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/ijin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE), dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.

 

d) Revoke       : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.

 

DQL ( Data Query Language)

 

Query sesungguhnya berarti pertanyaan atau permintaan. Istilah ini tetap dipertahankan dalam bentuk asli, karena telah populer di kalangan pengguna DBMS di Indonesia.