ARSIP BULANAN : September 2012

tipe data pada data base manajement system

20 September 2012 05:31:35 Dibaca : 312

TIPE – TIPE DATA PADA DATABASE MANAJEMENT SYSTEM

1.      Character (Visual dBASE) Visual dBase adalah salah satu bahasa pemrograman database dibawah sistim operasi Windows. dBase diciptakan pada tahun 1995 oleh Borland International, Inc. untuk menggantikan bahasa pemrograman dBase yang sudah terkenal sejak 1984. MENJALANKAN VISUAL dBASE 5.5 Setelah Visual dBase selesai Anda install ke dalam komputer Anda, selanjutnya cara menjalankan Visual dBase adalah sebagai berikut (Windows XP): 1. Klik Start, kemudian sorot All Programs. 2. Keluar seluruh program yang ada dalam Windows Anda, sorot Visual dBase. 3. Keluar dua belas buah pilihan, klik Visual dBase. 4. Sekarang Anda sudah siap bekerja dengan Visual dBase Dengan cara yang sama, demikian juga menjalankan Visual dBase jika Anda menggunakan Windows 2000 atau Windows 98. KOMPONEN-KOMPONEN VISUAL dBASE Visual dBase 5.5 terdiri dari beberapa komponen, antara lain: Title (Judul), Menu Bar (baris menu), Icon, Jendela Navigator dan Jendela Command

2.      PostgreSQL adalah sebuah object-relational database management system (ORDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL adalah database yang powerful dan tidak kalah dengan database komersil sekelasnya Oracle, Sybase maupun Informix. PostgreSQL yang mendukung standar SQL92 dan SQL99 ini juga mendukung bahasa pemrograman C, C++, Java, Tcl, Perl, Python, PHP, dst.

3.      Database relasional dapat menangani semua jenis data.Sebuah toko program database dan informasi mengambil. Sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) menunjukkan struktur dan organisasi data dalam database. Industri menemukan database relasional menarik karena kesederhanaan dalam pemrograman, akses dan pemeliharaan. Penciptaan database relasional jenis, struktur dan sistem pada tahun 1970 membuka pintu untuk pengembangan penyimpanan, pencarian dan aplikasi data untuk semua jenis aplikasi komputer.

4.      Oracle 11g Tersedia dalam tiga edisi kompatibel-perusahaan, standar dan express-Oracle 11g menyediakan kemampuan database yang berjalan di Windows, Linux dan sistem operasi UNIX. Fitur khusus termasuk pemrosesan transaksi, intelijen bisnis dan aplikasi manajemen konten. Oracle 11g memberikan perlindungan dari kegagalan server, mengamankan enkripsi data dan recall total data, dan mudah mengelola terbesar dari database. Edisi Enterprise menawarkan berbagai pilihan yang mencakup data mining, data warehouse, OLAP, keamanan canggih dan manajemen. Pilihan lain adalah aplikasi pengujian nyata dan kompresi canggih. Oracle mempromosikan aplikasi database dengan menawarkan database gratis starter di Oracle Database 10g Express Edition yang pengguna bebas untuk men-download, mendistribusikan, mengembangkan dan menyebarkan.

 

Tipe Data dalam Oracle

Pada saat kita membuat tabel, tentunya kita juga akan menentukan tipe data dari kolom-kolom yang ada dalam tabel tersebut. Tipe data utama dalam Oracle adalah VARCHAR2, CHAR, DATE, LONG, LONG RAW, NUMBER, RAW, dan ROWID. Tetapi untuk kompatibilitas dengan database SQL yang lain, perintah CREATE TABLE dapat menerima beberapa versi dari tipe data dasar tersebut. Berikut merupakan daftar tipe data dalam Oracle:

  • VARCHAR2(size)
    Untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000.
  • NVARCHAR2(size)
    Untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000, tergantung dari karakter nasional yang dipakai dalam database.
  • NUMBER(precision, scale)
    Untuk kolom yang menampung data angka yang memiliki total panjang sebanyak precision dan angka di belakang koma sebanyak scale. precision mulai dari 1-38 sedangkan scale mulai dari -84 sampai 127.
  • LONG
    Data karakter dengan ukuran maksimum 2GB.
  • DATE
    Tanggal mulai dari 1 Januari 4712 SM sampai 31 Desember 9999.
  • BINARY_FLOAT
    32 bit floating-point.
  • BINARY_DOUBLE
    64 bit floating-point.
  • TIMESTAMP(precision)
    Tanggal + waktu, dimana precision adalah jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).
  • TIMESTAMP(precision) WITH TIME ZONE
    TIMESTAMP ditambah dengan penyesuaian zona waktu, precission adalah jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).
  • TIMESTAMP(precision) WITH LOCAL TIME ZONE
    TIMESTAMP yang merujuk kepada local time (waktu di komputer kita).
  • INTERVAL YEAR(precision) TO MONTH
    Waktu dalam bentuk tahun dan bulan, dimana precision adalah digit dari tahun yang digunakan (mulai 0-9, default 2).
  • INTERVAL DAY(day_precision) TO SECOND(second_precision)
    Waktu dalam bentuk hari, jam, menit, dan detik. Dimana day_precision jumlah digit dari DAY (mulai 0-9, default 2) dan second_precision merupakan jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).
  • RAW(size)
    Data biner dalam format RAW, size dalam ukuran byte, maksimum size adalah 2000 byte.
  • LONG RAW
    Data biner dalam format RAW, sama seperti LONG
  • ROWID
    String basis 64 yang merepresentasi alamat unik tiap baris dalam tabel.
  • UROWID(size)
    String basis 64 yang merepresentasi alamat unik tiap baris dalam tabel yang terindex, ukuran maksimumnya 4000 byte.
  • CHAR(size)
    Untuk menyimpan string/karakter dengan panjang tetap, maksimum panjangnya 2000, defaultnya 1 byte dan akan dimampatkan di sebelah kanan sampai panjang terpenuhi dengan memakai spasi.
  • NCHAR(size)
    Versi CHAR dengan multibyte karakter.
  • CLOB
    Character Large Object, dapat menampung sampai lebar 4GB.
  • NCLOB
    Sama seperti CLOB, tetapi dia mengandung karakter Unicode.
  • BLOB
    Binary Large Object sampai 4GB, menyimpan data dalam bentuk binernya.
  • BFILE
    Merupakan reference kepada file biner dari sistem operasi
    Bottom of Form

 

 

1.      1.      Pengertian DBMS

DBMS (Database management system) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola data.sistem ini di buat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistemdidasarkan pada kebutuhan individual pemakai,bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai.

Setiap kali terdapat kebutuhan baru dari seorang pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer. Akibatnya, kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.

ü  keuntungan penggunaan DBMS

·         Kebebasan data dan akses yang efisien

·         Mereduksi waktu pengembangan aplikasi

ü  kerugian penggunaan DBMS

·         perangkat lunak yang mahal

·         Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar

ü  Fungsi DBMS 

-          Memanipulasi data

-          Keamanan dan integritas data

-          Security dan integritas data

-          Recovery/perbaikan dan concurency data

-          Data dictionary

-          Unjuk kerja / performance

2.      Komponen data procesing yang menggunakan sistem database:

Ø  Perangkat keras (hardware) : penyimpanan sekunder

Ø  Perangkat lunak (software) : program aplikasi

Ø  Data : database mempunyai sifat internal (integritas dari file-file yang terlibat) dan terbagi / share.

Ø  User : user pembuat program aplikasi , end user (user pemakai data langsung)

3.      Aplikasi yang digunakan dalam mengelola database : 

  • Microsoft SQL Server 2000 adalah perangkat lunak relational database management system (RDBMS) yang didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran besar dengan berbagai fasilitas. Microsoft SQL Server 2000 merupakan produk andalan Microsoft untuk database server. Kemampuannya dalam manajemen data dan kemudahan dalam pengoperasiannya membuat RDBMS ini menjadi pilihan para database administrator.

  • Visual Foxpro, Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Pada tahun 1989 foxbase berkembang menjadi foxpro dan memperkenalkan GUI. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama Foxpro ditambahkan awalan "Visual". Pada tahun 1995 Foxpro berkembang menjadi Visual Foxpro dan dilengkapi dengan pemrograman berorientasi objek, serta dapat membangun aplikasi berbasis web.

 

  • DB2 adalah keluarga sistem manajemen relasional (RDBMS) produk dari IBM yang melayani sejumlah sistem operasi yang berbeda platform , menurut IBM, DB2 memimpin dalam hal pangsa pasar database dan kinerja.
  • Borland paradox adalah suatu program pembangun database yang sangat terkenal. Database yang dibangun dengan aplikasi ini berada dalam beberapa file yang berakhiran .db, .mb, dan .px. dimana file .db menyimpan informasi tabel dari database, file .mb menyimpan isi dari tipe data, memo, formatted memo, graphic, OLE, dan binary dari tabel pada file .db. database ini dapat dikenali dan diolah oleh aplikasi Borland Delphi. Dengan aplikasi ini, kita dapat membuat suatu database yang terdiri dari tabel, relasi dan lain-lain.
  • Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

                       

  •   Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

  • PostgreSQL      Postgre SQL, adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskansecara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Perangkat lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

 

  • Firebird (juga disebut FirebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.
  • dBase, dBASE adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu.

 

 

  • My SQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal, di sebabkan My SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses Database


ü

Pengertian Database

12 September 2012 09:37:48 Dibaca : 66

data base adalah kumpulan data sistematis yang otomatis yang disediakan dalam koputer yang dapat digunakan untuk memperoeh.perangkat lunak yang digunakan untuk memanggil data (qiury) disebut dengan sistem manajemen data(data base manajemen sistem).