tugas 3 pengantar aplikasi komputer
50 Fungsi Tombol Keyboard dalam Menggunakan Ms.Word
- Ctrl + 1 membuat spasi 1.0
- Ctrl + 2 membuat spasi 2.0
- Ctrl + 5 membuat spasi 1.5
- Ctrl + A memblok semua tulisan yang ada sedang diketik
- Ctrl + B menebalkan huruf
- Ctrl + Backspace menghapus kata
- Ctrl + C mengkopi tulisan
- Ctrl + D menampilkan dialog untuk ‘font’
- Ctrl + E Merata tengah tulisan
- Ctrl + Enter membuat slide baru
- Ctrl + F menampilkan pencari (FIND) kata/kalimat yang ada didokumen aktif
- Ctrl + F1 menghilakan menu bar
- Ctrl + F10 membuat dokumen menjadi ”restore down”
- Ctrl + F12 membuka dokumen yang telah disimpan
- Ctrl + F2 melihat halam yang akan dicetak
- Ctrl + F4 keluar dari dokumen
- Ctrl + G menampilkan ‘’go to’’ untuk mencari halaman
- Ctrl + H menampilkan ‘replace’ untuk mengganti kata yang salah
- Ctrl + I memiringkan huruf
- Ctrl + J mensejajarkan teks baik kiri dan kanan
- Ctrl + K menampilkan dialog ‘Insert Hyperlink’ guna hyperlink adalah
- Ctrl + L merata kiri tulisan
- Ctrl + M membuat alinea dalam tulisan
- Ctrl + N membuat dokumen baru
- Ctrl + O membuka dokumen yang telah disimpan
- Ctrl + P menampilkan dialog untuk mencetak dokumen
- Ctrl + Q menghapus tabulasi
- Ctrl + R merata kanan tulisan
- Ctrl + S menyimpan dokumen
- Ctrl + T membuat tabulasi
- Ctrl + U membuat gari bawah
- Ctrl + V menempelkan tulisan yang telah di copy
- Ctrl + W log out/keluar dari dokumen
- Ctrl + X memotong tulisan
- Ctrl + Y mengulangi/memperbanyak kata/huruf/kalimat
- Ctrl + Z memulangkan tulisan semula
- Shift + 0 membuat symbol balas kurung )
- Shift + 1 membuat tanda seru ‘!’
- Shift + 2 membuat @
- Shift + 3 membuat pagar ‘#’
- Shift + 4 membuat symbol mata uang dolar $
- Shift + 5 membuat symbol %
- Shift + 6 membuat tanda ^
- Shift + 7 membua symbol &
- Shift + 8 membuat symbol *
- Shift + 9 membuat symbol buka kurung (
- Shift + F1 membuka ”reveal formating”
- Shift + F12 menyimpan dokumen
- Shift + F3 membuat tulisan menjadi huruf kapital atau sebaliknya
- Shift + F4 membuka dialog find and replace untuk mencari kata dalam dokumen aktif
TUGAS 2 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
CONTOH-CONTOH PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
- Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
- Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
- Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
- Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
- Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
- Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
- Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- Perangkat lunak gratis (freeware)
- Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
- Perangkat lunak perusak (malware)
Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.
Tidak jarang beberapa orang diantara kita mengenal komputer hanya dalam segi bentuk jadi, akan tetapi ada hal yang harus kita tahu atau hanya sekedar sebagai sebuah pengetahuan, bahwa komputer terbentuk dari kumpulan sistem untuk mengolah data. Komputer sendiri terdiri dari software (perangkat lunak) dan Hardware (perangkat keras). Salah satu jenis software (perangkat lunak) adalah Sistem Operasi yang sudah sangat familiar dengan kita yaitu windows. Selain itu tentunya kita juga perlu mengetahui Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya. Langsung saja simak yang berikut ini.
Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.
Untuk sedikit menambah wawasan tentang Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya berikut ini ada beberapa contohnya yang bisa disimak :
Keyboard:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan (input) data, bisa juga untuk memberikan perintah.
Mouse:
Berfungsi sebagai alat penunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.
Scanner:
Berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto.
Monitor:
Berfungsi disebut juga layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
Printer:
Berfungsi untuk mencetak data/informasi pada kertas.
Speaker:
Berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara.
Processor:
Berfungsi sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya (otak komputer).
Mainboard:
Berfungsi sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen-komponen lainnya dipasang.
CD/DVD Drive:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan CD/DVD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD.
Harddisk:
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Harddisk berada di dalam casing (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan (disebut juga fixed disk). Umumnya semua program dan data disimpan dalam harddisk.
Memory (RAM):
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory yang bisa diakses secara acak oleh processor.
VGA Card:
Berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.
Software Pengolah Multimedia
Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.
OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini ikut dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
3. WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6.DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di www.soft-games.com
8. XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.
9. Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.
10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
11. Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.
12.Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.
13.Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit
audio dan video.
14. TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15.ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16. XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
DAFTAR KODE ASCII
Pas perlu, kadang hal yang kecil susah ditemukan. Perlengkapan kecil dalam pemrograman, salah satunya adalah daftar kode ASCII. Kode ini bernilai dari 0 sampai 127 (128 kode) meskipun tidak semuanya dapat ditampilkan di dalam program. Kode bernilai sampai dengan 31 dinamakan kode control, sedangkan 32 sampai dengan 126 adalah kode ASCI yang dapat ditampilkan. Alfabet A sampai Z diwakili oleh kode desimal 65 sampai 90. Bagaimana dengan kode yang lain?
Contoh pemrograman yang memanfaatkan kode ASCII.
<!--[if gte mso 9]>
Tugas 1 pengantar aplikasi komputer
Komputer merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas
komputasi. Namun pada saat ini penggunaan komputer telah berkembang tidak hanya
untuk proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi, dan
komunikasi-informasi.
Sebagaimana layaknya sebuah perangkat elektronik, komputer merupakan sistem IPO
(Input Proccess and Output), sehingga memerlukan masukan untuk diolah yaitu berupa
data dan akan menghasilkan suatu keluaran yaitu informasi.
Secara teknis, kriteria yand dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan, antara lain:
(1) arsitektur;
(2) kecepatan pemrosesan;
(3) besarnya memori;
(4) kemampuan penyimpanan;
(5) jumlah pengguna;
(6) biaya; dan
(7) ukuran.
Arsitektur komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer.
Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan
komputasi. Arsitektur komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri.
Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh komputer
setiap detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk
mempermudah pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka
frekuensi, misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di
pasaran dikeluarkan Intel adalah 3,2 GHz.
Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer sehingga bisa digunakan
untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama bisa mengakses dengan
lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang besar. Hal tersebut berkaitan
dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan yang biasanya digunakan
untuk pengaksesan suatu program (swap).
Untuk komputer yang terangkai dalam suatu jaringan (network) maka semakin banyak
jumlah pengguna dalam sistem jaringan akan semakin menurun kinerja dari sistem
jaringan komputer tersebut. Kriteria biaya berkaitan dengan perbandingan antara biaya
(cost) dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem komputer.
Berdasarkan kriteria tersebut diatas, maka komputer bisa dikelompokkan dalam
beberapa klasifikasi, yaitu: komputer super, mainframe, komputer mini, server,
- 2 - Pengenalan Komputer
workstation dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat
dengan beragam bentuk antara lain: komputer desktop atau biasa disebut personal
komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC dan tablet PC.
PERANGKAT KERAS (HARD-WARE)
Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili
alur input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri
dari:
(1) piranti masukan (input device),
(2) piranti pemrosesan,
(3) piranti penyimpanan (storage device), dan
(4) piranti keluaran (input device).
hallo my friend
hallo my friend.....nggak sangka kalau hari nhe sy sudah kulia
tp sayangx sy dan adikq harus beda fakultas