tugas 3 pengantar aplikasi komputer

28 October 2012 18:46:59 Dibaca : 404

50 Fungsi Tombol Keyboard dalam Menggunakan Ms.Word

 

  1. Ctrl + 1 membuat spasi 1.0
  2. Ctrl + 2 membuat spasi 2.0
  3. Ctrl + 5 membuat spasi 1.5
  4. Ctrl + A memblok semua tulisan yang ada sedang diketik
  5. Ctrl + B menebalkan huruf
  6. Ctrl + Backspace menghapus kata
  7. Ctrl + C mengkopi tulisan
  8. Ctrl + D menampilkan dialog untuk ‘font’
  9. Ctrl + E Merata tengah tulisan
  10. Ctrl + Enter membuat slide baru
  11. Ctrl + F menampilkan pencari (FIND) kata/kalimat yang ada didokumen aktif
  12. Ctrl + F1 menghilakan menu bar
  13. Ctrl + F10 membuat dokumen menjadi ”restore down”
  14. Ctrl + F12 membuka dokumen yang telah disimpan
  15. Ctrl + F2 melihat halam yang akan dicetak
  16. Ctrl + F4 keluar dari dokumen
  17. Ctrl + G menampilkan ‘’go to’’ untuk mencari halaman
  18. Ctrl + H menampilkan ‘replace’ untuk mengganti kata yang salah
  19. Ctrl + I memiringkan huruf
  20. Ctrl + J mensejajarkan teks baik kiri dan kanan
  21. Ctrl + K menampilkan dialog ‘Insert Hyperlink’ guna hyperlink adalah
  22. Ctrl + L merata kiri tulisan
  23. Ctrl + M membuat alinea dalam tulisan
  24. Ctrl + N membuat dokumen baru
  25. Ctrl + O membuka dokumen yang telah disimpan
  26. Ctrl + P menampilkan dialog untuk mencetak dokumen
  27. Ctrl + Q menghapus tabulasi
  28. Ctrl + R merata kanan tulisan
  29. Ctrl + S menyimpan dokumen
  30. Ctrl + T membuat tabulasi
  31. Ctrl + U membuat gari bawah
  32. Ctrl + V menempelkan tulisan yang telah di copy
  33. Ctrl + W log out/keluar dari dokumen
  34. Ctrl + X memotong tulisan
  35. Ctrl + Y mengulangi/memperbanyak kata/huruf/kalimat
  36. Ctrl + Z memulangkan tulisan semula
  37. Shift + 0 membuat symbol balas kurung )
  38. Shift + 1 membuat tanda seru ‘!’
  39. Shift + 2 membuat @
  40. Shift + 3 membuat pagar ‘#’
  41. Shift + 4 membuat symbol mata uang dolar $
  42. Shift + 5 membuat symbol %
  43. Shift + 6 membuat tanda ^
  44. Shift + 7 membua symbol &
  45. Shift + 8 membuat symbol *
  46. Shift + 9 membuat symbol buka kurung (
  47. Shift + F1 membuka ”reveal formating”
  48. Shift + F12 menyimpan dokumen
  49. Shift + F3 membuat tulisan menjadi huruf kapital atau sebaliknya
  50. Shift + F4 membuka dialog find and replace untuk mencari kata dalam dokumen aktif

 

 

 

TUGAS 2 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

14 October 2012 17:30:30 Dibaca : 465

CONTOH-CONTOH PERANGKAT LUNAK

 

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

 

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

 

  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

 

 

Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.

 

Tidak jarang beberapa orang diantara kita mengenal komputer hanya dalam segi bentuk jadi, akan tetapi ada hal yang harus kita tahu atau hanya sekedar sebagai sebuah pengetahuan, bahwa komputer terbentuk dari kumpulan sistem untuk mengolah data. Komputer sendiri terdiri dari software (perangkat lunak) dan Hardware (perangkat keras). Salah satu jenis software (perangkat lunak) adalah Sistem Operasi yang sudah sangat familiar dengan kita yaitu windows. Selain itu tentunya kita juga perlu mengetahui Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya. Langsung saja simak yang berikut ini.

 

http://2.bp.blogspot.com/-hX9WdChmWEE/T0PxFZJXcOI/AAAAAAAAAkk/CaQ9jFdCB-4/s320/11.gif

 

Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.

 

Untuk sedikit menambah wawasan tentang Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya berikut ini ada beberapa contohnya yang bisa disimak :

 

Keyboard:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan (input) data, bisa juga untuk memberikan perintah.

 

Mouse:
Berfungsi sebagai alat penunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.

 

Scanner:
Berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto.

 

Monitor:
Berfungsi disebut juga layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.

 

Printer:
Berfungsi untuk mencetak data/informasi pada kertas.

 

Speaker:
Berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara.

 

Processor:
Berfungsi sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya (otak komputer).

 

Mainboard:
Berfungsi sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen-komponen lainnya dipasang.

 

CD/DVD Drive:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan CD/DVD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD.

 

Harddisk:
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Harddisk berada di dalam casing (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan (disebut juga fixed disk). Umumnya semua program dan data disimpan dalam harddisk.

 

Memory (RAM):
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory yang bisa diakses secara acak oleh processor.

 

VGA Card:
Berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.

Software Pengolah Multimedia

 

Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.


OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini    ikut  dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
3. WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6.DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.

 

7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di www.soft-games.com

 

8. XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.

 

9. Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.      Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.

 

10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.

 

11. Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.

 

12.Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.

 

13.Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit

audio dan video.
14.
TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15
.ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16.
XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17
. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

DAFTAR KODE ASCII

Pas perlu, kadang hal yang kecil susah ditemukan. Perlengkapan kecil dalam pemrograman, salah satunya adalah daftar kode ASCII. Kode ini bernilai dari 0 sampai 127 (128 kode) meskipun tidak semuanya dapat ditampilkan di dalam program. Kode bernilai sampai dengan 31 dinamakan kode control, sedangkan 32 sampai dengan 126 adalah kode ASCI yang dapat ditampilkan. Alfabet A sampai Z diwakili oleh kode desimal 65 sampai 90. Bagaimana dengan kode yang lain?

 

 

 

Daftar kode ASCII yang dapat ditampilkan

Daftar kode ASCII yang dapat ditampilkan

 

Contoh pemrograman yang memanfaatkan kode ASCII.

<!--[if gte mso 9]>

Tugas 1 pengantar aplikasi komputer

15 September 2012 09:49:16 Dibaca : 417

Komputer merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas

 

komputasi. Namun pada saat ini penggunaan komputer telah berkembang tidak hanya

 

untuk proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi, dan

 

komunikasi-informasi.

 

Sebagaimana layaknya sebuah perangkat elektronik, komputer merupakan sistem IPO

 

(Input Proccess and Output), sehingga memerlukan masukan untuk diolah yaitu berupa

 

data dan akan menghasilkan suatu keluaran yaitu informasi.

 

Secara teknis, kriteria yand dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan, antara lain:

 

(1) arsitektur;

 

(2) kecepatan pemrosesan;

 

(3) besarnya memori;

 

(4) kemampuan penyimpanan;

 

(5) jumlah pengguna;

 

(6) biaya; dan

 

(7) ukuran.

 

Arsitektur komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer.

 

Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan

 

komputasi. Arsitektur komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri.

 

Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh komputer

 

setiap detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk

 

mempermudah pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka

 

frekuensi, misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di

 

pasaran dikeluarkan Intel adalah 3,2 GHz.

 

Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer sehingga bisa digunakan

 

untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama bisa mengakses dengan

 

lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang besar. Hal tersebut berkaitan

 

dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan yang biasanya digunakan

 

untuk pengaksesan suatu program (swap).

 

Untuk komputer yang terangkai dalam suatu jaringan (network) maka semakin banyak

 

jumlah pengguna dalam sistem jaringan akan semakin menurun kinerja dari sistem

 

jaringan komputer tersebut. Kriteria biaya berkaitan dengan perbandingan antara biaya

 

(cost) dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem komputer.

 

Berdasarkan kriteria tersebut diatas, maka komputer bisa dikelompokkan dalam

 

beberapa klasifikasi, yaitu: komputer super, mainframe, komputer mini, server,

 

- 2 - Pengenalan Komputer

 

workstation dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat

 

dengan beragam bentuk antara lain: komputer desktop atau biasa disebut personal

 

komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC dan tablet PC.

 

PERANGKAT KERAS (HARD-WARE)

 

Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili

 

alur input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri

 

dari:

 

(1) piranti masukan (input device),

 

(2) piranti pemrosesan,

 

(3) piranti penyimpanan (storage device), dan

 

(4) piranti keluaran (input device).

 

hallo my friend

05 September 2012 10:10:54 Dibaca : 813

hallo my friend.....nggak sangka kalau hari nhe sy sudah kulia

tp sayangx sy dan adikq harus beda fakultas

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll