ARSIP BULANAN : September 2012

tugas resume pengenalan komputer

14 September 2012 13:04:23 Dibaca : 1253

 

PENGENALAN KOMPUTER
 
SISTEM KOMPUTER
Komputer merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas komputasi. Namun pada saat ini pengguna komputer telah berkembang tidak hanya untuk proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi dan komunikasi informasi.
 
Sebagaimana layaknya sebuah peranggkat elektronik, komputer merupakan sistem IPO (Input Pros\cess and Output), sehingga memerlukan masukan untuk diolah yaitu berupa data dan akan menghasilkan suatu keluaran yaitu informasi.
 
Secara teknis, kriteria yang dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan, antara lain :
(1)   arsitektur;
(2)   kecepatan pemrosesan;
(3)   besarnya memori;
(4)   kemampuan penyimpanan;
(5)   jumlah pengguna;
(6)   biaya; dan
(7)   ukuran
Arsitektur komputer mengacu kepada rancangan internal dari rangkaian komputer. Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi.
 
Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah intruksi yang diproses oleh komputer setiap detiknya, biasanya dalam satuan million intruksi per detik (MIPS). 
 
Memori utama biasanya mengacu pada penyimpanan internal komputer sehingga bisa digunakan  untuk mengakses dan menjalankan program.
 
Berdasarkan kecepatan dan kemampuan memorinya komputer di klasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi, yaitu komputer super, mainframe, komputer mini, server, workstation dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat dengan beragam bentuk antara lain : komputer desktop atau biasa disebut personal komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC dan tablet PC.
 
BAGIAN- BAGIAN DARI KOMPUTER
A.    PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dri perangkat keras penyusun yang mewakili alur input, proses, dan output.
·         Piranti input (masukan) berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses. Diantaranya : keyboard, mouse, pemindai, joystik, kamera digital, layar.
·         Piranti pemroses merupakan otak dari komputer sering diberi istilah sistem unit/ central processing unit.
·         Piranti penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer untuk menyimpan data yang telah diolah.
·         Piranti keluaran (output) merupakan merupakan alat untuk memproses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia, misalnya printer.
 
B.     PERANGKAT LUNAK
Perangkat keras tidak dapat bekerja secara mandiri. Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan serangkaian intruksi yang terkumpul dalam bentuk perangkat lunak (sfotware). Perangkat lunak antara lain sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk membantu suatu tugas dengan cepat.Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus tugas tertentu misalnya berupa :
(1)   Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word dan sebagainya.
(2)   Spreadsheet, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123
(3)   Database management system (DBMS) misalnya MS-Acces.
(4)   Graphics, misalnya  Corel Draw, Adobe Photoshop.
(5)   Communication, misalnya MIRC, Internet Explore (IE), Mozilla Firefox dan opera mini. 

 

keep smile

05 September 2012 11:39:56 Dibaca : 927

waktu ikut momb saya mrasa senang karna bisa mendapatkan teman teman baru

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong