ARSIP BULANAN : September 2012

tugas 1. Pengenalan komputer

13 September 2012 13:56:26 Dibaca : 40

  RESUME PENGENALAN KOMPUTER: BY HASAN W.ABD HAMID

 

.

 

komputer berasal dari kata Komputer (to compute) yang artinya mengehitung. Tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi baik hardware, software, maupun brainwarenya sehingga saat ini komputer tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menghitung saja, melainkan sudah digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan aktifitas manusia seperti penelitian, kedokteran, pendidikan, perbankkan, bisnis, dan lain-lain.
Bahkan dengan canggihnya teknologi komunikasi seperti telepon dan jalur komunikasi lainnya, tidak sedikit komputer digunakan sebagai sarana komunikasi yang cukup handal, seperti Internet, E-mail, Internet-Phone, dan lain-lain.

 

Komputer sepertihalnya radio, dan peralatan elektronik lainnya merupakan serangkaian alat elektronik yang terdiri dari berbagai komponen sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan kompak. Perbedaan yang paling mendasar antara komputer dengan piranti alat elektronik antara lain komputer bisa digunakan sebagai alat untuk membantu penyelesaian suatu pekerjaan yang bekerja secara sistematis berdasarkan suatu perintah atau intruksi yang diberikn kepadanya. Dengan kata lain komputer adalah serangkaian alat elektronik yang bekerja secara sistematis untuk membantu meringankan tugas manusia berdasarkan intruksi-intruksi dan piranti lainnya seperti system operasi dan aplikasinya. Semua jenis pekerjaan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, dan akurat.
Dalam menyelesaikan pkerjaan tersebut komputer malakukan secara otomatis berdasarkan intruksi atau perintah yang diberikan kepadanya.
Perlu diketahui komputer tidak akan berguna dan tidak bisa digunakan dengan baik tanpa adanya intruksi atau perintah yang diberikan oleh manusia sebagqi user atau pemakai.

 

Komputer terdiri dari bagian-bagian penting sebagai berikut:

 

CPU (baca: sipiyu)

 

singkatan dari Central Processing Unit, merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan instruksi dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor, sering digunakan untuk menyebut CPU. Didalam CPU minimal terdapat sebuah motherboard, memory, kartu VGA dan hard-disk. Komponen lain yang biasanya ditambahkan diantaranya: CD-ROM atau DVD-ROM dan kartu VGA yang lebih canggih (dibutuhkan bagi yang beraktivitas dalam bidang desain grafis atau untuk bermain game komputer)

 

 monitor adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
* monitor tabung layar cembung
* monitor LCD
* monitor plasma

 

 

 

 KEYBOARD adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

 

 MOUSE adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

 

waktu mahasiswa

07 September 2012 11:25:40 Dibaca : 37

-blank

waktu mahasiswa

07 September 2012 11:25:09 Dibaca : 46

-blank-

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong