ARSIP BULANAN : September 2013

sejarah internet

23 September 2013 14:10:11 Dibaca : 141

Sejarah Perkembangan Internet

Jumlah pengguna internet di dunia yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Sejarah perkembangan internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bemacam – macam informasi. Sejarah perkembangan internet melambangkan penyebaran atau pengetahuan informasi dan data secara cepat.
Sejarah perkembangan internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka ( dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon ), kini menjadi sangat mudah dan sering dilakukan melalui internet. Transaksi melalui internet ini dikenal dengan nama e – commerce atau jual beli on line.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA
Setelah tadi diatas kita mengutip sedikit bagaimana sejarah perkembangan internet yang semakin terus maju dan berkembang pesat, dibawah ini kita akan membahas bagaimana sejarang perkembangan internet yang ada di Indonesia.
Sejarah perkembangan internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990 – an. Saat itu ada sebuah jaringan internet di Indonesia, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa diatara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana sejarah perkembangan internet di Indonesia kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan internet. Sejak 1988, ada pengguna awal internet di Indonesai yang memanfaatkan CIX ( Inggris ) dan Compuseve ( AS ) untuk mengakses internet.
Dalam sejarah perkembangan internet, berdasarkan catatan Whois ARIN dan APNIC, protokol internet ( IP ) pertama di Indonesia, UI – NETLAB ( 192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama – nama legendaris di awal sejarah perkembangan internet pada tahun 1992 hingga 1994.
Masing – masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan – cuplikan sejarah perkembangan internet di Indonesia. Tulisan – tulisan tentang keberadaan jaringan internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS juga beberapa artikel pendek di majalah elektron himpunan mahasiawa Elektro ITB pada tahun 1989.
Mungkin itulah sedikit cuplikan mengenai sejarah perkembangan internet yang berlaku pada negara Indonesia, mungkin dengan demikian anda sedikit menambah wawasan anda tentang informasi sejarah perkembangan internet di Indonesia.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA
Setelah tadi bagaimana dibahas tentang sejarah operkembangan internet didalam negeri kita, kali ini yang akan kita bahas adalah sejarah perkembangan internet yang ada di dunia atau mancanegara yang lebih kompleks dalam pembahasannya.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ), dalam sejarah perkembangan internet mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikansi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal – bakal sejarah perkembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP / IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Departement of defonce ) membuat sistem jaringankomputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah – daerah vital untuk mengatasi maslaah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi tepusat, yang apabila terjadi perang dunia mudah dihancurkan.
Dalam sejarah perkembagan internet, pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, Universty Of California, Santa Barbara, University Of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPSNET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua unuversitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya dan merupakan awal dari sejarah perkembangan internet.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti, universitas – universitas. Gabungan kedua jaringan dan ini terbentuknya sejarah perkembangan internet dan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET PADA MASA SEKARANG
Dalam sejarah perkembangan internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan sesifikasi tekhnikal ( protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian ). Protokol – protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force ( IETF ), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC ( Request For Comments ). Sejarah perkembangan internet merupakan sebagian dari RFC dijadikan standar internet ( Internet Standard ), oleh badan Arsitektur Internet ( Internet Architecture Board – IAB ). Protokol – protokol internet yang sering digunakan adalah seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email / surat elektronik, usenet, Newsgroup, berbagi berkas ( file sharing ), WWW ( World Wide Web ), Gopher, akses sesi ( Session Access ), WAIS, Finger, IRC, MUD, dan MUSH. Diantara semua ini, email / surat eletronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti Milis ( Mailing List ) dan Weblog. Sejarah perkembangan internet memungkinkan adanya servis terkini ( Real – Time Service ), seperti Web Radio, dan Webcast, yang dapat diakses diseluruh dunia.
Selain itu melalui sejarah perkembangan internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin ( Gaim ), Trilian, Kopete, Yahoo Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter dan lain sebagainya. Beberapa servis internet populer yang berdasarkan sistem tertutup ( Proprietary System ), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Demikianlah sejarah perkembangan internet yang bisa kami berikan kepada anda semua. Semoga dengan adanya informasi diatas, bisa menjadi rujukan ataupun referensi anda serta pengetahuan dan wawasan yang luas kepada anda semua

Sumber referensi;bondengnice.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

http,url,tc ip,domain

 

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Sumber referensi ; 0ch4.wordpress.com

                       

»HTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.

Http

HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server.

Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.

»Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

»DOMAIN menurut Wikipedia Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sederhananya domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain biasanya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .asia, .us dan lain-lain.

Sumber referensi; gobalbabali.wordpress.com

pengantar aplikasi komputer

21 September 2013 09:40:25 Dibaca : 51

sejarah perkembangan komputer Komputer

Generasi Komputer

Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.

a. Komputer Generasi I Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yangf terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.


Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.

Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang besar.

Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.

Komputer Generasi Kedua Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.

Beberapa contoh dari komputer generasi kedua adalah IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90, UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan lain sebagainya.

Sumber referensi;id.wikipedia.org/.../Sejarah_perkembangan_komputer

 

 

 

 

Blogroll

  • Masih Kosong