Tiga Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

04 June 2022 15:17:41 Dibaca : 37 Kategori : Blog

Ketika bapak atau Ibu masih ada di dunia pastinya untuk berbuat baik kepadanya sangatlah mudah. Mulai dari membelikan hadiah, merawatnya ketika sedang sakit. Namun di saat keduanya sudah meninggal sebagai anak harus tetap berbakti kepada orang tua misalnya mendoakannya.

Tiga Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Bukan berarti ketika bapak atau ibu sudah meninggal. Sebagai seorang anak tidak lagi berbakti kepada kedua orang tua itu. Selain mendoakannya sehabis sholat atau beribadah ternyata masih banyak cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

1.     Bersedekah Atas Nama Orang Tua

Bersedekah bisa menjadi salah satu cara untuk berbakti kepada orang tua. Dalam hal ini yang perlu dilakukan yaitu memberikan sejumlah dana maupun harta benda kepada fakir miskin. Di samping itu pahala dari kegiatan ini akan sampai kepada orang yang telah meninggal.

Bukan hanya itu saja rutin melakukan sedekah juga bisa memperlancar rezeki yang anda miliki. Maka dari itu Bagi yang orang tuanya sudah meninggal bisa melakukan cara ini yaitu bersedekah atas namanya. Alangkah baiknya lakukan setiap hari Jumat.

2.     Menjalin Silaturahmi dengan Kerabat Orang Tua

Cara berbakti pada orang tua yang sudah meninggal selanjutnya yaitu menjalin silaturahmi dengan kerabatnya. Hal itu bertujuan agar teman bisa mengingat perbuatan baik yang pernah dilakukannya selama hidupnya. Di samping itu supaya terus mendoakannya.

Tentunya seseorang yang telah tiada akan merasa senang jika melihat keturunannya masih berhubungan baik dengan teman-teman dekatnya. Untuk mengetahui cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal lainnya bisa melihat dalam web resmi dari bettermind.id.

3.     Selalu Rukun dengan Anggota Keluarga

Selalu rukun dengan anggota keluarga juga termasuk salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Dalam hal ini tidak hanya saudara kandung saja melainkan keluarga besar lainnya. Seperti paman, bibi, nenek dan sepupu.

Bukan hanya itu sebagai seorang anak juga harus menjaga nama baiknya. Maka dari hindari perbuatan yang tidak baik yang akan menimbulkan fitnah kepada orang tua. Dalam hal ini usahakan selalu bertindak terpuji dan jagalah perkataan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Tidak lupa juga untuk rajin-rajin berziarah ke kuburnya. Itu dilakukan untuk mengenang semua jasa yang telah diberikannya dan saran-sarannya.