NASKAH SKENARIO PKN KELAS 3 SD
NASKAH SKENARIO PEMBELAJARAN PKN
Judul : Norma Di Masyarakat
Sasaran : Siswa SD Kelas III Semester I
Durasi : 2 Jam Pelajaran ( 2x35 menit)
- Pengantar
Siswa SD kelas III semester I diharapkan sudah memiliki dan menguasai materi tentang pengertian norma dan jenis-jenis norma yang berlaku di masyarakat. Kemampuasn tersebut antara lain proses pengalaman belajar dengan membaca buku mata pelajaran PKn. Dengan adanya pembelajaran tentang Norma Di Masyarakat, diharapkan siswa sudah mampu memahami materi yang disampaikan
- Sinopsis
Penyajian ini diawali dengan memberikan apersepsi berupa pertanyaan tentang aturan yang berlaku di sekolah dan di rumah atau lingkungan tempat tinggal. Sehingga siswa menjadi terpancing untuk mengetahui lebih lanjut tentang Norma. Tanya jawab dan diskusi akan membuat siswa menjadi semakin aktif. Hingga akhirnya setelah pembelajaran ini siswa dapat memahami dan menerapkan norma-norma di masyarakat.
- Setting
Ruang kelas : terdiri dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa, papan tulis.
- Properti
F Media pembelajaran (gambar dan buku PKn)
- Talent
Guru dan siswanya
- Naskah
1. Guru memasuki ruang kelas
2. Guru mengucapkan salam
3. Siswa-siswi berdiri menjawab salam
4. Guru mempersilahkan siswa-siswinya untuk duduk menunjuk seseorang siswa memimpin doa.
5. Siswa-siswi mulai berdoa
6. Setelah selesai berdoa, guru mengabsensi siswa-siswi
7. Guru memulai pembelajaran
Guru : “ Bagaimana kabar kalian hari ini ? ”
Siswa : “ Baik bu guruuuuu!”
Guru : “ Anak-anak, senang sekali ya hari ini kita dapat berjumpa kembali di Mata Pelajaran PKn ini .”
8. Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar penerapan norma di buku.
Guru : “ Anak-anak kalian tahu tidak, apa yang terjadi pada gambar ini ?’’
Siswa : “ Gambar siswa bersekolah,,, gambar anak berangkat ke sekolah,,,,,,, gambar siswa berjalan kaki memasuki sekolah”, jawab siswa-siswi saling bersautan.
Guru : “ Iya,,,sudah-sudah !!! coba salah satu menjawab !”, kata bu guru menghentikan kegaduhan.
Siswa : “ Gambar siswa datang ke sekolah tepat waktu bu !!”, teriak salah satu siswa.
Guru : “ Iya, benar... ini Gambar siswa datang ke sekolah tepat waktu. Lalu siapa yang tahu mengapa anak sekolah harus datang tepat waktu ke sekolah ?”
Siswa : “ Supaya tidak dihukum Ibu guru ya ? ” ( Siswa saling bertanya satu sama lain)
Guru : “ Hmmm,,,kalau begitu, mari kita pelajari aturan yang ada di sekolah.’’
9. Guru menyampaikan materi secara singkat tentang peraturan, pengertian norma, dan norma yang ada di masyarakat.
Bagaimana anak-anak sudah paham ?
10. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25.
11. Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.
Guru : “ Anak-anak, ada yang tau pengertian dari norma-norma yang telah disebutkan tadi dan apa fungsinya?”
Siwa : “ Iya buuuuu.”
12. Guru mendampingi siswa
Guru mengamati proses berlangsungnya diskusi dan mengamati keaktifan siswa.
13. Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dari perwakilan masing-masing kelompok.
Guru : “ Ayo,,salah satu anak dari setiap kelompok maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi kalian ?’’
14. Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
Setiap kelompok telah menyampaikan hasil diskusi kemudian guru memberikan applause dan pujian.
Guru : “ Proookk,prrokkk,,prookkk !!!! Ibu banga dengan kalian, kalian sudah bisa memahami pengertian norma-norma dan fungsinya ? semua hasil diskusinya sudah benar. ”
15. Guru menyimpulkan hasil diskusi.
(Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami)
16. Guru menutup pertemuan hari ini
Guru : “ Anak-anak jangan berhenti untuk belajar dan rajin membaca buku ya, agar kalian lebih bisa menguasai materi yang Ibu sampaikan”.
“ Pembelajaran hari ini cukup sampai di sini ya, untuk menutup kegiatan pembelajaran hari ini, mari kita membaca Hamdallah bersama.”
Guru dan siswa : “ Alhamdulillah ”.
Guru : “ Wassalamualaikum wr. wb
Siswa : “ Waalaikumsalam wr. wb