NASKAH SKENARIO PKN KELAS 3 SD

08 November 2012 22:35:22 Dibaca : 2979

NASKAH SKENARIO PEMBELAJARAN PKN

 

Judul             : Norma Di Masyarakat

Sasaran         : Siswa SD Kelas III Semester I

Durasi                        : 2 Jam Pelajaran ( 2x35 menit)

 

  1. Pengantar

Siswa SD kelas III semester I diharapkan sudah memiliki dan menguasai materi tentang pengertian norma dan jenis-jenis norma yang berlaku di masyarakat. Kemampuasn tersebut antara lain proses pengalaman belajar dengan membaca buku mata pelajaran PKn. Dengan adanya pembelajaran tentang Norma Di Masyarakat, diharapkan siswa sudah mampu memahami materi yang disampaikan

  1. Sinopsis

Penyajian ini diawali dengan memberikan apersepsi berupa pertanyaan tentang aturan yang berlaku di sekolah dan di rumah atau lingkungan tempat tinggal. Sehingga siswa menjadi terpancing untuk mengetahui lebih lanjut tentang Norma. Tanya jawab dan diskusi akan membuat siswa menjadi semakin aktif. Hingga akhirnya setelah pembelajaran ini siswa dapat memahami dan menerapkan norma-norma di masyarakat.

  1. Setting

Ruang kelas : terdiri dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa, papan tulis.

  1. Properti

F    Media pembelajaran (gambar dan buku PKn)

  1. Talent

Guru dan siswanya

  1. Naskah

1.                  Guru memasuki ruang kelas

2.                  Guru mengucapkan salam

3.                  Siswa-siswi berdiri menjawab salam

4.                  Guru mempersilahkan siswa-siswinya untuk duduk menunjuk seseorang siswa memimpin doa.

5.                  Siswa-siswi mulai berdoa

6.                  Setelah selesai berdoa, guru mengabsensi siswa-siswi

7.                  Guru memulai pembelajaran

Guru : “ Bagaimana kabar kalian hari ini ? ”

Siswa : “ Baik bu guruuuuu!”

Guru : “ Anak-anak, senang sekali ya hari ini kita dapat berjumpa kembali di Mata Pelajaran PKn ini .”

8.                  Guru meminta siswa untuk memperhatikan gambar penerapan norma di buku.

Guru       : “ Anak-anak kalian tahu tidak, apa yang terjadi pada gambar ini ?’’

Siswa      : “ Gambar siswa bersekolah,,, gambar anak berangkat ke sekolah,,,,,,, gambar siswa berjalan kaki memasuki sekolah”, jawab siswa-siswi saling bersautan.

Guru       : “ Iya,,,sudah-sudah !!! coba salah satu menjawab !”, kata bu guru menghentikan kegaduhan.

Siswa      : “ Gambar siswa datang ke sekolah tepat waktu bu !!”, teriak salah satu siswa.

Guru       : “ Iya, benar... ini Gambar siswa datang ke sekolah tepat waktu. Lalu siapa yang tahu mengapa anak sekolah harus datang tepat waktu ke sekolah ?”

Siswa      : “ Supaya tidak dihukum Ibu guru ya ? ” ( Siswa saling bertanya satu sama lain)

Guru       : “ Hmmm,,,kalau begitu, mari kita pelajari aturan yang ada di sekolah.’’

9.                  Guru menyampaikan materi secara singkat tentang peraturan, pengertian norma, dan norma yang ada di masyarakat.

Bagaimana anak-anak sudah paham ?

10.              Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25.

11.              Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.

Guru : “ Anak-anak, ada yang tau pengertian dari norma-norma yang telah disebutkan tadi dan apa fungsinya?”

Siwa : “ Iya buuuuu.”

12.             Guru mendampingi siswa

Guru mengamati proses berlangsungnya diskusi dan mengamati keaktifan siswa.

13.             Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dari perwakilan masing-masing kelompok.

Guru : “ Ayo,,salah satu anak dari setiap kelompok maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi kalian ?’’

14.             Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.

Setiap kelompok telah menyampaikan hasil diskusi kemudian guru memberikan applause dan pujian.

Guru : “ Proookk,prrokkk,,prookkk !!!! Ibu banga dengan kalian, kalian sudah bisa memahami pengertian norma-norma dan fungsinya ? semua hasil diskusinya sudah benar. ”

15.             Guru menyimpulkan hasil diskusi.

(Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami)

16.             Guru menutup pertemuan hari ini

Guru : “ Anak-anak jangan berhenti untuk belajar dan rajin membaca buku ya, agar kalian lebih bisa menguasai materi yang Ibu sampaikan”.

“ Pembelajaran hari ini cukup sampai di sini ya, untuk menutup kegiatan pembelajaran hari ini, mari kita membaca Hamdallah bersama.”

Guru dan siswa : “ Alhamdulillah ”.

Guru : “ Wassalamualaikum wr. wb

Siswa : “ Waalaikumsalam wr. wb

RPP PKN KELAS 3 SD

08 November 2012 22:31:26 Dibaca : 10887

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

                 

Nama Sekolah           : SDN NO.83 KOTA TENGAH

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan                             

Kelas                           : III (Tiga)

Semester                     : I (Satu)

Alokasi Waktu           :2 x 35 menit (1 pertemuan)

 

 

 

  1. Standar Kompetensi                    

            Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.

 

  1. Kompetensi Dasar

Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

 

  1. Indikator      

1.         Menjelaskan pengertian norma.

2.         Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.

3.         Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian norma.

2.        Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.

3.        Siswa dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

 

  1. Materi Ajar

Norma yang berlaku di masyarakat.

 

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.         Pendekatan Kontekstual.

2.         Pendekatan Cooperatif Learning.

3.         Tanya jawab.

4.         Ceramah.

5.         Diskusi.

 

 

 

 

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan

 

1.     Kegiatan Awal

a)Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing, untuk mengawali pelajaran.

b)Mengajak siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di sekolah.

c)  Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT, RW, dst).

 

2.     Kegiatan Inti

a)Siswa diajak untuk mengamati gambar pada hal. 24-25 tentang contoh penerapan norma di masyarakat.

b)Guru menjelaskan pengertian norma, yaitu aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

c)  Guru menjelaskan beberapa norma yang berlaku di masyarakat, yaitu:

·           Norma agama

·           Norma kesusilaan

·           Norma kesopanan

·           Norma kebiasaan

·           Norma hukum

d)Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25.

e)  Guru membagi kelompok siswa untuk mendiskusikan mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.

f)    Guru menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 26 mengenai fungsi norma dalam masyarakat.

g)Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dari perwakilan masing-masing kelompok.

h)  Guru menyimpulkan hasil diskusi.

 

3.     Kegiatan Penutup

a)Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.

b)Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.

c)  Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

 

  1. Sumber/Bahan Belajar

1.        Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 24-26.

2.        Orang tua.

3.        Teman.

4.        Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

 

  1. Penilaian     

              

@  Teknik                              :           tugas individu.

@  Bentuk Instrumen        :           penilaian lisan

@  Contoh Instrumen      :          

@  Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat?

 

 

 

                                                                                                                             

           

           

              Mengetahui,                                             Gorontalo , ....................

            Kepala Sekolah                                          Guru Mata Pelajaran PKn

 

 

 

  _______________________                       _______________________

  NIP.                                                               NIP.

 

SLIDE SHOW KAPITA SELEKTA

08 November 2012 21:55:12 Dibaca : 195

 

1.       Buat rancangan pembelajaran Matematika melalui permainan Edukatif !

Jawab :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                                          :    SDN N0. 83 Kota Tengah

Mata Pelajaran                            :    Matematika Kelas

Semester                                       :    VI/1

Pertemuan Ke-                            :    1-3

Alokasi Waktu                             :    6 x 35 menit

 

A.    Standar Kompetensi       :          

1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

 

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

 

C.    Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

§  Melakukan pekerjaan hitung campuran

§  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

 

v  Karakter siswa yang diharapkan :  

     Disiplin ( Discipline ),

     Rasa hormat dan perhatian ( respect )

      Tekun ( diligence )

     Tanggung jawab ( responsibility )

 

D.    Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan  Bulat

§  Sifat-Sifat Operasi Hitung

§  Pengerjaan Hitung Campuran

§  Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

 

E.     Metode Pembelajaran

games, diskusi

 

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

 

§  Kegiatan Awal

-      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.

§  Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.

&   Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup

        Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

 

Pertemuan ke 2

§  Kegiatan Awal

-      Motivasi dan apersepsi

§  Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.

&   Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup

        Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

 

Pertemuan ke 3

§  Kegiatan Awal

-      Memberikan motivasi.

-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

§  Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&   Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan pengu

Pelatihan Internet Residensial 2012

29 October 2012 17:07:45 Dibaca : 86

Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Proses belajar adalah proses yang kompleks, tergantung pada teori belajar yang dianutnya.
1. Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian belajar, diantaranya :
Howard L. Kingsley dalam Dantes (1997) mengemukakan bahwa 'belajar adalah suatu proses bukan produk. Proses dimana sifat dan tingkah laku ditimbulkan dan diubah melalui praktek dan latihan‟.
a. Hilgard dalam Nasution (1997:35) mengatakan bahwa belajar adalah „proses melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan yang dibedakan dari perubahan-perubahan oleh factor-faktor yang tidak termasuk latihan‟.
b. Jauhari (2000:75) mengatakan bahwa belajar adalah „proses untuk memperoleh perubahan yang dilakukan secara sadar, aktif, dinamis, sistematis, berkesinambungan, integrativ dan tujuan yang jelas‟.
c. Fontana dalam Khoir (1991) memusatkan belajar dalam tiga hal, yaitu belajar adalah mengubah tingkah laku, perubahan adalah hasil dari pengalaman, dan perubahan terjadi dalam perilaku individu.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong