SLIDE SHOW KAPITA SELEKTA
1. Buat rancangan pembelajaran Matematika melalui permainan Edukatif !
Jawab :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN N0. 83 Kota Tengah
Mata Pelajaran : Matematika Kelas
Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Melakukan pekerjaan hitung campuran
§ Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan :
– Disiplin ( Discipline ),
– Rasa hormat dan perhatian ( respect )
– Tekun ( diligence )
– Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Sifat-Sifat Operasi Hitung
§ Pengerjaan Hitung Campuran
§ Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK
E. Metode Pembelajaran
games, diskusi
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
- Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
§ Kegiatan Awal
- Motivasi dan apersepsi
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 3
§ Kegiatan Awal
- Memberikan motivasi.
- Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan pengu