ARSIP BULANAN : October 2020

PROPOSAL BUDIDAYA IKAN NILA

22 October 2020 11:33:08 Dibaca : 1571

PROPOSAL BUDIDAYA IKAN NILA

Disusun Oleh :

PEBRIANTI NGABITO

KELAS 1/A BUDIDAYA PERAIRAN

NIM 1111420001

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, dengan rahmat, karunia serta taufik hidayah-nya lah penulis dapat menyelesaikan tugas proposal ini sebatas pengetahuannya dan kemampuan yang dimiliki.Penulis sangat berharap tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan mengenai berwirausaha dan berbisnis.Penulis juga menyadari sepenuhnya di dalam tugas ini terdapat kekurangan dan jquh dari harapan untuk itu penulis berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan dimasa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.Semoga proposal sederhana ini dapat di pahami bagi siapapun pembacanya. Sekiranya laporan yang telah penulis susun ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun pembacanya.Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dan penulis mohon kritik dan saran yang membangun, demi perbaikan dimasa depan.

 PENDAHULUAN

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh memanjang dan pipih kesamping dan warna putih kehitaman. Ikan nila berasal dari Sungai Nil dan danau-danau sekitarnya. Sekarang ikan ini telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis. Sedangkan di wilayah yang beriklim dingin, ikan nila tidak dapat hidup dengan baik. Bibit ikan didatangkan ke Indonesia secara resmi oleh Balai Penelitian Perikanan Air Tawar pada tahun 1969. Setelah melalui masa penelitian dan adaptasi, barulah ikan ini disebarluaskan kepada petani di seluruh Indonesia. Nila adalah nama khas Indonesia yang diberikan oleh Pemerintah melalui Direktur Jenderal Perikanan. Peluang usaha Budi Daya Ikan Nila masih terbuka lebar. Saat ini kecenderungan masyarakat dunia mulai mengurangi konsumsi daging hewan seperti sapi karena beberapa alasan seperti mahalnya harga yang di tawarkan dan mulai beralih mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein. Salah satu sumber protein asal hewan air yang paling diminati pasar dunia adalah ikan nila. Negara yang menjadi pemasok nila terbesar dunia adalah Cina, Indonesia, Thailand, Taiwan, dan Filipina. Meski demikian pasokan Ikan Nila dari negara-negara tersebut masih belum mencukupi. Sehingga Peluang Usaha Budi Daya Ikan Nila untuk mencukupi pasar tersebut masih terbuka luas.Minat pasar untuk ikan nila masih sangat lebar, mulai dari nila yang ukuran bibit sampai ikan nila yang di kategorikan sebagai ikan konsumsi semua pasar tersebut masih mungkin dimasuki. Karena termasuk ikan konsumsi, ikan nila memiliki harga yang cukup terjangkau pasar. Ikan Nila dapat dipasarkan melalui pasar dalam negeri dan pasar luar negeri.

PROFIL LENGKAP USAHA

Usaha pembenihan dan pendederan ikan di Kabupaten Gorontalo telah berkembang sejak lama dan dilakukan oleh masyarakat setempat sehingga umumnya sudah menguasai keterampilan dan pengetahuan budidayanya. Alasan lain yang membuat masyarakat setempat memelihara ikan nila adalah karena mudah dipelihara dan dipasarkan, harga cukup tinggi, serta penggunaan lahan untuk budidaya ikan menghasilkan nilai ekonomi yang lebih tinggi terutama bila dibandingkan dengan menanam padi. Dari segi kondisi lingkungan, berkembangnya usaha budidaya ikan nila ini juga didukung oleh tersedianya kuantitas dan kualitas air yang mencukupi dan pemenuhan aspek-aspek teknis yang sesuai untuk pengembangan usaha pembenihan dan pendederan ikan nila.

 

LOKASI BADAN USAHA

Lokasi usaha bertempat di BPBI AIR TAWAR PILOHAYANGA, Desa sukadamai, Kecamatan Telaga,Kabupaten Gorontalo Kode pos 96181

 

PRODUK YANG DI JUAL

Produk yang saya buat adalah ikan nila yang siap di pasarkan, ke berbagai kolam pemancingan, rumah makan, pedagang ikan dan lain-lain. Karena, pada saat ini produk ikan nila banyak di nikmati oleh kalangan masyarakat, tetapi pemasokkan kurang.

 

TARGET PASAR YANG DI TUJU

Karena usaha saya bergerak dalam bidang ikan yang siap dipasarkan , maka target pasar usaha saya adalah para ibu-ibu rumah tangga, para pemilik rumah makan, café, restoran , para pedagang ikan dan lain-lain.

Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:Dekat dengan target market.Target utama pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga dengan mudah kita mempromosikan produk yang kita miliki.Mudah di aksesTempat yang mudah di akses oleh masyarakat akan membuka usaha kita lebih maju. Sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi toko distro kita.Dari mulut ke mulutPromosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha yang kita buat. Dan apabila usaha sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain agar membeli produk di tempat yang sudah di ketahuinya .Melalui internet Internet adalah salah satu tempat kita untuk memasaran produk kita. Sehingga para pelanggan bisa melihat produk baru yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website yang kita punya, atau pun situs jejaring sosial.

 

PENUTUPA. KesimpulanDengan melihat peluang dan aspek pasar yag begitu menggiurkan maka saya ingin membuat usaha tentang pembudidayaan ikan nila. Ikan Nila ini paling mudah untuk di budidayakan serta bisa hidup di segala cuaca dan lingkungan lahan gambut dan payau, pemberian pakanpun tidak mengeluarkan modal banyak ,dan harga jualnya pun rumayan menggiyurkan, ikan Nila ini memang lebih cepat panennya , inilah peluang usaha investasi yang nyata dan telah terbukti hasilnya. Sistem pemasaranya juga sangat mudah.B. PenutupDemikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal usaha ini berguna bagi para pembaca. Semua data yang saya dan anda butuhkan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha budidaya ikan nila telah tercantum di dalam proposal yang say buata ini. Semoga apa yang telah saya tulis dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.Dengan harapan dapat melaksanakan semua rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong