PROPOSAL USAHA BUDIDAYA IKAN KOI

23 October 2020 11:13:24 Dibaca : 12126

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

   Di Indonesia ikan koi ini di jadikan bisnis dan ada juga di pelihara sebagai hiasan oleh masyarakat sekitar. Ikan koi ini memiliki eksotis yang kini semakin banyak penggemarnya. Selain pesona warna dan bentuk tubuhnya indah, keistimewaan lain dari ikan koi adalah keelokan yang di pertontonkan takkala menyembul dan melompat ke atas air.

  Di sisi lain ikan koi sudah menjadi prestise. Salah satu ajang untuk mendongkrak prestise koi adalah lewat kontes. Ikan koi juga mendapat gelar juara terangkat pamornya sehingga harganya bias melambung tinggi. Bahkan biasanya pemilik tidak rela melepaskan koi kesayangannya meskipun di tawar dengan harga yang cukup mahal. Ikan koi juga memiliki warna tubuh yang cemerlang dan pola warna tubuh yang unik. Keindahannya merupakan perpaduan antara keelokan warna dan bentuk tubuh yang indah. Oleh karena itu, kami mendorong untuk mengembangkan bisnis ikan koi di berbagai daerah.

1.2 Visi dan Misi

        Visi :

  1. Menjadi pengusaha sukses dan mandiri serta mengembangkan bisnis ikan koi.

         Misi :

  1. Memberikan masyarakat kemudahan dalam mendapatkan ikan koi sebagai komoditas yang utama di seluruh Indonesia.
  2. Menjadikan ikan koi sebagai komoditas yang utama di seluruh Indonesia

1.3 Tujuan

  1. Mencari keuntungan/laba
  2. Memberi peluang kerja

BAB 11

ASPEK PRODUKSI

1.1 Lokasi Usaha

   Dalam melakukan usaha budidaya ikan koi maka kita harus mencari tempat yang biasa ada banyak orang. Karena pada umumnya sebagian konsumennya akan merasa nyaman jika tempat penjualan produk yang ingin di belinya tidak jauh dari tempat mereka.

1.2 Faktor peralatan dan bahan

   Untuk memelihara budidaya ikan koi di mana Anda berada maka untuk pengadaan alat dan bahan cukup mudah di dapat seperti :

  1. Pembuatan kolam yakni semen, pasir dan kerikil
  2. Pengadaan air dan sirkulasi udara (oksigen) yakni pompa air, pipa PVC dan sambungan pipa
  3. Penyaring yakni busa penyaring dan penyaring lain
  4. Pencahayaan yakni lampu

1.3 Pakan ikan koi

Untuk memelihara budidaya ikan koi kita harus membutuhkan pakan agar ikan tersebut berkembang biak dengan baik dan masa pertumbuhannya cepat pula. Ada beberapa jenis pakan ikan koi yakni :

  • Ganggang hijau
  • Kerapas kepiting dan udang
  • Semangka
  • Cacing sutera
  • Gandum dan kedelai
  • Zooplankton berupa dapnia
  • Kuning telur
  • Lumut
  • Bawang putih
  • Pelet dan sebagainya

  Bila anda merasa bahwa jumlah ikan koi anda cukup banyak di dalam kolam maka tambahkan ekstra aerator (pompa udara) tujuannya untuk menambah pasokan oksigen yang larut dalam air kolam. Sebaliknya pemberian pakan ikan koi biasanya 2 kali atau 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang, dan sore hari. Jika kita ingin memberikan pakan terhadap ikan koi maka jumlah pakan yang akan di berikan harus sesuai jumlah pakan yang akan di berikan karena sangat penting sebab bila telalu sedikit akan mengakibatkan pertumbuhan ikan lebih lambat dan akan terjadi persaingan pakan yang mengakibatkan variasi ukuran ikan begitu juga sebaliknya jika pakan ikan tersebut terlalu banyak akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan tidak efisien.

1.4  Penetapan harga

   Harga yang bisa saya jangkau yaitu tergantung pada perkembangan usaha tersebut. Jika Usaha ikan koi sudah tersebar di mana-mana maka harga yang saya tawarkan agak murah dari harga perusahaan. Jika harga budidaya ikan nila di perusahaan harga perekor di jual dengan harga 50.000-70.000, maka saya akan menjual 40.000- 50.000 perekor. Harga ikan tersebut di tambahkan lagi jika sudah lebih kembang lagi.

BAB 111

ANALISIS ASPEK MANAJEMEN

  Dengan membutuhkan tenaga kerja kita tidak hanya membutuhkan keterampilan yang tinggi dan khusus, tetapi juga ketelitian dan kedisiplinan, serta kejujuran. Dalam hal ini, manajemen telah membuat suatu pembagian tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan bisnis ini, yakni :

  1. Pengelola harian tujuannya untuk bertanggung jawab dalam kegiatan pemeliharaan dan perawatan ikan koi. Tugas pengelola harian yaitu memberikan pelayan pada konsumen, memberi makan dan merawat ikan tersebut.
  2. Keuangan tujuannya untuk bertanggung jawab atas keuangan pada perusahaan, mulai dari cash flow sampai laporan keuangan yaitu laporan laba/rugi dan neraca.
  3. Marketing tujuannya untuk bagian penting dengan majunya suatu perusahaan. Bagian ini berkaitan dengan konsumen di mana tugasnya mempromosikan produk ikan koi sehingga bisa di kenal oleh banyak orang.

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

    Dengan melihat peluang dan aspek pasar pasar yang begitu menggiurkan maka saya ingin membuat usaha tentang pembudidaya ikan koi karena ikan tersebut memiliki warna kulit yang indah sehingga banyak orang suka memeliharanya. Biasanya ikan koi ini lebih cepat pertumbuhannya jika pemberian pakannya tidak terputus atau pemberian pakannya tepat waktu.

B. Penutup 

   Semoga proposal yang saya buat ini bisa berguna bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha ikan koi nanti dan semoga bisa menginspirasi banyak orang. Dengan harapan saya bila ada kekurangan atau belum tepat dan kurang jelas mohon maaf atas kesalahan-kesalahannya. Semua kekurangan dan kelebihannya datangnya dari Allah SWT. Sekian dan terima kasih.

 

                  

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong