Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo
HIGHLIGHT SEJARAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Sebelum menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan telah mengalami beberapa sejarah perkembangan, yaitu:
- Status Jurusan Ilmu pendidikan, Yunior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (Unsulutteng) Manado di Gorontalo berdasarkan surat keputusan Pejabat Rektor Unsulutteng Nomor 1313/II/E/63 tanggal 22 Juni 1963
- Status Jurusan Ilmu Pendidikan, Cabang FKIP Unsulutteng di Gorontalo berdasarkan surat Keputusan Menteri PTIP nomor 67 Tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963
- Status Jurusan, FKIP Yogyakarta cabang Manado di Gorontalo tahun 1964-1965
- Status Fakultas Muda IKIP Manado cabang Gorontalo berdasarkan surat keputusan Menteri PTIP nomor 114 tahun 1965 tanggal 18 Juni 1965.
- Status Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo berdasarkan Keppres Nomor 70 tahun 1982 tanggal 7 September 1982.
- Status Jurusan Ilmu Pendidikan STKIP Gorontalo berdasarkan Kepres RI Nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993
- Fakultas Ilmu Pendidikan setelah adanya perubahan status STKIP Negeri Gorontalo menjadi IKIP Negeri Gorontalo berdasarkan Keppres RI Nomor 19 tahun 2001
- Perubahan status IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Presiden RINomor 54 tahun 2004. tanggal 23 Juni 2004 semakin memperkokoh keberadaan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Sampai dengan saat ini Fakultas Ilmu Pendidikan mengelola lima jurusan dalam bidang kependidikan yaitu:
1. Bimbingan dan Konseling (BK)2. Pendidikan Luar Sekolah (PLS)3. Manajemen Pendidikan (MP)4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)5. Pendidikan Guru PAUD
Cara Tepat untuk Menjadi Mahasiswa Produktif!
Merencanakan Waktu Pengerjaan Tugas
Sebaiknya sebelum kamu mengerjakan tugas, kamu harus merencanakan waktu pengerjaan. Sebagai mahasiswa produktif, kamu dapat memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar kamu tidak menjadi mahasiswa deadliner. Jika kamu mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, akan ada saja permasalahan yang mucul. Seperti, gagal meng-upload tugas, printer bermasalah, dan lainnya. Merencanakan waktu peengerjaan tugas bertujuan agar kamu dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya, juga agar dapat mengerjakan tugas berikutnya.
Abaikan Gangguan dalam Pengerjaan Tugas
Biasanya mahasiswa sangat mudah sekali terganggu fokusnya saat mengerjakan tugas, dan hal ini harus bisa kamu abaikan agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.
Gangguan yang biasa di alami mahasiswa antara lain:
Notifikasi gadget pada media sosial, games, dan lainnyaTeman yang malas, seperti teman yang mengajak kita agar bermain dan melupakan tugasSebagai mahasiswa produktif, sebaiknya hal tersebut harus bisa kamu abaikan terlebih dahulu dalam pengerjaan tugas, agar tugas yang telah diberikan tidak terbengkalai begitu saja.
Mengatur Waktu Belajar
Sebagai mahasiswa produktif, kamu harus pandai dalam mengatur waktu belajar dengan mengisi waktu jeda kelas dengan baik. Terkadang akan banyak sekali jeda waktu yang diberikan, sebaiknya kamu bisa mengisi jeda waktu tersebut dengan hal yang bermanfaat. Seperti bertukar pikiran dengan teman tentang materi yang dipelajari di kelas, atau kamu dapat berkunjung ke perpustakaan bersama teman kamu, agar kamu juga dapat beristirahat sejenak.
Mengatur Waktu Istirahat
Kebiasaan dari kebanyakan mahasiswa adalah waktu tidur yang terlalu malam. Waktu istirahat yang baik sekurang-kurangnya 7 jam semalam. Namun, kebiasaan mahasiswa apabila tidak ada kelas di pagi hari justru digunakan untuk istirahat hingga siang. Sebaiknya kebiasaan dalam bangun pagi harus tetap terjaga, karena dengan bangun pagi, kamu memiliki waktu yang cukup untuk mandi, sarapan dan bersiap-siap berangkat ke kampus. Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan kosentrasi dalam belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa.
KULIAH DARING, MANFAAT DAN PERSIAAPAN YANG DILAKUKAN KAMPUS
Kuliah daring (bahasa Inggris: Online lecture) adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan oleh pihak akademi/universitas.
Perkuliahan daring dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi; akademi dan atau universitas yang telah memenuhi standar kelayakan penyelenggaraan sistem perkuliahan daring yang diperuntukkan bagi segenap pembelajar yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik untuk tujuan keilmuan maupun praktisi. Pada awalnya, kuliah daring merupakan solusi kuliah untuk karyawan yang ingin memiliki kesempatan untuk kuliah sambil bekerja. Seiring dengan tuntutan gaya hidup dan fleksibilitas, sistem perkuliahan daring menjadi salah satu solusi alternatif dalam pemerataan pendidikan bagi pembelajar khususnya karyawan untuk mendalami ilmu dan pengetahuan.
Perkuliahan daring tentunya harus memiliki standarisasi yang ditetapkan oleh penyelenggara pendidikan dengan pengawan lembaga pemerintah.
Ada pun Manfaarnya Sbb:
Kuliah daring atau kuliah terbuka, baik di universitas terbuka maupun di perguruan tinggi yang menyelenggarakan sistem kuliah ini memberikan solusi alternatif bagi setiap karyawan/pegawai yang ingin kuliah sambil bekerja. Dengan kuliah daring, mahasiswa dapat menyesuaikan jadwal sendiri atau berdasarkan kebijakan pihak kampus. Intinya, sistem kuliah daring lebih fleksibel - tidak terikat waktu dan tempat - selain itu, sumber materi tidak hanya didapatkan melalui materi kuliah yang telah ditetapkan sebagai sumber wajib perkuliahan. Akan tetapi, bisa juga diperoleh secara daring dengan melakukan proses menjelajah internet, penyaringan dan pengembangan wawasan mahasiswa.
persiapan sistem Pembelajaran Daring
1. Sarana Prasarana
2. SDM yang mumpuni
3. Akreditasi