tugas PPD/ Kelas IB Jurusan manajemen pendidikan , SUSANTI LABADJO
Materi Masa dewasa
1. Sebut dan jelaskan 3 fase masa dewasa !
Jawab :
1) Masa dewasa dini (20-40 tahun)
Dewasa Awal merupakan masa dewasa atau satu tahap yang dianggap kritikal selepas alam remaja karena pada masa ini manusia berada pada tahap awal pembentukan karir dan keluarga.
Dan juga merupakan masa peralihan dari ketergantungan ke masa mandiri baik dari segi ekonomi, kebebasan menentukan diri sendiri dan pandangan tentang masa depan.
2) Masa dewasa madya (40-65 tahun)
Masa dewasa madya ini dimana menurunnya perubahan-perubahan fisik yang jelas nampak pada setiap individu.
3) Masa dewasa akhir (65 tahun keatas)
Masa dewasa akhir ini dimana kemampuan fisik dan bahkan psikologis cepat menurun.
2. Sebutkan ciri khas pada setiap fase masa dewasa !
Jawab :
1) Masa dewasa dini, Ciri khas dewasa dini yaitu :
• Usia reproduktif : siap menjadi orang tua dan mengasuh anak
• Usia pemantapan kedudukan dalam pola hidup. Misal : dalam dunia kerja,
perkawinan dan memainkan peran sebagai orang tua.
2) Masa dewasa madya, Ciri khasnya yaitu :
• Masa yang ditakuti : adanya perubahan yg menuju kemunduran.
• Masa penyesuaian terhadap berbagai kondisi tubuh yg berubah.
3) Masa dewasa akhir, Ciri khasnya yaitu :
• Terjadinya periode kemunduran baik fisik maupun mental.
• Penurunan terhadap kondisi tubuh.
3. Sebutkan 3 beberapa aspek perkembangan yang terjadi selama masa dewasa, dan uraikan salah satunya !
Jawab :
1. Perkembangan Fisik
2. Perkembangan Kognitif
3. Perkembangan psikososial
1) Perkembangan fisik
Dilihat dari aspek perkembangan fisik, pada awal masa dewasa kemampuan fisik mencapai puncaknya, dan ada juga yang mengalami masa penurunan. Adapun beberapa gejala penting dari perkembangan fisik yang terjadi selama masa dewasa, antara lain kesehatan badan, perkembangan sensori, serta perkembangan otak.
4. Jelaskan perkembangan psikososial menurut menurut E. H. ERIKSON
Jawab :
Menurut E. H. Erikson, penulis buku "Identity: Youth and Crisis", perkembangan psikososial selama masa dewasa ditandai dengan tiga gejala penting, yaitu keintiman, generatif, dan integritas.
5. Uraikan sedikit tentang : 1. Perkembangan keintiman
2. Perkembangan generative
3. Perkembangan integritas
Jawab :
a. Perkembangan keintiman
Keintiman dapat diartikan sebagai suatu kemampuan memerhatikan orang lain dan membagi pengalaman dengan mereka. Pada masa dewasa awal, orang-orang sudah siap dan ingin menyatukan identitasnya dengan orang lain. Mereka mendambakan hubungan yang intim/akrab, dilandasi rasa persaudaraan, serta siap mengembangkan daya-daya yang dibutuhkan untuk memenuhi komitmen-komitmen ini.
b. Perkembangan generatif
Generatif adalah tahap perkembangan psikososial yang dialami individu selama pertengahan masa dewasa. Ciri utama tahap generatif adalah perhatian terhadap apa yang dihasilkan, serta penetapan garis-garis pedoman untuk generasi mendatang. Transmisi nilai-nilai sosial ini diperlukan untuk memperkaya aspek psikoseksual dan aspek psikososial kepribadian. Apabila generatif lemah atau tidak diungkapkan, maka kepribadian akan mundur, mengalami pemiskinan, dan stagnasi.
c. Perkembangan integritas
Integritas paling tepat dilukiskan sebagai suatu keadaan yang dicapai seseorang setelah memelihara benda-benda, orang-orang, produk-produk, dan ide-ide, kemudian menyesuaikan diri dengan berbagai keberhasilan dan kegagalan dalam kehidupannya. Tahap ini dimulai kira-kira pada usia 65 tahun.
Materi Masa Lanjut usia
1. sebut dan Jelaskan Ciri-ciri Lansia menurut Menurut Hurlock !
Jawab :
a. Usia lanjut merupakan periode kemunduran
Kemunduran pada lansia sebagian datang dari faktor fisik dan faktor psikologis. Kemunduran dapat berdampak pada psikologis lansia. Motivasi memiliki peran yang penting dalam kemunduran pada lansia. Kemunduran pada lansia semakin cepat apabila memiliki motivasi yang rendah, sebaliknya jika memiliki motivasi yang kuat maka kemunduran itu akan lama terjadi.
b. Orang lanjut usia memiliki status kelompok minoritas
Lansia memiliki status kelompok minoritas karena sebagai akibat dari sikap sosial yang tidak menyenangkan terhadap orang lanjut usia dan diperkuat oleh pendapat-pendapat klise yang jelek terhadap lansia. Pendapat-pendapat klise itu seperti : lansia lebih senang mempertahankan pendapatnya daripada mendengarkan pendapat orang lain.
c. Menua membutuhkan perubahan peran
Perubahan peran tersebut dilakukan karena lansia mulai mengalami kemunduran dalam segala hal. Perubahan peran pada lansia sebaiknya dilakukan atas dasar keinginan sendiri bukan atas dasar tekanan dari lingkungan.
d. Penyesuaian yang buruk pada lansia
Perlakuan yang buruk terhadap orang lanjut usia membuat lansia cenderung mengembangkan konsep diri yang buruk. Lansia lebih memperlihatkan bentuk perilaku yang buruk. Karena perlakuan yang buruk itu membuat penyesuaian diri lansia menjadi buruk.
2. Sebutkan pertumbuhan yang terjadi pada lansia !
Jawab :
a. Perkembangan jasmani
b. Perkembangan Intelektual
c. Perkembangan Emosional
d. Perkembangan Spiritual
3. Uraikan sedikit tentang perkembangan lansia (lanjut usia) !
Jawab :
Tahap usia lanjut adalah tahap di mana terjadi penuaan dan penurunan, yang penururnanya lebih jelas dan lebih dapat diperhatikan dari pada tahap usia baya. Penuaan merupakan perubahan kumulatif pada makhluk hidup, termasuk tubuh, jaringan dan sel, yang mengalami penurunan kapasitas fungsional. Pada manusia , penuaan dihubungkan dengan perubahan degenerative pada kulit, tulang jantung, pembuluh darah, paru-paru, saraf dan jaringan tubuh lainya. Dengan kemampuan regeneratife yang terbatas, mereka lebih rentan terhadap berbagai penyakit, sindroma dan kesakitan dibandingkan dengan orang dewasa lain. Penurunan ini terutama penurunan yang terjadi pada kemampuan otak.
4. Uraikan perkembangan spiritual yang terjadi pada pertumbuhan usial lanjut usia !
Jawab :
Sebuah penelitian menyatakan bahwa lansia yang lebih dekat dengan agama menunjukkan tingkatan yang tinggi dalam hal kepuasan hidup, harga diri dan optimisme. Kebutuhan spiritual (keagamaan) sangat berperan memberikan ketenangan batiniah, khususnya bagi para Lansia. Rasulullah bersabda “semua penyakit ada obatnya kecuali penyakit tua”. Sehingga religiusitas atau penghayatan keagamaan besar pengaruhnya terhadap taraf kesehatan fisik maupun kesehatan mental
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan masa usia lanjut !
Jawab :
Usia lanjut merupakan usia yang mendekati akhir siklus kehidupan manusia di duia. Usia tahap ini dimulai dari 60 tahunan sampai akhir kehidupan. Usia lanjut merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan. Semua orang akan mengalami proses menjadi tua, dan masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir, dimana pada masa ini seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial sedikit demi sedikit sehingga tidak dapat melakukan tugasnya sehari-hari lagi.
Materi Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Hukum Pertumbuhan dan Perkembangan !
Jawab :
Hukum pertumbuhan dan perkembangan menerangkan bagaimana sebuah perubahan secara fisik dan mental berlangsung secara terus menerus dialami dari masa-masa. Hukum perkembangan merupakan sebuah kaidah fundamental tentang realitas kehidupan anak-anak (manusia), yang telah disepakati kebenarannya berdasarkan hasil pemikiran dan penelitian yang seksama.
2. Sebut dan jelaskan hukumpertumbuhan Menurut Satoto,1993. !
Jawab :
Menurut Satoto,1993. Terdapat dua hukum pertumbuhan fisik yang berlaku umum dan menyeluruh yaitu:
1) Hukum Chepa Lacaudal
2) Hukum Proximodistal.
1. Hukum Chepa Lacaudal, pertumbuhan dimulai dari arah kepala menuju ke kaki. Dalam hukum ini bagian kepala tumbuh lebih dahulu daripada daerah-daerah lain. Kematangan pertumbuhan juga berlangsung lebih dahulu di bagian kepala, kemudian berlanjut ke bagian-bagian lain dari tubuh.
2. Hukum proximodistal, pertumbuhan berpusat dari daerah sumbu (proximo) ke arah tepi (distal).
Menurut hokum proximodistal pertumbuhan dimulai dari sumbu yang terdiri dari jantung,alat pernapasan dan alat pencernaan yang akan tumbuh terlebih dahulu dan lebih pesat apabila dibandingkan dengan didaerah tepi, miosalnya anggota tubuh lain (anggota gerak badan).
3. Sebutkan macam-macam hukum pertumbuhan !
Jawab :
Hukum perkembangan terdiri dari:
1. Hukum Tempo Perkembangan.
2. Hukum Irama Perkembangan.
3. Hukum Rekapitulasi.
4. Hukum Masa Peka.
5. Hukum Truzalter( Masa Menentang).
6. Hukum Masa Eksploratif.
7. Hukum Pertahanan Diri.
4. Uraikan Hukum Masa Peka menurut M. Montessori !
Jawab :
Menurut M. Montessori “Dalam perkembangan anak terdapat suatu saat yang sangat tepat bagi suatu fungsi untuk dapat berkembangan dengan baik sekali atau sangat sensitive dan sangat dengan mudah untuk merespon stimulus yang dating kepada dirinya.
5. Uraikan apa yang dimaksud dengan Hukum Tempo Perkembangan !
Jawab :
Istilah tempo berarti waktu atau masa. Hokum tempo perkembangan bermakna berlangsungnya perkembangan individu yang satu tidak sama cepat atau lambatnya dengan individu yang lain.