TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, Ibu Warni Sumar / kelas 1.B jurusan manajemen pendidikan , APRIYANTI LAWANI
TANYA JAWAB PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
"MASA DEWASA"
1. sebutkan dan jelaskan 3 faktor penyebab terjadinya kemunduran kemampuan belajar dewasa
jawab :
- Ketiadaan kapasitas dasar ; Orang dewasa tidak akan memiliki kemampuan belajar bila pada usia mudanya juga tidak memiliki kemampuan belajar yang memadai.
- Terlampau lamanya tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang bersifat intelektual.
- Faktor budaya ; Faktor yang dimaksud terutama dengan cara-cara seseorang memberikan sambutan, seperti kebiasaan, cita-cita, sikap, dan prasangka-prasangka yang telah mengakar, sehingga setiap usaha untuk mempelajari cara sambutan yang baru akan mendapat tantangan yang kuat
2. jelaskan beberapa aspek perkembangan yang terjadi selama masa dewasa, yang meliputi perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial
jawab :
1. Perkembangan fisik
Dilihat dari aspek perkembangan fisik, pada awal masa dewasa kemampuan fisik mencapai puncaknya, dan ada juga yang mengalami masa penurunan. Adapun beberapa gejala penting dari perkembangan fisik yang terjadi selama masa dewasa, antara lain kesehatan badan, perkembangan sensori, serta perkembangan otak.
2. Perkembangan kognitif
a. Perkembangan memori
Salah satu karakteristik yang paling sering dihubungkan dengan orang dewasa dan usia tua adalah penurunan dalam daya ingat. Namun, sejumlah bukti menunjukkan bahwa perubahan memori bukanlah sesuatu yang pasti terjadi sebagai bagian dari proses penuaan, melainkan lebih merupakan stereotip budaya.
b. Perkembangan intelegensi
Witherington dalam bukunya, "Educational Psychology", menyebutkan 3 faktor penyebab terjadinya kemunduran kemampuan belajar dewasa, yaitu :
v Ketiadaan kapasitas dasar ; Orang dewasa tidak akan memiliki kemampuan belajar bila pada usia mudanya juga tidak memiliki kemampuan belajar yang memadai.
v Terlampau lamanya tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang bersifat intelektual.
v Faktor budaya ; Faktor yang dimaksud terutama dengan cara-cara seseorang memberikan sambutan, seperti kebiasaan, cita-cita, sikap, dan prasangka-prasangka yang telah mengakar, sehingga setiap usaha untuk mempelajari cara sambutan yang baru akan mendapat tantangan yang kuat.
3. Perkembangan psikososial
Pada masa dewasa, individu memasuki peran kehidupan yang lebih luas. Pola dan tingkah laku sosial orang dewasa berbeda dalam beberapa hal dari orang yang lebih muda. Perbedaan-perbedaan tersebut tidak disebabkan oleh peristiwa-peristiwa kehidupan yang dihubungkan dengan keluarga dan pekerjaan. Selama periode ini, orang melibatkan diri secara khusus dalam karier, pernikahan, dan hidup berkeluarga. Menurut E. H. Erikson, penulis buku "Identity: Youth and Crisis", perkembangan psikososial selama masa dewasa ditandai dengan tiga gejala penting, yaitu keintiman, generatif, dan integritas.
3. sebutkan dan jelaskan 3 perkembangan pada masa dewasa
jawab :
1. Dewasa Awal
Dewasa Awal merupakan masa dewasa atau satu tahap yang dianggap kritikal selepas alam remaja karena pada masa ini manusia berada pada tahap awal pembentukan karir dan keluarga. Pada peringkat ini, seseorang perlu membuat pilihan yang tepat demi menjamin masa depannya terhadap pekerjaan dan keluarga. Berbagai masalah mulai timbul terutama dalam perkembangan karir dan juga hubungan dalam keluarga. Pada tahap ini manusia mulai menerima dan memikul tanggungjawab yang lebih berat. Pada tahap ini juga hubungan intim mulai berlaku dan berkembang.
2. Dewasa Madya
Pada masa dewasa madya, aspek jasmaniah mulai berjalan lamban, berhenti dan secara berangsur menurun. Aspek- aspek psikis (intelektual- sosial- emosional) masih terus berkembang, walaupun tidak dalam bentuk penambahan atau peningkatan kemampuan tetapi berupa perluasan dan pematangan kualitas. Pada akhir masa dewasa madya (sekitar usia 40 tahun), kekuatan aspek- aspek psikis ini pun secara berangsur ada yang mulai menurun, dan penurunannya cukup drastis pada akhir usia dewasa.
3. Dewasa Akhir
Saat individu memasuki dewasa akhir, mulai terlihat gejala penurunan fisik dan psikologis dan lambatnya gerak motorik. Akibat perubahan fisik yang semakin menua maka perubahan ini akan sangat berpengaruh terhadap peran dan hubungan dirinya dengan lingkunganya. Dengan semakin lanjut usia seseorang secara berangsur-angsur ia mulai melepaskan diri dari kehidupan sosialnya karena berbagai keterbatasan yang dimilikinya. Keadaan ini mengakibatkan interaksi sosial para lansia menurun, baik secara kualitas maupun kuantitasnya.
4. sebutkan ciri-ciri khas masa dewasa dini, masa dewasa madya, dan masa dewasa akhir !
jawab :
a. masa dewasa dini
• Usia reproduktif : siap menjadi orang tua dan mengasuh anak
• Usia pemantapan kedudukan dalam pola hidup. Misal : dalam dunia kerja, perkawinan dan memainkan peran sebagai orang tua.
b. masa dewasa madya
• Masa yang ditakuti : adanya perubahan yg menuju kemunduran.
• Masa penyesuaian terhadap berbagai kondisi tubuh yg berubah.
c. masa dewasa akhir
• Terjadinya periode kemunduran baik fisik maupun mental.
• Penurunan terhadap kondisi tubuh.
5. bagaimanakah perkembangan keintiman pada masa dewasa ??
jawab :
Keintiman dapat diartikan sebagai suatu kemampuan memerhatikan orang lain dan membagi pengalaman dengan mereka. Menurut Erikson, pembentukan hubungan intim ini merupakan tantangan utama yang dihadapi oleh orang yang memasuki masa dewasa. Pada masa dewasa awal, orang-orang sudah siap dan ingin menyatukan identitasnya dengan orang lain. Mereka mendambakan hubungan yang intim/akrab, dilandasi rasa persaudaraan, serta siap mengembangkan daya-daya yang dibutuhkan untuk memenuhi komitmen-komitmen ini.
" HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN "
1. sebutkan dan jelaskan 2 hukum pertumbuhan
jawab :
a. Hukum Chepa Lacaudal, pertumbuhan dimulai dari arah kepala menuju ke kaki. Dalam hukum ini bagian kepala tumbuh lebih dahulu daripada daerah-daerah lain. Kematangan pertumbuhan juga berlangsung lebih dahulu di bagian kepala, kemudian berlanjut ke bagian-bagian lain dari tubuh.(Siti Hartinah,2011:33)
Menurut hukum chepa lacaudal, pertumbuhan fisik seseorang di mulai dari arah kepala baru menuju kearah lain bagian tubuh.
b. Hukum proximodistal, pertumbuhan berpusat dari daerah sumbu (proximo) ke arah tepi(distal). (Siti Hartinah,2011:33)
Menurut hokum proximodistal pertumbuhan dimulai dari sumbu yang terdiri dari jantung,alat pernapasan dan alat pencernaan yang akan tumbuh terlebih dahulu dan lebih pesat apabila dibandingkan dengan didaerah tepi, miosalnya anggota tubuh lain (anggota gerak badan).
2. sebutkan dan jelaskan 3 hukum perkembangan
jawab :
a. Hukum Masa Peka.
Menurut M. Montessori “Dalam perkembangan anak terdapat suatu saat yang sangat tepat bagi suatu fungsi untuk dapat berkembangan dengan baik sekali atau sangat sensitive dan sangat dengan mudah untuk merespon stimulus yang dating kepada dirinya. (Siti Hartinah, 2011: 63)
Pada masa ini anak mempunyai kesiapan terbaik untuk melaksanakan tugas perkembangan dalam fungsi tertentu. Oleh karena itu harus dilayani dan diberi kesempatan sebaik-baiknya untuk menjalankan fungsi tersebut.
b. Hukum Truzalter( Masa Menentang).
Pelaksanaan individu tidak selalu berlangsung dengan tenang dan teratur tetapi pada masa tertentu terjadi guncangan yang membawa perubahan secara radikal.( Siti Hartinah, 2011: 65)
Hukum ini menyatakan perkembangan individu itu tidak selalu mulus sesuai dengan keinginan dari individu tersebut. Tetapi selalu ada macam-macam rintangan yang dapat mengganggu jalannya perkembangan tersebut. Dalam proses tersebut selalu ada hambatan yang dapat membawa perubahan yang baik terhadap individu tersebut.
c. Hukum Masa Eksploratif.
Menurut langeveld,” perkembangan individu merupakan suatu proses yang berlangsung sebagai suatu penjelajahan dan penemuan pada individu yang bersangkutan. (Siti Hartinah, 2011: 65)
Dalam hokum ini msngandung arti bahwa perkembangan individu diperlukan adanya suatu proses penjelajahan yang aman individu yang bersangkutan ikut serta dalam mencapai suatu tujuan perkembangan.
3. jelaskan arti dari hukum mengembangkan diri
jawab :
Hukum mengembangkan diri mengandung arti bahwa setiap individu memiliki dorongan ilmiah untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya tetapi keberhasilan hal tersebut memerlukan usaha yang aktif dan kreatif.
4. jelaskan bagaimanakah arti perkembangan dalam hukum irama perkembangan
jawab :
Dalam Hukum irama perkembangan menyatakan bahwa, bahwa berlangsungnya perkembangan itu tidak selalu tetap konsisten dan merata pada setiap waktu. Hukum irama perkembangan mengungkapkan bukan lagi cepat atau lambatnya perkembangan individu, akan tetapi tentang irama atau rythme perkembangan. Jadi perkembangan individu ini mengalami gelombang “Pasang Surut”, mulai lahir hingga dewasa, kadangkala anak tersebut mengalami juga kemunduran dalam suatu bidang tertentu.
5. berikan salah satu contoh dari hukum tempo perkembangan
jawab :
contoh dari hukum tempo perkembangan salah satunya yaitu ada individu yang dalam perkembangannya serba cepat misalnya dalam hal pemahaman suatu pelajaran, tetapi ada pula individu yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyamai individu yang lain. Tidak lain semuanya ini menyangkut tempo perkembangan dan ini telah menjadi hukum yang pasti bahwa setiap individu mempunyai kecepatan(tempo) perkembangan yang berbeda-beda menurut indivudunya sendiri
" MASA LANJUT USIA"
1. jelaskan bagaimana pendapat hurlock tentang apa itu masa tua !
jawab :
Menurut Hurlock (2002), tahap terakhir dalam perkembangan ini dibagi menjadi usia lanjut dini yang berkisar antara usia enam puluh sampai tujuh puluh tahun dan usia lanjut yang dimulai pada usia tujuh puluh tahun hingga akhir kehidupan seseorang. Orangtua muda atau usia tua (usia 65 hingga 74 tahun) dan orangtua yang tua atau usia tua akhir (75 tahun atau lebih) dan orang tua lanjut (85 tahun atau lebih) dari orang-orang dewasa lanjut yang lebih muda.
2. jelaskan 5 ciri-ciri masa lanjut usia !
jawab :
1. Adanya periode penurunan atau kemunduran. Yang disebabkan oleh faktor fisik dan psikologis.
2. Perbedaan individu dalam efek penuaan. Ada yang menganggap periode ini sebagai waktunya untuk bersantai dan ada pula yang menganggapnya sebagai hukuman.
3. Ada stereotip-stereotip mengenai usia lanjut. Yang menggambarkan masa tua tidaklah menyenangkan.
4. Sikap sosial terhadap usia lanjut. Kebanyakan masyarakat menganggap orang berusia lanjut tidak begit dibutuhkan katena energinya sudah melemah. Tetapi, ada juga masyarakat yang masih menghormati orang yang berusia lanjut terutama yang dianggap berjasa bagi masyarakat sekitar.
5. Mempunyai status kelompok minoritas. Adanya sikap sosial yang negatif tentang usia lanjut.
3. dalam masa tua ada yang namanya penuaan . penuaan terbagi atas 2 yaitu penuaan primer dan penuaan sekunder . jelaskan apa yang dimaksud dengan penuaan primer dan penuaan sekunder !
jawab :
Pada penuaan primer tubuh mulai melemah dan mengalami penurunan alamiah. Sedangkan pada proses penuaan sekunder, terjadi proses penuaan karena faktor-faktor eksteren, seperti lingkungan ataupun perilaku.
4. mengapa para lansia menjadi lebih rentan untuk terjadinya pendarahan di bawah kulit yang mengakibatkan kulit mejadi tampak biru dan memar ??
jawab :
karena Penuaan yang terlihat pada kulit di seluruh tubuh lansia, kulit menjadi semakin menebal dan kendur atau semakin banyak keriput yang terjadi. Rambut yang menjadi putih juga merupakan salah satu ciri-ciri yang menandai proses penuaan. Kulit yang menua menjadi menebal, lebih terlihat pucat dan kurang bersinar. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam lapisan konektif ini dapat mengurangi kekuatan dan elasitas kulit.
5. berikan contoh perkembangan kognitif yang terjadi pada masa lanjut usia
jawab :
Misalnya seseorang yang memasuki masa pensiun, yang tidak menghadapi tantangan-tantangan penyesuaian intelektual sehubungan dengan masalah pekerjaan, dan dimungkinkan lebih sedikit menggunakan memori atau bahkan kurang termotivasi untuk mengingat beberpa hal, jelas akan mengalami kemunduran memorinya