Hal-hal tentang Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 23:34:47 Dibaca : 2

Salah satu kampus yang berkualitas dan berprestasi di Indonesia yaitu Universitas Negeri Gorontalo memiliki beberapa hal yang perlu diketahui,

1. Universitas Negeri Gorontalo adalah Kampus yang Bersejarah

Universitas Negeri Gorontalo yang awal mulanya bernama Junior College ini berdiri pata tanggal 1 September 1963. Universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan juga tujuh kali pergantian pimpinan dalam kisaran waktu sekitar lebih dari 50 tahun. Awalnya berstatus sebagai FKIP IKIP Yogyakarta cabang Manado sampai diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo yang dikenal hingga sekarang.

 

2. Universitas Gorontalo sebagai Kampus Peradaban

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Rektor Universitas Negeri Gorontalo mengutamakan program tertentu untuk mewujudkan konsep Kampus Peradaban. Dan untuk mewujudkannya Universitas ini melakukan berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian. Diantara dengan mendorong setiap program studi untuk bisa mandiri, inovatif, dan kreatif tanpa meninggalkan jejak budaya lokal.

 

3. Visi Universitas Negeri Gorontalo : Leading University di Asia Tenggara

Semua universitas yang berada di Indonesia Bagian Barat selalu menjadi kampus-kampus favorit. Tapi ada juga universitas di Indonesia Timur yang berani dan mampu bersaing yaitu Universitas Negeri Gorontalo. Bisa dilihat dari visi mereka "Leading University" di Asia Tenggara. Siapapun yang memilih dan masuk di Universitas Negeri Gorontalo mereka akan dibekali kapasitas keilmuan, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan tentunya softskill yang mumpuni. Universitas ini juga membentuk mahasiswa untuk memiliki jiwa bersosial yang tinggi. Dengan cara meningkatkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian untuk memperkokoh budaya lokal dan identitas nasional.

 

4. Universitas Negeri Gorontalo di Mata Dunia

Universitas yang berada di Provinsi Gorontalo ini merupakan kampus negeri yang berada di peringkat ke-1558 di dunia. Jangan memandang dari angkanya tapi pandanglah dari pencapaiannya. Dan ini merupakan kebanggan tersendiri, karena universitas lain yang berada di Indonesia Timur seperti Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tadulako, dan Universitas Hassanudin berada di peringkat 2000-an di tingkat dunia.

 

5. Universitas Negeri Gorontalo Mempunyai Akses Informasi SIAT dan SITU

SIAT yaitu Sistem Informasi Akademik Terpadu dan SITU yaitu Sistem Informasi Tata Usaha. Kedua sistem tersebut bisa diakses melalui website Universitas Negeri Gorontalo. Sistem tersebut mempermudah bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Negeri Gorontalo. Melalui sistem SIAT, kalian bisa mengakses data perkuliahan seperti Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa baru secara online, data kurikulum, jadwal mata kuliah, dan juga data mahasiswa serta dosen yang ada di kampus. Sedangkan SITU mendukung proses tata usaha antara mahasiswa dan tenaga pendukung di Universitas Negeri Gorontalo.

Logo Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 00:39:54 Dibaca : 230

Logo Universitas Negeri Gorontalo

 

 

Keterangan Logo

1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi        peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}

2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.

3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.

4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.

5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam     dunia pendidikan.

6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan            hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari      peresmian UNG oleh Presiden RI.

7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG

Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 00:04:59 Dibaca : 3

Universitas Negeri Gorontalo yang disingkat UNG adalah perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Gorontalo dan beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo berdiri pada tanggal 1 September 1963 yang dulunya bernama Junior College dan merupakan bagian dari FKIP UNSULUTTENG. Lembaga ini juga pernah menjadi Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Pada tahun 1993 lembaga ini akhirnya berdiri sendiri dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo. Selanjutnya pada tahun 2001 lembaga ini meningkat menjadi IKIP Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Kemudian IKIP Negeri Gorontalo berubah menjadi Universitas Negeri Gorontalo yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004.

Seiring berjalannya waktu selama 57 tahun, Universitas ini terdiri dari 10 fakultas diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, FMIPA, Ilmu Sosial, Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Ekonomi, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Terdapat juga program pascasarjana yaitu Keguruan dan Pendidikan, Ilmu Administrasi, Ilmu Hukum, Kelautan, Perikanan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahsa Inggris, Biologi, Ilmu Ekonomi dan Fisika. Dosen di Universitas Negeri Gorontalo terdiri dari 861 dosen yang terdaftar diantaranya 829 dosen yang sedang aktif dan 32 dosen yang sedang dalam tugas belajar.

Universitas Negeri Gorontalo memiliki visi dan misi yang ditetapkan oleh Rektor UNG Periode 2019-2023 yaitu "UNG Unggul dan Berdaya Saing"

1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran digital Based Learning guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesionalitas dengan menguasai teknologi di bidang kependidikan atau nonkependidikan.

2. Meningkatkan kompetensi penelitian dan menngembangkan kompetensi peneliti untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembangunan daerah dan nasional secara berkelanjutan.

3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, melakukan penyebarluasan serta penerapam hasil-hasil penelitian untuk menunjang pembangunan daerah dan nasional dalam rangka mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan.

4. Mengembangkan kemitraan dan jejaring kerja sama yang luas untuk memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Memperkuat nilai-nilai budaya, penerapam sains dan teknologi, serta inovasi berbasis potensi regional

6. Menyelenggarakan tata kelola dan layanan yang profesional, transparan dan akuntabilitas yang tinggi menuju Good University Government.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong