Dikutip dari GORONTALO, EDUNEWS.ID – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi berganti nama menjadi Universitas BJ Habibie. Pergantian nama ini setelah melalui proses panjang dan disahkan Senat Universitas Negeri Gorontalo, yang menggelar rapat senat secara tertutup, Kamis (24/8/2017).

Sejak tahun 2013 lalu, Senat Universitas Negeri Gorontalo sudah pernah membahas dan mengusulkan nama Universitas BJ Habibie ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketika itu UNG masih berada di bawah naungan Kemendikbud. Akan tetapi usulan tersebut mentok, karena sudah ada yang menggunakan nama Habibie, yaitu Institut Teknologi BJ Habibie Pare, sehingga pembahasan untuk pergantian nama UNG ditunda.

Masuk 2017, usulan pergantian nama kembali lagi diseriusi oleh UNG. Ini setelah dua pekan lalu, mantan wakil rektor II UNG, Eduart Wolok bersama dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dipanggil oleh Menristekdikti. Selanjutnya, rapat senat yang dipimpin oleh ketua senat UNG, Prof Dr Syamsu Q Badu, secara aklamasi menyetujui dan mengesahkan perubahan nama tersebut.

“Jadi pembahasannya sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, kita yang ada sekarang tinggal pada pengesahannya saja. Sehingga dalam rapat senat yang dilakukan tadi, sudah tidak ada lagi perdebatan,” kata Supardi Nani.

Mantan wakil dekan II Fakultas Ekonomi UNG ini, menambahkan, harapan dari civitas akademika kampus, hal-hal yang bersifat teknis menyangkut perubahan nama ini bisa kelar 2017 init, bersamaan dengan peresmian Fakultas Kedokteran. Atau paling lambat tahun 2018 bersamaan dengan selesainya pembangunan kampus baru UNG.

https://www.edunews.id/edunews/kampus/resmi-ung-berganti-nama-jadi-universitas-bj-habibie

Alasan Penggantian Nama Universitas.

Dari berbagai pernyataan pemangku kebijakan kampus yang dilansir dari beberapa media yang terbit di tahun 2017, paling tidak ada tiga alasan yang melatarbelakangi penggantian nama ini. Pertama, BJ Habibie adalah putera Gorontalo yang gemilang tak hanya di bidang teknologi tapi juga pemerintahan dengan kedudukan yang pernah diembannya sebagai presiden ke-3 RI. Kedua, sosok dan personalitas BJ Habibie sejalan dengan spirit dan bahkan identitas kampus yang bervisi menjadi PT terdepan dan terbaik khususnya di wilayah timur Indonesia. Ketiga, pengakuan dunia terhadap keilmuan dan kecakapan BJ Habibie selaras dengan semangat kampus menjadi PT yang mengglobal paling tidak di kawasan regional ASEAN yang ditargetkan tercapai di tahun 2035. Namun pertanyaannya, apakah ketiga alasan ini benar-benar mengharuskan kampus eks-UNG untuk mengganti namanya dengan sosok tersebut?

Ketiga alasan yang dilontarkan oleh pihak internal kampus di atas sangat normatif dan justru tidak menunjukkan urgensi penggantian nama. Jika nama BJ Habibie harus hadir apakah tidak cukup disematkan misalnya pada gedung yang dibangun di atas tanah yang dihibahkannya. Atau nilai-nilai yang dianut beliau dijadikan rujukan pada visi dan misi kampus. Sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan sosok BJ Habibie di eks-UNG tanpa harus mengganti nama kampus dengan nama beliau. 

Justru, pernyataan yang dilontarkan oleh Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, di tahun 2014 sebagaimana yang dilansir oleh Republika (10/4/14) menjadi jawaban yang relevan akan urgensi penggantian nama dari UNG menjadi Universitas BJ Habibie. Sebagai kampus yang lahir di tahun 1963 dari Rahim PT kependidikan, eks-Institut Kependidikan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), nama UNG, menurutnya, kurang memiliki nilai jual dibandingkan dengan universitas ternama lainnya, khususnya di Pulau Jawa.

Rusli berharap dengan disematkannya nama BJ Habibie, kampus eks-UNG bisa berdiri sejajar dengan universitas terbaik lainnya seperti ITS 10 November, ITB, dan Unair. Pernytaan Rusli ini mengindikasikan bahwa nama daerah yang tersemat pada nama kampus dianggap menjadi faktor esensial yang menyebabkan kurang maksimalnya pencapaian yang diraih eks-UNG sampai saat ini. Jika hal ini yang dijadikan alasan penggantian nama kampus, memang penting untuk mengganti nama daerah yang dianggap kurang 'kece' dengan nama individu yang lebih dikenal luas seperti BJ Habibie. 

Meski perubahan nama Universitas ini didasari beberapa alasan relevan untuk menelaah peristiwa penggantian nama UNG menjadi Universitas BJ Habibie, faktanya sempat ada penolakan mahasiswa dibalik penggantian Nama Universitas Negeri Gorontalo tersebut.

Dikutip dari FAJAR.CO.ID — Saat Senat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sudah memutuskan mengganti nama perguruan tinggi itu menjadi Universitas BJ Habibie. Ratusan mahasiswa UNG menggelar aksi damai di depan gerbang kampus pada Jumat malam (25/8/2017) pukul 20.00 Wita. Mereka menyalakan lilin mengenang nama kampus UNG yang segera menjadi kenangan. "Hari ini UNG yang telah membesarkan kita semua, kini berganti BJ Habibie,” kata Candra, ketua senat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNG, membacakan puisinya, semalam. Ia termasuk mahasiswa yang menolak pergantian nama itu. Aksi menyalakan lilin dibarengi dengan pembacaan puisi secara bergantian itu, memang sebagai bentuk penolakan mahasiswa terhadap penggantian nama UNG. Para mahasiswa menilai, penggantian nama UNG menjadi Universitas BJ Habibie sangat tidak substansial jika hanya mempertimbangkan soal peningkatan kualitas. ”Seharusnya jika alasan kualitas pendidikan menjadi pertimbangan maka yang dilakukan adalah peningkatan kualitas para dosen maupun bahan ajar serta fasilitas yang ada di Kampus UNG, bukan malah mengganti nama kampus,” kata Wakil Presiden Mahasiswa UNG Mohammad Affandi saat ditemui Gorontalo Post (FAJAR Group).Ia mengatakan, pergantian nama kampus malah akan menambah beban pendanaan kampus. Karena nantinya akan banyak dilakukan perubahan ataupun pergantian fasilitas kampus yang kini masih menggunakan nama UNG.Hal yang sama juga disampaikan oleh koordinator koalisi senat mahasiswa Se-Universitas Negeri Gorontalo, Yandi Mooduto.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan dari beberapa sumber berikut.

https://www.kompasiana.com/mulyadintaufik/59a3348904ca242524491ff3/selamat-tinggal-universitas-negeri-gorontalo-selamat-datang-universitas-bj-habibie

https://fajar.co.id/2017/08/29/kami-cinta-habibie-tapi-kami-tak-ingin-ung-berganti-nama

 

 

 

Universitas yang membuka beasiswa KIP-K di Gorontalo

19 September 2020 07:54:53 Dibaca : 1

Saat ini kementerian pendidikan telah meresmikan beasiswa yang baru pengganti BIDIKMISI yakni KIP Kuliah. KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi akademiknya bagus. Pada tahun 2020, KIP Kuliah akan dibagikan kepada calon mahasiswa sebanyak 400.000 orang.

KIP Kuliah tidak sama dengan BIDIKMISI dimana beasiswa BIDIKMISI didapatkan ketika siswa tersebut telah terdaftar di perguruan tinggi dan telah diseleksi oleh perguruan tempat siswa mendaftar, sedangkan KIP Kuliah didapatkan ketika siswa tersebut memiliki kartu KIP sewaktu di SMA/SMK/Aliyah atau (jika belum memiliki KIP Kuliah bisa melakukan pendaftaran di halaman resminya) dan dinyatakan lulus oleh perguruan tempat siswa mendaftar. Jadi anda yang telah dinyatakan lulus di perguruan tinggi dan telah memiliki KIP Kuliah maka anda langsung mendapatkan beasiswa tersebut.

2 Universitas yang membuka program beasiswa KIP Kuliah di Gorontalo.

   Untuk wilayah gorontalo terdapat 2 perguruan tinggi negeri yang membuka program beasiswa tersebut, yaitu Kampus merah maron alias (Universitas Negeri Gorontalo) dan Universitas Terbuka (UT). Dan bagi kalian yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut, kalian harus mendaftar dan melihat syaratnya sebelum habis waktu pendaftarannya. Untuk itu, jika kalian belum mengetahui cara dan syarat untuk mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah ini, silahkan baca artikel berikut.

Syarat mendapatkan KIP Kuliah

Siswa SMA sederajat yang telah lulus dan memiliki NISN, NPSN dan NIK. Bagi kalian yang telah lulus, maksimal untuk mendapatkan KIP Kuliah 2 tahun sebelumnya.

Memiliki prestasi yang baik tetapi keterbatasan ekonomi.

Orang tua dari siswa tersebut memiliki atau terdaftar di Kartu Keluarga Sejahtera (Kartu warna Merah) Lulus di PTN yang telah terakreditasi minimal B.

Itulah syarat untuk mendapatkan bantuan pendidikan KIP Kuliah. Silahkan simak caranya.!!

Cara mendaftar KIP Kuliah

Pertama kalian perlu mendaftar langsung di halaman website resmi di kip-kuliah.kemendikbud.go.id

Ketika kaliah telah masuk, silahkan masukan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang benar.

Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi apakah data yang dimasukan layak untuk mendapatkan KIP Kuliah. Jika proses validasi berhasil, maka sistem akan mengirimkan email yang terdaftar berupa kode pendaftaran dan kode akses.

Siswa menyelesaikan pendaftaran sebelumnya dan memilih jalur yang ingin diikuti yaitu jalur SNMPTN/SBMPTN/Mandiri.

siswa menyelesaikan proses pendaftaran di sistem informasi seleksi masuk perguruan tinggi

Bagi siswa yang telah dinyatakan lulus di perguruan tinggi, maka langkah selanjutnya yakni melakukan verifikasi lebih lanjut untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yaitu KIP Kuliah.

Itulah informasi yang dapat saya bagikan, dari beberapa sumber berikut.

https://bondula.com/cara-mendaftar-kip-kuliah-dan-syaratnya-terbaru/

 

https://bondula.com/kip-kuliah-ada-di-universitas-negeri-gorontalo/

 

Teman-teman yang baru saja lulus SMA/SMK pastinya banyak yang Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan bukan?.. So, adakah yang belum tau pasti kampus favorit yang perlu dijadikan incaran? Setiap orang punya sudut pandang yang berbeda-beda tentang kampus favoritnya. Sebuah kampus bisa menjadi favorit biasanya karena selain ada jurusan yang kita minati, juga yang utama adalah karena kualitas dan seberapa terkenal baiknya kampus tersebut baik di dalam, di luar daerah bahkan dunia.

Nah... Buat temen-temen yang ada di Gorontalo ataupun di luar Gorontalo, kalian bisa jadiin Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu Universitas atau kampus incaran favorit kalian.

Sebab perlu kalian ketahui, beberapa keunggulan Universitas Negeri Gorontalo sebagai berikut.

1. Universitas Negeri Gorontalo adalah perguruan tinggi negeri terbesar dan tertua di Provinsi Gorontalo. mengapa saya katakan tertua, karena UNG di dirikan pada tanggal 1 september 1963 (56 Tahun) yang bisa dikatakan sudah lebih dari setengah abad lamanya. kampus UNG memiliki 11 fakultas yang telah terdaftar dan terdapat 72 prodi yang telah terakreditasi. beralamatkan di jl. jendral sudirman kel. Dulalowo timur,. KotaTengah Kota Gorontalo . telah banyak lulusan dari kampus ini yang telah bekerja diberbagai bidang. Dan yang paling penting ni Gaiss...,, saat ini kampus UNG telah menyandang predikat dari BAN-PT dengan perolehan nilai Akreditasi (A).

2. Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur.      Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.

3. Untuk di tingkat nasional, UNG juga Universitas Negeri Gorontalo yang mempunyai visi menjadi Leading University di kawasan Asia Tenggara. Caranya yaitu lewat pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional.

https://www.facebook.com/universitasnegerigorontalo2035/photos/a.1629433197302803.1073741828.1628833904029399/1824123307833790/?type=3&theater

Kalau kamu memilih UNG sebagai tempat studi, kamu akan dibekali kapasitas keilmuan, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan tentunya softskill yang mumpuni. Bukan hanya itu, kampus negeri ini juga membentuk mahasiswanya untuk jadi masyarakat berjiwa sosial tinggi. Caranya dengan meningkatkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memperkokoh budaya lokal dan identitas nasional. Jadi kamu tetap bisa bersaing dengan masyarakat dunia lainnya

Bagaimana?.. 3 Keunggulan UNG sudah cukup pantas dijadikan kriteria kampus favorit kamu bukan?..

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/8-hal-tentang-universitas-negeri-gorontalo-kampus-berprestasi-di-bumi-maleo/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong