ARSIP BULANAN : February 2013

KDRT

27 February 2013 09:45:17 Dibaca : 53

Kekerasan dalam rumah tangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Belum Diperiksa

Langsung ke: navigasi, cari

Kekerasan dalam rumah tangga (disingkat KDRT) adalah kekerasan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami maupun oleh istri. Menurut Pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT), KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Sebagian besar korban KDRT adalah kaum perempuan (istri) dan pelakunya adalah suami, walaupun ada juga korban justru sebaliknya, atau orang-orang yang tersubordinasi di dalam rumah tangga itu. Pelaku atau korban KDRT adalah orang yang mempunyai hubungan darah, perkawinan, persusuan, pengasuhan, perwalian dengan suami, dan anak bahkan pembatu rumah tangga, tinggal di rumah ini. Ironisnya kasus KDRT sering ditutup-tutupi oleh si korban karena terpaut dengan struktur budaya, agama dan sistem hukum yang belum dipahami. Padahal perlindungan oleh negara dan masyarakat bertujuan untuk memberi rasa aman terhadap korban serta menindak pelakunya

SENI

27 February 2013 09:32:51 Dibaca : 522

manfaat seni

seni memliki manfaat bukan hanya pada manusia tetapi juga makhluk lain seperti tumbuhan danhewan. Contohnya saja seni musik, bagi manusia musik dapat menyehatkan jantung,meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stress, meningkatkan kreatifitas, meningkatkanproduksi hormon, dll. Bahkan menurut Dedekusn (nama panggilan di blognya) yangmenyebutkan bahwa musik klasik dapat dikhususkan untuk kesehatan janin dalam kanungan,ibumenyusui, bayi yang baru lahir, meningkatkan kecerdasan anak, relaksasi, dll.Fungsi Seni dalam Kehidupan Manusia

Jenis Fungsi dan Tujuan Seni, Di samping kebutuhan jasmani, manusia memiliki kebutuhan yang sifatnya buat mencapai kebutuhan rohani. Di sinilah peran seni, selain hasil karya yang dihasilkan bisa dilihat, didengar, dan diamati, bisa juga menimbulkan kepuasan kepada si penikmatnya. dimana sebelumnya kita telah membahas tentang Pengelompokan Seni Rupa Secara Garis Besar dan Pengertian Seni Audio Visual dan Audiovisual juga Pembagian Seni, Berdasarkan fungsinya untuk pemenuh kebutuhan, seni dibagi menjadi 2 kelompok, yani fungsi individual serta fungsi sosial. 1. Fungsi Individual Karya seni dapat menggambarkan ungkapan jiwa serta emosi pembuatnya yang mencerminkan sesuatu seperti suka, duka, sedih, marah, bahagia, cita2, pikiran, perasaan, , watak, bentuk, pandangan hidup, corak, warna, bahan, juga teknik yang dikuasai. Masing-masing seniman memiliki kemampuan tersendiri yang khas berbeda antara 1 dengan lainnya. Fungsi seni secara pribadi di sini lebih mengedepankan seni merupakan alat ekspresi buat mencurahkan ide dan gagasan seseorang lewat sebuah karya. Karya seni seperti ini bersifat pribadi. Fungsi seni yang bersifat individual bisa dibedakan menjadi 2 yaitu fisik dan emosional. a. Fisik Fungsi fisik ini berhubungan dengan pencukupan kebutuhan fisik manusia, baik langsung maupun hanya sebagai pelengkap aktivitasnya. Misalnya, pakaian dan perabot (meja, kursi, dan lemari), rumah , atau kerajinan, perhiasan, termasuk alat komunikasi, sepatu, dan tas. b. Emosional Fungsi ini berhubungan ekspresi seniman dan apresiator (penikmat konsumen). Contohnya, lukisan, novel, musik,juga film, pementasan teater/drama, dan patung.

 

 

Menjaga Kesehatan Otak Kita

19 February 2013 06:56:36 Dibaca : 68

Menjaga Kesehatan Otak Kita

Otak yang ukurannya kira-kira seperlima puluh bagian tubuh manusia merupakan bagian paling penting yang membutuhkan relatif banyak energi di bandingkan bagian tubuh yang lain. Kurangnya nutrisi otak, seperti multivitamin, asam amino dan mineral, sangat mempengaruhi daya maksimal otak, yang akhirnya juga mempengaruhi stamina tubuh. Dan, saat pikiran atau otak lelah, tubuh juga akan merasakan lelah, sehingga kita tidak akan bisa produktif.

Maka dari itu, kenali beberapa tips di bawah ini untuk menjaga agar otak tetap sehat :

1. Makan secara teratur
Tim peneliti di Italia, menemukan bahwa makanan ternyata bisa mengaktifkan molekul-molekul di otak dan dapat membuat otak berumur panjang. Molekul tersebut bernama CREB1. Fungsi dari CREB1 ini adalah mengaktifkan banyak gen yang terkait dengan usia dan fungsi otak. CREB1 dikenal memiliki fungsi penting bagi otak untuk kemampuan mengingat, mengatur proses belajar dan kecemasan dan mengurangi penuaan.

2. Perbanyak makan ikan.
Ikan dapat melindungi otak dari penuaan, karena ikan mengandung vitamin dan asam lemak omega 3 yang menyebabkan otak kita jarang mengalami penyusutan dan memiliki kinerja mental yang lebih baik. Selain itu, asam lemak omega 3 juga merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat, sehingga mengurangi resiko kepikunan di usia lanjut.
Sebuah penelitian yang merupakan gabungan dari para peneliti dari Oregon Health and Science University, Portland VA Medical Center, dan Oregon State University, melakukan scan otak kepada 42 peserta. Mereka menemukan bahwa bahwa orang dengan kandungan tinggi vitamin dan omega 3 dalam darahnya cenderung memiliki volume otak yang lebih besar. Sedangkan orang yang darahnya banyak terkandungan lemak trans memiliki volume otak yang lebih kecil.

3. Konsumsi makanan bervitamin B

a. Vitamin B1 (Tiamin)
Tiamin membantu pertumbuhan organ dan system syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada segala jenis makanan padi-padian dan bahan yang difortifikasi, seperti roti, sereal, wheat dan pasta. Defisiensi (kekurangan) tiamin menyebabkan : Keletihan, lemah daya ingat, kekacauan mental, penyimpangan perilaku, dan cepat marah
b. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Merupakan bentuk koenzym yang membantu mengantar rangsangan saraf. Sumber vitamin B5 adalah daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijian, susu, dan sayur.
c. Vitamin B6 (Piridoksin)
Membantu perkembangan otak dan system saraf bayi, disamping membentuk sel darah merah baru. Selain itu Vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin yaitu zat kimia otak yang menimbulkan rasa tenang bagi tubuh. Terdapat pada daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang, dan produk yang difortifikasi misalnya sereal. Defisiensi vitamin B6 berdampak cepat marah, mudah letih, daya konsentrasi lemah, kebiasaan tidur yang buruk, dan lemah daya ingat
d. Vitamin B12 (sianokobalamin)
Vitamin B12 bersama asam folat membantu ibu dan bayi memproduksi sel darah merah yang sehat dan membantu pengembangan otak janin dan system saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging merah, ayam, ikan, kerang, telur, dan makan yang mengandung susu.
e. Asam Folat
Merupakan salah satu kelompok vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak jika terpapar panas. Asam folat terdapat secara alami pada bayam, brokoli,pok coy, asparagus, kol,daging, gandum, telur, susu dan keju. Selain itu terdapat pada bahan yang difortifikasi, seperti sereal dan susu. Asam folat membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Kekurangan asam folat semasa hamil dapat menyebabkan kelainan bawaan pada otak, tulang kepala dan sumsum tulang belakang (neural tube defect) yang dijumpai sebagai anensefalus, hidrosefalus, mikrosefalus, dan spina bifida. Setelah bayi lahir, asam folat dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak.

4. Hindari makanan cepat saji.
Sebuah lembaga nirlaba di Inggris bernama Alzheimer's Research UK merasa terpanggil untuk meneliti makanan yang berisiko menyebabkan demensia atau kepikunan. Menurut hasil di lapangan, lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji berkaitan dengan rendahnya nilai tes mental dan penyusutan otak yang khas ditemui pada penyakit Alzheimer.

5. Latih mental anda
Rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki berbagai keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Anda dapat melatih otak anda dengan menggunakan teknik seperti puzzle, teka-teki dan minat pada bidang sosial dan budaya.

6. Olah raga
Cukup dengan setengah jam setiap tiga kali dalam seminggu untuk berolah raga, akan memberi dampak yang bagus untuk peningkatan kekuatan otak anda, karena olah raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.

7. Istirahat yang cukup
Istirahat cukup yang dilakukan secara rutin dapat membantu perbaikan memori. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di RIKEN Brain Science Institute, Tokyo, Jepang. Para peneliti menemukan sintesis protein di otak kecil memegang peranan penting dalam keajaiban tersebut. Istirahat cukup secara rutin menimbulkan efek jarak. Efek jarak tersebut yang diyakini membantu otak bagian memori pulih secara bertahap. Para peneliti juga menemukan efek jarak juga bekerja dengan cara yang unik pada proses belajar. Mereka yang belajar sedikit demi sedikit tanpa tekanan akan lebih mudah mengingat ilmu yang dipelajarinya dibandingkan mereka yang belajar dengan cara diforsir.

 

Teman Sejati

14 February 2013 09:04:10 Dibaca : 42

Teman Sejati

Alangkah senangnya jika kita mempunyai teman yang setia di segala keadaan, baik di saat suka maupun di saat duka. Alangkah senangnya jika kita dapat berbagi apa yang kita rasakan. Alangkah senangnya jika ada orang yang mengerti kita. Dan itulah gunanya seorang teman.

Sebelumnya marilah kita merenung sejenak. Kita menginginkan mempunyai teman yang setia, yang dapat berbagi dengan kita, yang mengerti kita… Namun pertanyaannya, apakah kita sudah menjadi seperti itu?

Apakah kita sudah menjadi teman yang setia di segala keadaan? Sudahkah kita memberikan yang terbaik untuk teman kita? Maukah kita mengerti teman-teman kita?

Mari kita renungkan. Siapa yang akan memulai semua itu kalau bukan kita? Orang lainkah? Haruskah kita menunggu orang itu, jika kita dapat melakukannya?

Ingin mempunyai teman yang setia? Jadilah teman yang setia terlebih dahulu bagi teman anda. Ingin mempunyai teman yang mengerti anda? Jadilah teman yang mengerti mereka terlebih dahulu.

Jika dapat kita lakukan hari ini, lalu mengapa harus besok? Seorang teman sejati sulit dicari. Maka jadilah teman sejati bagi temanmu, maka kamu akan menemukan teman sejati itu.

Seorang teman sejati takkan lenyap karena waktu, takkan lenyap karena jarak, takkan lenyap walau kita berubah. Teman sejati selalu setia dan melakukan semua untuk kebaikan kita. Alangkah senangnya mempunyai teman seperti itu.

Apakah kita hanya mau menerima itu? Lantas siapa yang memberi jika semua orang berpikir seperti itu? Alangkah baiknya dan sudah seharusnya bagi kita untuk memberi.

Mungkin kita terpisah oleh ribuan mil lautan. Apa yang dapat kita lakukan bagi teman kita? Berdoalah bagi mereka.

Jadilah seorang teman sejati, maka kamu akan mendapatkan teman sejatimu.

 

 

sumber:http://charleschristian.wordpress.com/2008/03/09/teman-sejati/

cara memotivasi diri

05 February 2013 20:26:48 Dibaca : 56

Untuk menjadi sukses kita harus rajin dan bekerja keras supaya cita cita terkabur. Tidak lupa berdoa serta di barengi usaha. Kadang rasa malas membuat kita loyo dan tidak semangat, untuk itu perlu motivasi diri sehingga kita bisa terus semangat tidak kendor. Hidup itu penuh ujian, mungkin dengan satu ujian kita sudah menyerah, sebenernya dibalik ujian itu ada hikmah yang tersembunyi. Kegagalan jangan di buat itu akhir dari semua usaha tetapi awal dari sebuah perjuangan. Disini motivasi diri sangat penting sekali, untuk menjadi sukses diawali dari diri sendiri bukan dari orang lain.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi diri sendiri yang di kutip dari wolipop.com
1. Fokus pada Tujuan Anda
Salah satu cara terbaik untuk motivasi mencapai tujuan yang diinginkan adalah berpikir secara matang. Jangan sampai Anda terobsesi tentang hal itu, tetapi bagaimana cara yang harus dilakukan dan fokuskanlah pada tujuan tersebut. Langkah ini dapat membantu Anda agar tidak kewalahan.

2. Memahami Proses
Dengan adanya sebuah proses, Anda dapat terhindar dari rasa kewalahan dan frustasi. Anda secara otomatis akan termotivasi untuk mencapai tujuan dengan perkembangan secara bertahap. Hal ini membutuhkan waktu bagi seseorang untuk mengembangkan kebiasaan baru dan menjadikannya bagian dari rutinitas mereka. Jadi jangan mengharapkan keajaiban dalam hitungan detik. Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikannya.

3. Rayakan Keberhasilan Anda
Setiap langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan itu sangat berharga. Segala perjuangan dan rintangan telah Anda jalankan. Jadi jika sudah mencapai puncak keberhasilan, maka Anda layak memanjakan diri untuk merayakannya. Berkat motivasi dalam dirilah yang bisa membuat Anda berhasil.

4. Mengubah Pola Pemikiran Anda
Cara lain yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan mengubah pola pikir dan melihat kemungkinan hambatan yang akan dihadapi untuk mencapai tujuan. Jangan biarkan hambatan tersebut menjadi akhir dari segalanya dan menghentikan Anda untuk bergerak maju. Dengan mengubah pandangan tentang dua hal ini dapat membantu Anda merasa jauh lebih baik dan kembali fokus mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Tetap Positif
Jika menjadi bos yang sukses dan berwibawa adalah impian Anda selama ini, maka teruslah berusaha untuk mencapai impian tersebut. Tetaplah berpikir positif dan jangan biarkan pikiran negatif menguasai sehingga menghalangi langkah Anda untuk mencapai kesuksesan. Berbagai macam rintangan pasti bisa dilalui asalkan Anda tetap fokus pada tujuan dan tetap termotivasi untuk mencapainya.selamanya.

Bila kita tetap semangat menghadapi cobaan dalam hidup pasti suatu saat akan mendapatkan hasil atas kerja keras kita selama ini. Jangan takut gagal, karena dengan kegagalan kita bisa mengerti kenapa kita gagal dan kita tidak boleh masuk ke lubang yang sama. Semua berawal dari kita sendiri untuk maju. Orang lain adalah faktor kedua, bila kita niat, semangat, bekerja keras, berdoa semua akan terwujud. Kata orang semua akan indah pada waktunya.

 

Sumber : (http://kopihijau.info/cara-memotivasi-diri/#_)

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong