ARSIP BULANAN : October 2022

Tutorial membuat LKPD online dalam google from

13 October 2022 20:19:19 Dibaca : 126

     Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) atau biasa disebut dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam pembelajaran. LKPD dan LKS merupakan dua hal yang sama yaitu berupa lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik atau siswa. LKPD terdiri dari enam unsur utama yang meliputi: 1) Judul 2) Petuntuk belajar 3) Kompetensi dasar atau materi pokok 4) Informasi pendukung 5) Tugas-tugas atau langkah kerja, dan 6) Penilaian.

    LKPD yang baik adalah memenuhi kriteria penulisan dan memiliki komponen atau struktur yang sesuai. Menurut Katriani (2014), secara umum struktur LKPD, yaitu: a. Judul kegiatan, Kelas, Tema/Materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. b. Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik

      Pada prinsipnya kedudukan LKPD dalam pembelajaran merupakan bagian dari RPP, khususnya merupakan bahan ajar yang digunakan siswa pada saat kegiatan inti pembelajaran. Pada bagian judul ini yang berisi topik yang akan menjadi fokus kegiatan belajar siswa. Pada bagian ini bisa dituliskan kata atau kalimat.

      oleh karena itu saya sudah membuatkan LKPD online yang sudah saya apload dichanel YOUTUBE saya, berikut link akses tersebut: https://www.youtube.com/watch?v=-31Rn0orL7g

 dan kemudian untuk hasil LKPD online yang sudah dibuat pada google from juga bisa diakses pada link berikut ini:https://forms.gle/FtEjLy4hf3NWwZMs6

 

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ABSENSI ONLINE LEWAT ZOHO FROM

07 October 2022 00:44:14 Dibaca : 7

1. Buka aplikasi google chrome >>ketik zoho froms << pada kolom pencarian,pilih daftar gratis.

2. Setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini lakukan >>pendaftaran akun<< terlebih dahulu,namun jika kamu sudah memiliki akun zoho forms maka klik >>masuk<<

3. kita bisa langsung membuat absensi online menggunakan Zoho Form dengan mengklik "Lets Get Started

4. Setelah masuk ke Blank Form,klik ''Form Name'' untuk memasukan judul Absen dan ''Description'' untuk deskrptif Absen,kemudian klik ''Creat'' untuk masuk ke langkah selanjutnya.

5. Klik >>New Form<< untuk memulai pembuatan Absensi

6.Selanjutnya klik ''Single Line''untuk membuat kolom Nama Dan jangan lupa mencetang "Mondatory"

               

7.Klik ''Number'' untuk membuat kolom NIM /NISN Dan jangan lupa mencetang "Mondatory"

      

 

                

8.klik ''Single Line''untuk membuat kolom kelas Dan jangan lupa mencetang "Mondatory"

     

9. klik ''Phone ''untuk membuat kolom No handphone

10. klik ''Single Line''untuk membuat kolom jurusan Dan jangan lupa mencetang "Mondatory"

        

11.Untuk membuat kolom ''Foto kegiatan pembelajaran'' klik ''Image Upload''

12. Untuk membuat kolom Tanda Tangan klik ''Advanced Fields'' kemudian klik ''Signature' Dan jangan lupa mencetang "Mondatory"

13. Untuk menerapkan tema pada tampilan Absen, klik ''Themes'' kemudian pilih tema yang kamu inginkan klik ''Apply'' untuk menerapkan tema.

14.Langakah terakhir yaitu membagikan link Absensi pada siswa, klik ''Share'' kemudian dibawah terdapat kolom Form Permalink (URL) Absensi,salin link absen tersebut dan bagikan pada siswa.

 

15. link Absen yang sudah jadi.

https://forms.zohopublic.com/maratuljannahbiki/form/DaftarHadir/formperma/Lv0QvlKtmXjY68qLQZBiZG5MjJl5MgbGJUEsIms8zx4

 

 

 

 

16.Tahap terakhir buka kembali website zoho from dan buka formulir yang telah dibuat dan klik All Entries dan akan muncul siapa saja yang telah mengisi absen tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong