PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DISEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR
Gorontalo, 10 April 2023
Nama : Cindy Desiani Mustafa Patue
Nim : 151422008
Kelas : 2.A
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
pertama-tama saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Rustam I Husain s,Ag, M.Pd, Ketua Jurusan Pendidikan Guru SD Bapak Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd, Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan Konseling Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE, dan Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si, Narasumber sekaligus pemateri Bapak Prof. Ifdil, S.Hi, S.Pd, M.Pd, Ph.D, Kons, Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd,Kons dan Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE serta teman teman pelaksana maupun para peserta webinar.
pendidikan dasar merupakan pondasi untuk pendidikan selanjutnya dan pendidikan nasional. Untuk itu aset suatu bangsa tidak hanya terletak pada sumber daya alam yang melimpah, tetapi terletak pada Sumber daya manusia yang berkualitas. maka diperlukan peningkatan sumber daya manusia sebagai kekayaan negara yang kekal dan sebagai investasi untuk mencapai kemajuan bangsa. Dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, peranan layanan bimbingan dan konseling yaitu sebagai koordinator yang berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik. Serta merupakan bantuan kepada individu dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dapat timbul dalam hidupnya.
Sesuai dengan tema kita pada seminar nasional tentang "Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka belajar " yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 08 April 2023. Kegiatan seminar nasional ini dilakukan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar yang diampu oleh Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE dan Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si.
Bimbingan dan Konseling (BK) adalah upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh konselor atau guru bimbingan dan Konseling untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik/konseling dalam mencapai kemandirian dalam kehidupannya. Sehubungan dengan materi yang dibawakan dalam kegiatan seminar nasional yang pertama materi dengan judul Sterategi bimbngan dan konseling d sekolah dalam mengembangkan karakter siswa di sekolah dasar yang diberikan oleh narasumber Bapak prof. Ifdil, S.Hi., S.Pd., M.Pd., Ph.D., kons Dosen program studi bimbngan konseling Universitas Negri Padang. Materi kedua yaitu implementasi Guru Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar Oleh narasumber Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola, M.Pd., kons Selaku Dosen prodi Bimbingan Konseling Universitas Negri Gorontalo, dan materi terahir yaitu Peran Guru sekolah Dasar Sebagai Pelajar Dan Pembimbing, oleh narasumber ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE
Mengutip sedikit materi mengenai Sterategi bimbingan dan konseling dalam membangun karakter peserta didik di SD melalui implementasi merdeka belajar oleh narasumber Bapak Prof. Ifdil, S.HI., S.Pd., M.Pd., Ph.D Kons dimana Bimbingan dan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada para individu atau klien secara berkesinambungan supaya bisa memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannya, menerima diri sendiri, mengembangkan diri secara maksimal, dan menyesuaikan diri secara positif yang diselenggarakan dengan berbagai format, bentuk dan jenjang dengan upaya Upaya mewujudkan peserta didik/konseling yang memiliki Psychological Wellbeing, Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang menekankan peran guru kelas dalam kegiatan bimbingan yang diintegrasikan dalam pembelajaran.
Lingkup capaian BK mencangkup beberapa aspek diantaranya:
1. Memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2. Mengembangkan kata hati, moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku
3.Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung,
4.Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas,
5. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karir.
Adapun tugas guru dalam capaian bimbingan dan konselin yaitu dengan Menginfokan kepsek dan guru, Merencanakan program bimbingan, termasuk rencana mengidentifikasi siswa bermasalah, Melakukan kerjasama dengan guru kelas/wali kelas selaku guru pembimbing dalam mengidentifikasi peserta didik yang memerlukan Bk, Berkonsultasi dengan guru kelas atau guru pembimbing dalam hal masalah yang berkaitan dengan bimbingan dan program Bersama, dan Melakukan kegiatan layanan BK dengan cara mengintegrasikan dalam materi kegiatan pembelajaran masing-masing kompetensi
Dengan in saya dapat menyimpulkan bahwa peran bimbingan konseling itu sangat penting di SD dalam membangun pondasi untuk memahami potensi yang ada dalam diri peserta didik serta lingkungannya, dengan upaya mewujudkan peserta didik yang memiliki psychological wellbing, profil belajar Pancasila, dan penguatan pendidikan karakter agar dapat Memantapkan nilai, moral dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas, Harapan saya agar seminar ini dapat menambah wawasan bagi saya dan bagi pembaca.
Mengetahui:
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Bimbingan Dan Konseling di sekolah dasar
Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE.
PKKMB 2022
merasa sangat beruntung dan punya kebanggaan sendiri menjadi salah satu mahasiswa universitas negri gorontalo. pengalaman yang saya dapat ketika PKKMB 2022 adalah banyak mendapatkan pelajaran baru,teman baru dan berbagai informasi penting yang ada di universitas negri gorontalo. di PKKMB in, kita juga dapat mengubah karakter kita dari yang kekanak kanakan, menjadi lebih dewasa dan mandiri. banyak hal positif yang bisa diambil dari PKKMB 2022 in, dan mengingat kita juga merupakan mahasiswa ofline pertama setelah pandemi covid 19 jadi berbagai keseruan ada didalamnya. mulai dari suka,maupun duka.
saya sendiri mengambil jurusan PGDS dan di tingkat PKKMB jurusan adalah tingkat PKKMB yang sangat sulit dilewati tapi dibalik itu semua banyak terkandung makna dan manfaat di dalamnya. berubung saya merupakan calon seorang guru jadi di PKKMB kemarin saya mengambil sisi positif yang ada di dalamnya seperti bangun pagi untuk melatih kedisiplinan, dan berbagai atribut aneh yang digunakan untuk melatih kita memegang tanggung jawab besar. dari pelajaran itu saya termotivasi karena menjadi seorang guru itu harus mempunyai tanggung jawab besar dan menjadi contoh atau teladan bagi anan didiknya.