Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar
Sabtu, 8 april 2023
Nama : Raden Saleh
Kelas : 2B
Nim : 151422015
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Saya Raden Saleh mahasiswa fakultas ilmu pendidikan program study S1 pendidikan guru sekolah dasar di universitas negeri gorontalo. Akan berbagi pengalaman saya saat mengikuti seminar nasioal, dengan tema "Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar". Yang dilaksanakan sabtu, 8 april 2023 di aula PGSD.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah bimbingan dan konseling di sekolah dasar oleh ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan ibu Dr. Asni ilham, S.Pd, M.Si selaku dosen pengampuh mata kuliah bimbingan dan konseling di sekolah dasar dan sekaligus penanggung jawab kegiatan seminar nasional ini.
Kurikulum merdeka belajar merupakan bentuk evaluasi dari kurikulum 2013,kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.Kurikulum ini merupakan opsi bagi semua satuan pendidikan yang dalam proses pendataan agar memiliki kesiapan melaksanakan kurikulum merdeka belajar.Oleh karena itu,sekolah yang belum siap melaksanakan kurikulum merdeka masih dapat menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum darurat.Adapun konsep dari kurikulum merdeka belajar adalah :
1.Fokus pada materi esensial,sehingga ada waktu untuk pembelajaran mendalam untuk kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi
2.Fleksibilitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi berdasarkan kemampuan peserta didik
3.Pembelajaran yang berbasis proyek yang bertujuan mengembangkan soft skill serta karakter sesuai profil pelajar
Karena itu, kurikulum yang dirancang dengan baik akan mendorong dan memudahkan guru untuk mengajar dengan lebih baik. Dalam permendikbud Nomor 111 tahun 2014 dijelaskan bahwa bimbingan dan konseling sebagai upaya sistematis, objektif, logis dan berkelanjutan serta terperogram.
1. Membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda dan juga memilik kondisi yang tidak sama.
2. Membantu mengetahui dan mengembangkan kemampuan siswa.
3. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi siswa.
4. Memberikan motivasi belajar pada siswa.
5. Memberikan bantuan kepada guru selain Guru BK.
Tidak ada kriteria khusus bagi satuan pendidikan yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka. Kepala sekolah yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka akan diminta untuk mempelajari materi yang disiapkan oleh Kemendikbudristek tentang konsep Kurikulum Merdeka. Perubahan kerangka kurikulum tentu menuntut adaptasi oleh semua elemen sistem pendidikan. Proses tersebut membutuhkan pengelolaan yang cermat sehingga menghasilkan dampak yang kita inginkan, yaitu perbaikan kualitas pembelajaran dan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, opsi kurikulum ini adalah salah satu upaya manajemen perubahan.
Mengetahui Pengampuh Mata Kuliah
Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dasar
Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, MCE
mendapat pengalaman baru di pkkmb
lebih mengetahui lingkungan kampus dan mempunyai teman teman baru,mendapat materi yang menjadi motivasi bagi diri kt sendiri.supaya kt lebih percaya diri ketika di suruh tampil ke depan teman teman.dan akan mengetahui bakat kt di mana,di pkkmb juga di ajarkan tertip dengan waktu.