Peran Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar
Gorontalo,April 2023
Nama : Fitria Restika Moko
NIM : 151422018
Kelas : 2A
Sabtu,Tanggal 8 April 2023 diadakannya seminar dengan Tema "Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar" Tujuan di buatnya seminar ini adalah dengan memenuhi mata kuliah Bimbingan Konseling (BK) Yang di ampuh Oleh Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE selain itu untuk menambah wawasan bagi mahasiswa,dan membentuk karakter.seminar ini di laksakan oleh gabungan kelas A,B,C dan G,dan dilaksakan secara Ofline yang tempatnya di aula PGSD maupun online yaitu melalui Via Zoom, sehingga banyak peserta yang berkontribusi.serta seminar ini merupakan seminar terbuka untuk umum dan merupakan seminar nasional.
Ucapkan terima kasih kepada Dosen pengampu mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar yaitu Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan Ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, Ketua Jurusan PGSD FIP UNG Bapak Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd, MCE, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang diwakili oleh Wakil Dekan 3 Bapak Dr. Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd, dan para pemateri yang luar biasa, yaitu Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons yang merupakan dosen program studi BK di Universitas Negeri Gorontalo, dan Bapak Prof. Ifdil, S.Hi, S.Pd, M.Pd, P.hD, Kons yang merupakan narasumber dari Universitas Negeri Padang, serta seluruh panitia yang sudah berkontribusi dalam mengsukseskan kegiatan Seminar Nasional,kepada penanggung jawab, dan seluruh panitia dan peserta yang telah bergabung dalam kegiatan seminar nasional ini,berkat kerja sama kita semua, seminar nasional ini bisa berjalan dengan Baik,lancar dan sesuai harapan.
Saat seminar,materi pertama di bawakan oleh Prof. Ifdil, S.HI, S.Pd, M.Pd, Ph.D Kons, dengan tema "Strategi Bimbingan Konseling Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar". Dimana materi tersebut mencangkup beberapa hal yaitu:
- Bimbingan dan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada para individu atau klien secara berkesinambungan supaya bisa memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannya,menerima diri sendiri, mengembangkan diri secara maksimal, dan menyesuaikan diri secara positif yang diselenggarakan dengan berbagai format (Individu,Kelompok, klasikal),bentuk (Layanan,Kegiatan Pendukung,dan Lainnya), serta jenjang Sekolah (PUD, SD, SLTP, SLTA, PT) dan Luar Sekolah ( Masyarakat)
- Karakteristik Utama Kurikulum Merdeka Berfokus pada materi Esensial yaitu ; pembelajaran lebih mendalam, pengembangan literasi dan numerasi Profil pelajar Pancasila untuk pengembangan soft skill dan karakter siswa dan Flesibelitas dalam merancang pembelajaran.
- Karakteristik BK di SD lebih menekankan peran guru kelas dalam kegiatan bimbingan yang diintegrasikan dalam pembelajaran,dan Fokus layanan BK adalah pengembangan aspek-aspek perkembangan peserta didik sesuai dengan tugas,serta perkembangan Layanan BK tidak dapat dipisahkan dari peran sentral orangtua.
- Karakteristik peserta didik Sekolah Dasar yang perlu dipahami meliputi aspek-aspek Aspek Fisik Motorik,Aspek Kognitif,Aspek Sosial,Aspek Emosi,Aspek Moral, dan Aspek Religius.
- Menurut Seemiller & Grace (2015),bahwa rata-rata siswa Generasi Z memiliki Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dan akses 24/7 ke informasi apa pun,kemudian Filter perhatian 8 detik dan kebutuhan akan tanggapan segera. dan Kecenderungan untuk menjadi 'generalis' vs. 'spesialis'. serta Lebih suka membangun daripada diinstruksikan.
Materi kedua dibawakan oleh Bapak Dr. Ryan Hidayat Rifiola, M.Pd., Kons selaku dosen Bimbingan konseling Universitas Negeri Gorontalo,judul materinya yaitu “Implementasi guru SD pada Merdeka Belajar”,materi ini membahas beberapa Hal penting yang terdiri dari:
- Kurikulum merdeka belajar pendidik/guru BK memiliki peranan penting yaitu tidak hanya memberikan materi saja tetapi pendidikan karater juga sangat penting dan berguna bagi perilaku peserta didik
- Faktanya Ketertinggalan Pembelajaran (Learning Loss) ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik,dan Krisis belajar juga ditandai oleh ketimpangan kualitas belajar yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi,sehingga Diperlukan berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan system evaluasi, serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil.
- Peran Guru/BK yaitu Belajar menekankan pada pendekatan capaian kompetensi dan penguatan karakter peserta didik,bukan hanya itu Guru sekolah di era merdeka belajar mempunyai peranan-peranan sebagai agen perubahan, agen pencegahan, konselor/terapis, konsultan, koordinator, assessor dan pengembangan karir.serta Konselor- konselor di sekolah juga tetap bergerak sebagai guru pembimbing yang membantu dengan empat bidang layanan bimbingan dan konseling yaitu bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir.
Dan pemateri ketiga dibawakan oleh Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd., MCE sekaligus sebagai pemateri terakhir dalam seminar yang kami laksanakan.judul materi yang dibawakan oleh ibu yaitu “Peran guru SD sebagai pengajar dan pembimbing”.dalam materi ini ada beberapa hal penting yaitu:
- Pada perannya guru memiliki tujuh indikator dalam pembelajaran dikelas dimana guru berperan dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengajar,sebagai pendidik,pembimbing,pengarah,pelatih,penilai,dan terakhir guru berperan dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagal evaluator.
- Ada beberapa Kendala yang dialami guru kelas dalam penilaian autentik dimana terdiri dari Aspek guru yang tidak sesuai dengan kualifikasi,Sistem penilaian terlalu rumit,Waktu yang terbatas ,dan masih belum akurat karena guru memberikan penilaian hanya dari beberapa aspek saja sehingga Solusi yang dilakukan guru kelas dalam menghadapi kendala-kendala dalam penilaian autentik yaitu upaya dalam meningkatkan pengetahuan terkait sistem penilaian autentik, dimana guru dapat mengikuti berbagai kegiatan seperti mengikuti pelatihan, workshop, sosialisasi, seminar, lokakarya bahkan penelitian agar dapat mengembangkan kompetensi dasar yang diperlukan.selai itu Melakukan diseminasi dengan tenaga ahli.
Dari Materi Yang telah dibawakan oleh para pemateri yang sangat luar biasa saya dapat belajar banyak hal dan jadi tau banyak hal terutama kita sebagai calon guru dapat mengetahui strategi-strategi seperti apa yang akan di gunakan kepada peserta didik nantinya.selain itu dalam materi seminar ini kita sebagai calon guru dapat berperan sebagai pemberi layanan kepada peserta didik agar masing masing peserta didik dapat berkembang secara optimal sehingga menjadi pribadi yang utuh dan mandiri.
Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Mengetahui
Dosen Pengampu Mata kuliah
Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE