Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar
NAMA : Meylanda Dau
NIM : 151422023
KELAS : 2A PGSD
Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah bimbingan dan konseling kami mengadakan seminar nasional dengan tema "Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar" Seminar diadakan di aula PGSD Universitas Negeri Gorontalo, 08 April 2023. Kegiatan Seminar ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas dari ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan seminar nasional ini. Dengan materi pertama yaitu "Strategi Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar" yang di sampaikan oleh Bapak Prof. Ifdil, S.Hi., S.Pd., M.Pd., Ph.D., Kons yang di moderatori oleh saudari Sarah Bukar Ali, materi kedua yaitu "Implementasi Guru Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar" yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola, M.Pd., Kons selaku narasumber ke-2 yang di moderatori oleh saudari Mawar Maharani dan materi selanjutnya yaitu "Peran Guru SD Sebagai Pelajar dan Pembimbing" yang di sampaikan langsung oleh dosen pengampu mata kuliah Bimbingan dan Konseling Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE yang di moteratori oleh Saudari Rizkika Putri Huntoyungo.
Tujuan Kurikulum MerdekaMendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dari lingkungan.
Keunggulan Kurikulum Merdeka1. Lebih sederhana dan mendalam.2. Lebih merdeka3. Lebih relevan dan Interaktif
Peran guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.
Guru BK berperan sebagai konselor; mendampingi dan bersama dengan siswa dan orang tua siswa mencari solusi agar siswa dapat belajar dirumah tanpa ke sekolah dengan cara bekerja sama dengan orang tua/wali siswa,
Guru BK berperan sebagai agen pencegahan dan pengembangan karir, agar pembelajaran secara daringini tidak menimbulkan masalahdan menghambat proses belajar, kreativitas, perkembangan pendidikan siswa guru BKdapat memberikan layanan informasi tentang Merdeka Belajarkepada orang tua/wali dan siswa.
Beberapa Strategi yang Bisa Dilakukan:
1. Tahapan Internalisasi Program
2. Tahapan mengidentifikasi karakteristik lembaga pendidikan
3. Tahapan untuk mengenali topik terkait pengembangan diri
4. Tahapan mengenali karakter peserta didik
5. Tahapan membagikan praktik baik
6. Tahapan untuk menentukan aksi nyata
7. Tahapan melakukan refleksi
Peran guru SD sebagai pengajar dan pembimbing
1. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengajar
2. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pendidik
3. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pembimbing
4. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengarah
5. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pelatih 6. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai penilai 7. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai evaluator.
Mengetahui,Dosen pengampu mata kuliah"Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar"Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, MCE
PKKMB LUAR BIASA
Selama saya mengikuti pkkmb saya sangat senang karena bisa mengenal lebih jauh dunia kampus, saya juga bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah.