Nama  : Iramaya Kadir

Nim     : 151422024

Kelas   : 2A PGSD

 

Kegiatan Seminar Nasional, dengan tema "Peran Bimbingan dan Konseling di SD  melalui Program Merdeka Belajar", yang di laksanakan pada hari Sabtu, 08 April 2023 di aula PGSD. Kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di SD oleh Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan Ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di SD dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan seminar nasional ini.

  Kurikulum Merdeka dirancang sebagai  bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Tujuan kurikulum merdeka belajar ini untuk mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dari lingkungan.

Pada hakikatnya upaya guru dalam melakukan penilaian autentik pada pembelajaran tematik disekolah dasar sangatlah penting karena penilaian autentik bertujuan untuk mengetahui secara jelas kemampuan masing-masing peserta didik. yaitu peran guru tidak sekedar mengajar, mendidik, membimbing tetapi juga berperan dalam mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Peran guru memiliki tujuh indikator dalam pembelajaran dikelas, yaitu:

  1. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengajar Bersumber pada hasil penelitian melalat observasi dan wawancara, Artinya bahwa guru disetiap pembelajaran tidak mengintegrasikan antara pelajaran satu dengan pelajaran lainnya sehingga masih menerapkan pembelajaran secara parsial Padahal pembelajaran parsial bertolak belakang dengan pembelajaran tematik yang menekankan pada kesatuan tema.
  2. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pendidik Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pendidik yaitu guru memberikan bentuk pembiasaan-pembiasaan kepada peserta didik. Sehingga peserta didik tidak merasa terbebani.
  3. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pembimbing Guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik dalam perannya sebagai pembimbing yaitu dengan cara bekerjasama dengan kepala sekolah dan orang tua. Jika guru menemukan peserta didik yang mengalami persoalan baik dalam segi internal maupun eksternal sehingga pertu adanya campur tangan dari pihak lain.
  4. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengarah Peran gurudalam hal mengarahkan diantaranya yaitu ketika pesertadidik sedang melakukan praktikum membuat bangun ruang dari barang-barang bekas. memberikan arahan kepada peserta didik untuk memilih barang-barang bekas yang sesuai, mengukur dengan teliti agar membentuk bangun ruang yang diharapkan, bekerjasama dengan tim agar selesai tepat waktu dan lain-lain.
  5. Bersumber pada hasil penelitian melalui observasi dan wawancara, didapat hasil bahwa peran guru. dalam melatih peserta didik diantaranya: memberikan bentuk latihan soal-soal secara rutin, membaca puisi didepan kelas, bercerita tentang pengalamannya didepan kelas. menjadi tutor sebaya, menari dalam kegiatan kesenian dan lain-lain.
  6. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai penilal. beberapa tumpukan buku yang berada dibelakang kelas. Buku tersebut merupakan buku resume yang dimiliki setiap peserta didik. Biasanya buku tersebut digunakan diakhir pembelajaran dengan meresume materi yang telah diajarkan pada hari tersebut dimana bertujuan untuk mengukur seberapa jauh tingkat pencapaian peserta didik. Setelah itu, buku dikumpulkan dimeja guru.
  7. Peran guru kelas dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagal evaluator.Berperan sehagal evaluator memiliki tugas diantaranya yaitu setelah menilai hasilbelajar peserta didik kemudian guru menelaah kemball apa yang menjadi kesulitan peserta didik. Jika masih banyak peserta didik yang menemukan kesulitan, maka biasanya guru membagikan soal dalam bentuk remedial agar peserta didik dapat belajar kembali mengenal hal-hal yang belum dipahami.

Mengetahui

Dosen Pengampuh Mata Kuliah

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

 

Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE

Pengalaman selama PKKMB UNG 2022

20 August 2022 13:03:02 Dibaca : 20

Saat PKKMB saya mendapat materi yang bermanfaat  dari orang-orang yang hebat. Judul materinya yakni 1)Nilai-nilai belanegara yang dibahas yaitu kesadaran belanegara dalam konteks sistem keamanan dan pertahanan negara. 2)Penggunaan radikalisme, terorisme dan narkoba yang dibahas yaitu definisi dari radikalisme, terorisme, dan narkoba. 

Saat PKKMB tingkat fakultas  membahas tentang pengenalan lingkungan fakultas ilmu pendidikan dengan lulusan MBKM

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong