PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR
Nama : Windiyani Samawati
NIM : 151422033
Kelas : 2B PGSD
Gorontalo, Selasa 10 April 2023
Bimbingan dan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada para individu atau klien secara berkesinambungan supaya bisa memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannya, menerima diri sendiri, mengembangkan diri secara maksimal, dan menyesuaikan diri secara positif yang diselenggarakan dengan berbagai format, bentuk dan jenjang.
Jenjang pelayanan BK terdiri dari:
1. Sekolah (PUD, SD, SLTP, PT)
2. Luar Sekolah (Masyarakat)
Layanan Bimbingan dan konseling di SD megupayakan terwujudnya peserta didik/konseli yang memiliki
1. Psychological Wellbeing.
2. Profil Pelajar Pancasila dan,
3. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Karakter utama kurikulum merdeka yakni:
1. Berfokus pada materi esensial, pembelajaran lebih mendalam, pengembangan literasii dan numerasi.
2. Profil pelajar pancasila untuk pengembaangan soft skill dan karakter siswa.
3. Flesibelitas dalam merancang pembelajarab.
Karakteristik Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dasar:
1. BK di SD lebih menekankan peran guru kelas dalam kegiatan bimbingan yang di integrasikan dalam pembelajaran.
2. Fokus layanan BK adalah pengembangan aspek-aspek pengembangan peserta didik sesuai dengan tuugas pengembangannya.
3. Layanan BK tidak dapat di pisahkan dari peran sentral orang tua.
4. Rekayasa lingkungan sekolah dan proses pembelajaran yang dapat menstimulus peserta didik dalam mengembangkan diri.
5. Walaupun tanggung jawab BK ada di guru kelas, tetapi seluruh personel sekolah bertanggung jawab memberikan layanan sesuia kapasitas
6. dilakukan secara terpadu dan berintegrasi dengan proses pembelajaran
Karakteristik peserta didik Sekolah Dasar yang perlu di pahami meliputi aspek-aspek:
a. Aspek Fisik Motorik
b. Aspek Kognitif
c. Aspek Sosial
d. Aspek Emoso
e. Aspek Moral
f. Aspek Religius
Lingkup capaian layanan BK mencakup 10 aspek yaitu;
1. Memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengembangan kata hati, moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku
3. Membangun hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
4. Mengembangan keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap postif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir
10. Mencapai kematangan
Tugas Kepala Sekolah:
1. Mengkoordinasikan setiap kegiatan Pendidikan yang mencakup pengajaran, pelatihan, dan bimbingan konseling
2. Memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling
3. Menyediakan sarana, tanaga, dan fasilitas lainnya yang diperlukan
4. Melakukan supervisi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilian kegiatan layanan bimbingan konseling
5. Melakukan kerjasama dengan instansi lain yang terkait dengan kegiatan bimbingan konseling
Mengetahui
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan Konseling
Dra. Salma Halidu, S. Pd, M. Pd. M, CE