Nama: Mohamad Akbar Yani

Nim: 151422043

Kelas: 2C PGSD

 

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.

Ucapan terimakasih kepada para dosen pengampu mata kuliah ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE. dan ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si., seluruh panitia serta penanggung jawab, dan juga kepada peserta yang tergabung dalam seminar ini.

 

Tak lupa pula saya ucapkan kepada bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah di wakili langsung oleh bapak Dr. Rustam I Husain, S. Ag, M.Pd, Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd, Narasumber sekaligus pemateri Bapak Prof. Ifdil, S.Hi, S.Pd. M.Pd, Ph.D, Kons, Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons dan Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE.

 

Merdeka belajar merupakan kebijakan yang dirancang pemerintah untuk membuat lompatan besar dalam aspek kualitas Pendidikan yang kemerdekaan berpikir bagi siswa dan guru agar dapat berinovasi.

Secara filosofis, merdeka belajar memiliki landasan humanisme, konstruktivisme, progresivisme, dan filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

kurikulum merdeka belajar pendidik/guru BK memiliki peranan penting yaitu tidak hanya memberikan materi saja tetapi pendidikan karater juga sangat penting dan berguna bagi perilaku peserta didik. Belajar menekankan pada pendekatan capaian kompetensi dan penguatan karakter peserta didik .Guru sekolah di era merdeka belajar mempunyai peranan-peranan sebagai agen perubahan, agen pencegahan, konselor/terapis, konsultan, koordinator, assessor dan pengembangan karir.

Secara Khusus Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi pelayanan kepada peserta didik agar masing masing peserta didik dapat berkembang secara optimal sehingga menjadi pribadi yang utuh dan mandiri.Fungsi Bimbingan dan Konseling diantara nya adalah Fungsi Pemahaman, Pencegahan, Pengentasan, Pemeliharaan Pengembangan dan Fungsi Advokasi.

 

Kesimpulan:

Bimbingan dan konseling berguna untuk membantu peserta didik baik secara individu maupun kelompok mengenai permasalahan yang dihadapi agar terbentuk peserta didik yang mandiri dan bisa berkembang kearah yang lebih baik. Psikologis erat hubungan nya dengan pemahaman tingkah laku diri individu.Berdasarkan ruang lingkup terkait dengan bimbingan dan konseling bahwasanya yang berperan penting sebagai pusat informasi di lingkungan sekolah dengan mewujudkan sebagian besar kesejahteraan sekolah untuk menuju sekolah yang sejahtera dengan aktifnya semua layanan bimbingan konseling di lingkungan sekolah. Pada dasarnya bimbingan konseling disekolah harus menciptakan kondisi sekolah yang (having) idealnya sekolah yang sejahtera. Selain itu juga dapat meningkatkan hubungan sosial (loving) yang mengacu pada lingkungan sosial pembelajaran, hubungan antara siswa dengan guru, hubungan pertemanan di sekolah, dinamika kelompok, dan kerjasama antara sekolah dengan orangtua di rumah, sehingga semakin besar harapan untuk berkurangnya tindak bullying di sekolah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong