PERAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR
Gorontalo,11April 2023N
Nama: Zuriyati Yahya
Kelas: 2B
Nim: 151422051
Pelaksanaan kegiatan seminar Bimbingan Konseling yang di adakan langsung oleh mahasiswa PGSD semester 2 ini dapat berjalan dengan lancar dan sangat antusias di ikuti oleh hampir seratus peserta seminar.Walalupun pelaksanaan seminar ini terlaksana di bulan suci ramadhan,Namun antusias para narasumber,panitia,dan juga peserta tak menghalangi untuk menyukseskan kegiatan ini. Seminar Nasional Bimbingan Konseling ini bertemakan "Peran Bimbingan konseling di SD melalui program Merdeka Belajar" Dimana dalam kegiatan seminar nasional ini mampu menghadirkan seorang narasumber hebat sekaligus seorang konselor sehingga pemberian materi yang di sampaikan sangatlah mengacu dan terarah sesuai dengan tema kegiatan Seminar Nasional ini. Dalam kegiatan Seminar Nasional ini menghadirkan sebanyak tiga orang narasumber yang sangatlah hebat. Dimana narasumber pertama yaitu Prof.Ifdil.S.Hi,.S.Pd.M.Pd.Ph.D.Kons.narasumber yang kami hadirkan langsung dari kota Padang melalui via zoom.Narasumber kedua yaitu Dr.Ryan Hidayat Rafiola.M.Pd.Kons Dosen prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Gorontalo.Dan narasumber yang ketiga itu langsung dari dosen pengampu mata kuliah bimbingan konseling prodi PGSD Ibu Dra.Salma Halidu.S.Pd.M.Pd.MCE.Para narasumber yang hebat dan juga sudah berpengalaman banyak yang I.allah materi yang mereka sampaikan bisa sangat menambah wawasan,dan pemahaman kita. Untuk itu langsung saja saya akan masuk dalam pembahasan materi pertama yang dimana materi ini adalah point- point penting yang saya catat waktu pelaksanaan kegiatan seminar nasional tanggal 8 April 202.
"Strategi Bimbingan Konseling Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Merdeka Belajar"(Prof.Ifdil.S.Hi.S.Pd.M.Pd.Ph.D.Kons.)
Bimbingan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada para individu atau klien secara berkesinambungan supaya bisa memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannha.Menerima diri sendiri.mengembangkan diri sendiri secara manual.dan menyesuaikan diri secara positif yang di selenggarakan dengan berbagai format,bentuk dan jenjang. Didalam format pelayanan Bimbingan Konseling ini dibagi menjadi 3 yaitu:1.Individu2.kelomok3.KlasikalYang berjenjang sekolah (Paud,SD,SLTA,PT) dan luar sekolah (masyarakat) dalam bimbingan konseling di SD berupaya untuk mewujudkan peserta didik/konseling yang memiliki *Psychological wellbeing*Profil belajar Pancasila dan*Penguatan pendidikan karakter
Kurikulum merdeka??Karakteristik utama kurikulum merdeka yaitu1.Berfokus pada materi esensial, pembelajaran lebih mendalam,pengembangan literasi dan numerasi2.Profil belajar Pancasila untuk pengembangan karakter siswa.3.Hesebilitas dalam merancang pembelajaran.Karakteristik peserta didik sekolah dasar yang perlu dipahami meliputi aspek-aspek:1.Aspek religius2.Aspek motorik3.Aspek kognitif4.Aspek sosial5.Aspek emosi6.Aspek moral.
*The Sosial Gen*1.The babyboim generation 1946-19642.Generation X Born 1965-1976 3.The Next Or Y Generation Born 1977-19974.Generation Next Or 2 Born After 1998-20005.Digital Native Born After 2001-present.
Menurut seemiller Aan Grace (2015) rata-rata siswa gen z memiliki 1.Ketergabtungan yang berlebihan pada teknologi dan akses infoormasi 24/7 ke informasi apapun2.Kecenderungan untuk menjadi generalis vs spesialis3.Lebih suka membangun dari pada di instruksikan
Bagaimana cara merancang pembelajaran dan pelayanan BK terintegrasi yang bermakna?#Maninhfull learning•Buat konten semenarik mungkin•Gunakan pendekatan student-centered•Mempromosikan self-knowledge•Bawa dunia nyata ke kelas anda.
(Itulah materi pertama yang dapat saya catat dan share kepada teman-teman sekalian)Selanjutnya materi kedua yaitu:
"Implementasi Guru SD Pada Kurikulum Merdeka"(Dr.Ryan Hidayat Rafiola M.Pd.Kons)
Kurikulum merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbud ristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi.dan menjadi semakin parah karena pandemic.Tujuan kurikulum merdeka mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka dimana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan,sikap,dan keterampilan dari lingkungan.Keunggulan kurikulum merdeka.1.Lebih sederhana dan mendalam2.Lebih merdeka3.Lebih relevan dan interaktif
Tantangan dalam melakukan pembelajaran1.Sumber belajar untuk siswa kurang mendukung2.Kurangnya inovasi pembelajaran sehingga siswa mudah bosan3.Kemajuan teknologi dan fasilitas sekolah yang kurang mendukung.
Itulah rangkaian catatan materi yang dapat saya share apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.
PKKMB sebagai sarana awal menjadi mahasiswa ung
Kesan dan pesan saya selama pkkmb yaitu saya merasa sangat bahagia,senang bisa bertemu teman'' baruu.saya jugaa bisaa mendapat pengalaman yg baru mendapat banyak ilmu baru mendapatkan banyak motivasi bruu dari bapak' atau kaka' pemateri yang hebat'.