NAMA : Fatma Rahman 

KELAS : 2D

NIM : 151422078

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Perkenalkan saya Fatma Rahman , mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Angkatan 2022. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar oleh Ibu, Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE dan juga Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si. Saya ingin berbagi cerita terkait pengalaman mengikuti kegiatan "Visiting Lecture" pada hari Sabtu, 13 Mei 2023, yang bertempat di gedung jurusan aula PGSD. Saya merasa gembira karena dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan dipercayakan sebagai panitia acara untuk mempersiapkan kegiatan mulai dari perencanaan hingga kegiatan itu berakhir. Kegiatan visiting lecture ini bertujuan sebagai sumber yang dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar. 

Dalam kegiatan seminar ini dihadiri dan diikuti oleh beberapa mahasiswa/i Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan teman-teman peserta yang ikut bergabung melalui via zoom. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dr. Candra Cuga S.Pd., M.Pd, MCE. dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto S.Pd., M.Pd. Pada kegiatan visiting lecture ini, kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa, narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan konseling Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) selaku pemateri pertama, Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersami kita dalam kegiatan Visiting Lecture karena mebgikuti kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya, dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd. MCE Selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar.

Kegiatan visiting lecture yang bertema "Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Pelajar". Dengan materi pertama yaitu " permasalahan anak jaman now " yang di sampaikan oleh Bapak Dr.Aam imaduddin M.Pd. (dosen prodi bk universitas tasikmalaya) yang di moderatori oleh saudari maryam ahmad. materi kedua yaitu "Peran Guru SD Sebagai Pelajar dan Pembimbing" yang di sampaikan langsung oleh dosen pengampu mata kuliah Bimbingan dan Konseling ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE yang di moteratori oleh lili suarni.

Pendidik atau guru pembimbing dan konseling merupakan seorang konselor yang membantu siswa dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapinya. Kompetensi yang harus dimiliki seorang konselor dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di SD adalah menguasai konsep dan praksis pendidikan, memiliki kesadaran dan komitmen etika profesional, menguasai konsep perilaku dan perkembangan individu, menguasai konsep dan praksis asesmen, konsep dasar bimbingan dan konseling serta praksis bimbingan konseling di SD, memiliki kemampuan mengelola program bimbingan konseling, konsep dan praksis riset dalam bimbingan konseling dan memiliki kemampuan berhubungan antarpribadi secara efektif. 

Materi kedua dibawakan oleh Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd. MCE yang membahas tentang Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling. Kepercayaan diri berkaitan dengan bagaimana seseorang menilai dan percaya pada dirinya sendiri serta kemampuan dan keahlian yang dimilikinya dalam menghadapi berbagai situasi dan tugas dalam hidupnya. Kepercayaan diri terdiri dari kepercayaan diri akademik, kepercayaan diri sosial, kepercayaan diri fisik, kepercayaan diri dalam berbicara, dan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan. Dalam satu kelas kadang ada siswa yang tidak memiliki kepercayan diri, hal tersebut bisa karena ia sulit mengekspresikan diri, sulit bergaul, menunjukan perilaku penarikan diri, mudah tersinggung, tidak berani mengambil resiko, mengalami kecemasan dan stres serta performa akademik yang rendah.

Sehingganya upaya yang dapat kita lakukan sebagai calon guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalu bimbingan dan konseling yaitu dengan menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif dan positif. Mendorong adanya kerjasama yang baik, menghargai perbedaan, dan menghormati pandangan siswa serta dapat membantu mereka merasa diterima dan didukung. Guru dapat memberikan umpan balik yang spesifik, jujur, dan konstruktif kepada siswa. Fokus pada upaya dan kemajuan mereka bukan hanya hasil akhir. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelas dan mengambil inisiatif dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Guru dapat memberikan bimbingan dan dukungan akademik kepada siswa yang membutuhkannya. Guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif yang memperhatikan kebutuhan siswa dengan beragam gaya belajar, tingkat kemampuan, dan minat. Guru juga dapat membangun hubungan yang positif dengan siswa.

Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan kata. Serta saya ucapkan terima kasih pada pihak-pihak terkait yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan visiting lecture sehingganya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

 

 

 

Untuk Mengetahui:

Dosen pengampuh mata kuliah

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., M.CE

Kategori

  • Masih Kosong

Arsip

Blogroll

  • Masih Kosong