Nama: Moh.Rizky Radjiku

Nim: 1514220088

Kelas: 2C PGSD

 

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.

Ucapan terimakasih kepada para dosen pengampu mata kuliah ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE. dan ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si., seluruh panitia serta penanggung jawab, dan juga kepada peserta yang tergabung dalam seminar ini.

Tak lupa pula saya ucapkan kepada bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah di wakili langsung oleh bapak Dr. Rustam I Husain, S. Ag, M.Pd, Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd, Narasumber sekaligus pemateri Bapak Prof. Ifdil, S.Hi, S.Pd. M.Pd, Ph.D, Kons, Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons dan Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE.

Materi Pertama "Strategi Bimbingan Konseling Dalam Membangun Karakter Peserta Didik di SD Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar".Yang di bawakan oleh Prof. India, S. Hi., S. Pd., M. Pd., Ph.D., Kons Selalu dosen Prodi BK di Universitas Negeri Padang

Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.

Materi ke 2 "Implementasi Guru SD Pada Kurikulum Merdeka Belajar" Yang di bawakan oleh Dr. Ryan Hidayat Rafiola, M.Pd., Kons selaku dosen Prodi BK di Universitas Negeri Gorontalo

Intinya dari matei yang sudah disampaikan oleh pemateri-pemateri hebat kita yaitu Kurikulum Merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Tujuan kurikulum merdeka belajar yaitu mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dari lingkungan. Peran guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Kesimpulan:Bimbingan dan konseling berguna untuk membantu peserta didik baik secara individu maupun kelompok mengenai permasalahan yang dihadapi agar terbentuk peserta didik yang mandiri dan bisa berkembang kearah yang lebih baik. Psikologis erat hubungan nya dengan pemahaman tingkah laku diri individu.Berdasarkan ruang lingkup terkait dengan bimbingan dan konseling bahwasanya yang berperan penting sebagai pusat informasi di lingkungan sekolah dengan mewujudkan sebagian besar kesejahteraan sekolah untuk menuju sekolah yang sejahtera dengan aktifnya semua layanan bimbingan konseling di lingkungan sekolah. Pada dasarnya bimbingan konseling disekolah harus menciptakan kondisi sekolah yang (having) idealnya sekolah yang sejahtera. Selain itu juga dapat meningkatkan hubungan sosial (loving) yang mengacu pada lingkungan sosial pembelajaran, hubungan antara siswa dengan guru, hubungan pertemanan di sekolah, dinamika kelompok, dan kerjasama antara sekolah dengan orangtua di rumah, sehingga semakin besar harapan untuk berkurangnya tindak bullying di sekolah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong