PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR
PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR
NAMA : Sri Fadilawati Rahim
NIM : 151422113
KELAS : 2E
Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh.....
Saya Sri Fadilawati Rahim,Merupakan mahasiswi aktif dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2022 Universitas Negeri Gorontalo.Akan sedikit berbagi pengalaman saya mengikuti “Visiting Lecture” Pada Sabtu 13 Mei 2023 bertempat digedung jurusan aula PGSD.Kegiatan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling diSekolah Dasar oleh ibu,Dra.Salma Halidu,S.Pd, M.Pd, MCE dan juga ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M,Si Selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan Visiting Lecture ini.
Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiwa/mahasiswi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya,dihadiri oleh Bapak Candra Cuga S.Pd, M.Pd, MCE,dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Arwidayanto S.Pd, M.Pd. Dengan Materi Pertama yaitu “ Permasalahan anak jaman now” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd.(Dosen Prodi BK Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) yang dimoderatori oleh saudari Maryam Ahmad. Materi kedua yaitu “ Peran Guru SD sebagai Pelajar dan Pembimbing” yang disampaikan oleh dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di SD Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, MCE yang dimoderatori oleh Lili Suarni.
Narasumber Pertama yang disampaikan oleh Bapak Dr. Aam Imaduddin M.Pd dengan Tema “Paradigma Baru layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar”.Beliau menyapaikan bahwa tujuan dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar adalah untuk membantu peserta didik agar memiliki kopetensi menggambarkan potensi dirinya seoptimal mungkin atau mewujutkan nilai-nilai yang tegantung dalam tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai sebaik mungkin.Kemudian narasumber menyampaikan bahwa layanan bimbingan dan konseling disekolah dasar yang pertama yaitu memiliki suasana yang baik dalam berinteraksi dengan tema sebaya,guru,orang tua dan lainnya.Bimbingan dan Konseling bukan hanya berfokus kepada penguasaan materi pelajaran,tetapi juga permasalahan psikologis peserta didik seperti salah satu kasus yang terjadi yaitu perundungan, kesadaran fungsi Pendidikan di sekolah dasar dalam konteks “ Membimbing”guru yang berkopetensi harus lebih mengoptimalkan dan lebih memfokuskan pada konteks pembelajaran.
Narasumber Ketiga Membahas Tentang “Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Melalui Bimbingan dan Konseling” Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan dan nilai dirinya.Kondisi Siswa SD yang tidak memiliki kepercayaan diri seperti sulit Mengekspresikan diri, Sulit brgaul, Mudah Tersinggung, dan tidak berani megambil resiko.Jadi, Upaya yang dapat kita lakukan sebagai calon guru dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui Bimbingan Dan Konseling yaitu Guru dapat Menciptakan lingkungan kelas yang aman,dan Positif.Guru dapat membangun hubungan yang positif dengan peserta didik,Menunjukkan minat pada kehidupan dan perkembangan mereka.
Demikian Pengalaman yang dapat saya ceritakan,Mohon maap apa bila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini.Semoga Materi yang telah di sampaikan oleh Kedua Narasumber dapat bermanfaat untuk kita sebagai calon Guru di masa yang akan datang.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sri Fadilawati Rahim
Mengetahui:
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di SD
Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE