PARADIGMA BARU LAYANANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR
PARADIGMA BARU LAYANANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR
Nama : Ainurrahma Amalia Putri Sidiki
Nim : 151422116
Kelas : 2E
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya Ainurrahma Amalia Putri Sidiki, Mahasiswa aktif dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo angkatan 2022. Saya akan memberikan sedikit cerita terkait pengalaman saya mengikuti kegiatan "Visiting Lecture" yang bertema "Paradigma Baru Layanan Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Karakter Pelajar". Saya juga merupakan penanggung jawab yang terlibat langsung dalam kegiatan Visiting Lecture ini, saya dipercayakan menjadi PJ Zoom dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 13 mei 2023 bertempat di Gedung Jurusan Aula PGSD. Kegiatan Visiting Lecture ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Oleh ibu Dra.Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan juga ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Selaku dosen Pengampuh mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab dari kegiatan Visiting Lecture ini.
Dalam kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo, mahasiswa/mahasiswi Muhammadiyah Tasikmalaya, dihadiri oleh Bapak ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd, MCE, dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Arwildayanto S.Pd, M.Pd. Pada kegiatan ini kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa yaitu Narasumber pertama ada Bapak Dr. Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen Prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya). Beliau memberikan materi berjudul “Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar”. Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kos (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersamai dalam kegiatan Visiting Lecture. Dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE (Dosen pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar).
Narasumber pertama membahas tentang tujuan dari Layanan dan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Tujuan bimbingan dan konseling adalah untuk membantu para peserta didik dalam mencapai tugas perkembangannya dengan optimal sebagai pribadi, dan sosial. Membantu dalam perencanaan perkembangan karir, penyelesaian studi serta jenjang pendidikan selanjutnya. Membantu peserta didik agar bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan sosial mereka (di sekolah atau di lingkungan masyarakat). Mengetahui dan membantu menyelesaikan hambatan yang peserta didik hadapi baik dalam belajar, menyesuaikan diri dengan sekitar atau dengan keluarga. Membantu dalam mengembangkan minat, bakat dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik secara maksimal. Membantu peserta didik dalam mengembangkan kesadaran diri akan kemampuan, potensi, keunikan dan citra diri. Agar peserta didik mampu dalam mengembangkan kemampuan untuk belajar dengan baik. Mampu menumbuhkan sikap positif terhadap diri serta orang-orang dan lingkungan sekitar mereka. Bimbingan konseling di SD diperlukan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensinya. Selain itu guru bimbingan dan konseling juga akan membantu guru kelas dalam memberikan bimbingan dan pelayanan bagi siswa sekolah dasar agar layanan bimbingan dan konseling lebih maksimal lagi.
Selanjutnya, Narasumber ketiga membahas tentang “Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Melalui Bimbingan dan Konseling”. Seseorang yang percaya diri dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan tahapan perkembangan dengan baik, merasa berharga, dan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan prestasinya, mempertimbangkan berbagai pilihan, serta membuat keputusan sendiri merupakan perilaku yang mencerminkan percaya diri. Rasa percaya diri dapat ditanamkan melalui proses belajar dan pembelajaran sehari-hari serta menumbuhkan pembiasaan sikap berani dalam bersosialisasi baik didalam kelas maupun luar kelas atau dilingkungan sekolah, maka dari itu percaya diri merupakan sifat pribadi yang harus ada pada peserta didik.
Maka dari itu, Guru bimbingan dan konseling memiliki tugas yang sangat penting dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan layanan bimbingan dan konseling yaitu menggunakan layanan konseling individu yang diyakini dapat menyelesaikan permasalahan dari siswa untuk mengatasi permasalahan kurang percaya diri.Karena melalui layanan konseling individu, peserta didik dapat memahami kondisi dirinya sendiri, permasalahan yang dialaminya, kelebihan dan kelemahan dirinya sehingga ia mampu mengatasinya. Dengan terentaskannya masalah siswa (klien) maka ia akan lebih mandiri dan mampu mengendalikan diri, sehingga ia memiliki kepercayaan diri yang baik di dalam diri siswa agar dapat membantu mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik lagi.
Demikian pengalaman yang dapat saya ceritakan, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel in. Ucapan terima kasih yang sebesar besarnya saya ucapkan kepada pihak-pihak yang turut serta membantu menyukseskan kegiatan Visiting Lecture ini. Semoga materi yang telah di sampaikan narasumber dapat bermanfaat untuk kita sebagai calon Guru di masa yang akan datang. Amiin Ya Robbal’Alaamin.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ainurrahma Amalia Putri Sidiki
Mengetahui :
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di SD
Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE