NAMA             : ABDUL RIALDI AHMAD

NIM                 : 151422144

KELAS             : 2F

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh...

Saya abdul rialdi ahmad, Merupakan salah satu mahasiswa aktif di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2022 Universitas Negri Gorontalo, saya akan sedikit berbagi pengalaman saya mengikuti kegiatan Visiting lecture sabtu kemarin tepatnya pada tanggal 13 Mei 2023, yang bertempat di aula Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Saya senang rasanya ikut bergabung menjadi panitia dalam kegiatan tersebut, yang dimana saya dipercayakan menjadi humas dalam kegiatan kemarin. Kegiatan Visiting Lecture ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah dasar oleh dosen pengampuh Ibu, Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, M.CE dan ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab dalam kegiatan Visiting Lecture ini.

Kegiatan Visiting Lecture ini dihadiri langsung oleh ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu Bapak Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd, M.CE, dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Arwildayanto S.Pd, M.Pd, dan juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa/mahasiswi Universitas Negri Gorontalo, mahasiswa/mahasiswi Muhammadiyah Tasikmalaya, dan juga mahasiswa/mahasiswi dari beberapa kampus di Gorontalo. Dalam kegiatan ini kami mengundang beberapa narasumber yang sangat luar biasa, yaitu narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan konseling Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) selaku pemateri pertama, Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi beliau tidak sempat hadir dalam kegiatan Visiting Lecture karena ada hal yang tidak kalah pentingnya, dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, M.CE (Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di SD).

Narasumber pertama yaitu Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd membahas tentang “Tujuan dari layanan BK Disekolah Dasar”. Tujuan dari layanan Bimbingan dan Konseling  di sekolah dasar adalah untuk mendukung perkembangan dan kesejahteraan siswa dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Beberapa tujuan layanan bimbingan konseling di SD secara spesifik yang di sampaikan oleh narasumber yaitu, memiliki perasaan positif dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan teman sebaya, guru, orang tua, dan orang dewasa lainnya. Memperoleh makna personal dari aktivitas belajar mereka, mengembangkan dan memelihara pemahaman diri yang positif, nilai individualitas, dan dapat memahami serta menghubungkan perasaan-perasaannya, sadar akan pentingnya nilai diri sendiri, dan mengembangkan nilai-nilai secara konsisten sebagai dasar hidup pada masyarakat pluralistik, mengembangkan dan mempertinggi keterampilan akademik sampai batas maksimum kemampuan mereka. Belajar keterampilan menilai sehingga mereka mampu memecahkan dengan tepat tentang sesuatu secara normal dan mampu memecahkan masalah yang di hadapinya.

Selanjutnya materi  membahasa tentang “meningkatkan kepercayaan diri siswa SD melalui Bimbingan Dan Konseling”. Yang di sampaikan oleh narasumber selanjutnya yaitu ibu Dra. Salma halidu, S.Pd, MCE, menyampaikan bahwa kepercayaan diri adalah bagaimana siswa itu mampu untuk percaya pada dirinya sendiri. Adapun sebagian siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri atau kurang percaya diri, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya dukungan dari orangtua dan orang sekitar, dihakimi oleh lingkungan sosial, lingkungan sekolah yang tidak kondusif, mengalami peristiwa buruk di masa lalu, memiliki masalah emosional dan psikologis serta tipe kepribadian.

Saya sebagai salah satu panitia dalam kegiatan visiting lecture kali ini, sangat berterima kasih kepada banyak pihak terutama ibu/bapak dosen yang terlibat dalam kegiatan, kakak tingkat yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini, serta teman-teman kepanitiaan yang telah membersamai kegiatan visiting lecture ini sampai dengan selesai. saya berharap, semoga apa yang disampaikan oleh para narasumber-narasumber kita pada kegiatan kali ini dapat kita realisasikan dengan baik nantinya.

Sekian pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan visiting lecture

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Dosen pengampuh mata kuliah bimbingan dan koseling di sekolah dasar

Dra. Salma halidu S.Pd,M.Pd,MCE

Kategori

  • Masih Kosong

Arsip

Blogroll

  • Masih Kosong