PERAN BIMBINGAN KONSELING DI SD MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR
Gorontalo, 09 april 2023
Nama : Mahdania D.S
NIM : 151422154
Kelas : 2G
Mata Kuliah : Bimbingan Dan Konseling
Dosen Pengampuh : Dra. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd.,MCE
Assalamualaikum Wr. Wb
Saya Mahdania dari jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. disini saya akan berbagi pengalaman saya selama seminar nasional yang di adakan kemarin pada tanggal 8/04/2023 yang bertempat di aula gedung jurusan PGSD. kegiatan seminar ini di lakukan dalam mata kuliah bimbingan dan konseling yang di mana kita ketahui dosen pengampuhnya yaitu Dra. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd.,MCE. tujuan dari seminar ini untuk memenuhi tugas dari mata kuliah bimbingan dan konseling dan juga untuk menambah wawasan kita yang di mana kita ketahui setelah dari seminar tersebut kami mendapatkan tugas yang di mana tugas tersebut yaitu turun lapangan ke sekolah-sekolah.
Dalam kegiatan seminar nasional ini terdapat 3 pemateri yang luar biasa yang di mana pemateri pertama yaitu Bapak prof. Ifdil,S.Hi.,S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.,Kons dengan judul materi "Strategi Bimbingan konseling dalam membangun karakter peserta didik di sekolah dasar melalui implementasi kurikulum merdeka belajar" dari materi yang di bawakan bapak ifdil, saya mendapat banyak materi yang di mana pengertian bimbingan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada para individu atau klien secara berkesinambungan supaya bisa memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannya, menerima diri sendiri, mengembangkan diri secara maksmal, dan menyesuaikan diri secara positif yang di selenggarakan dengan berbagai format, bentuk dan jenjang. dan ada juga tujuan dari guru bimbingan dan konseling di SD yaitu mengupayakan mewujudkan peserta didik/konseli yang memiliki psychological wellbeing, profil pelajar pancasila dan penguatan pendidikan karakter (PPK).
kalian harus tahu Karakteristik utama kurikulum merdeka yaitu:
1. Berfokus pada esensial; pembelajaran mendalam, pengembangan literasi.
2. Profil pelajar pancasila untuk pengembangan skill dan karakter siswa.
3. Fleksibilitas dalam merancang pembelajaran.
Dan ada juga karakteristik bimbingan dan konseling di sekolah dasar yaitu :
1). Bimbingan dan konseling di sekolah dasar lebih menekankan peran guru kelas dalam bimbingan yang diintegrasikan dalam pembelajaran.
2). fokus layanan bimbingan dan konseling adalah pengembangan aspek-aspek perkembangan peserta didik sesuai dengan tugas perkembangannya.
3). layanan bimbingan dan konseling tidak dapat di pisahkan dari peran sentral orang tuanya.
ada pula ruang lingkup capaian layanan bimbingan dan konseling yaitu :
a. memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa.
b. mengembangkan kata hati, moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku.
c. membangun hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan.
d. mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
e. menetapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat di lakukan dalam kehidupan sosial yang lebih luas.
itulah materi" yang dapat saya simpulkan dari pemateri pertama kelihatannya sedikit tetapi menurut saya itu sangatlah berarti buat saya.
Pemateri kedua yaitu bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola,M.Pd.,Kons dengan judul materi "Implementasi guru sekolah dasar pada kurikulum merdeka belajar" dari materi yang kedua ini saya mendapatkan lagi materi yang di mana peran guru bimbingan dan konseling berupa :
- Belajar menekankan pada pendekatan capaian kompetensi dan pengeuatan karakter peserta didik.
- Guru sekolah di era merdeka belajar mempunyai peranan-peranan sebagai agen perubahan, agen pencegahan, konselorterapis, konsultan, koordinator, assessor dan pengembangan karir.
- Konselor sekolah juga tetap bergerak sebagai guru pembimbing yang membantu dengan empat bidang layanan bimbingan dan konseling yaitu bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir.
dan perilaku yang merusak kepribadian anak yaitu berupa pembiaran, penghinaan, penganiayaan, pemaksaan dan pemberian contoh buruk. dari kelima perilaku tersebut dapat merusak kepribadian anak-anak yang di mana kita ketahui anak sekolah dasar itu masih belum terlalu memahami perilaku-perilaku yang di luar sekolah jadi kalaupun perilaku dari kelima tersebut terjadi kepada anak-anak sekolah dasar itu pasti di lakukan oleh orang tuanya ataupun orang yang akrab dengannya karena sanak-anak sekolah dasar itu lebih mendominasi mengikuti.
Pemateri ketiga yaitu ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd.,MCE dengan judul materi "Peran guru sekolah dasar sebagai pengajar dan pembimbing" dari materi yang terakhir ini saya mendapatkan materi hakekatnya upaya guru dalam melakukan penilaian autentik pada pembelajaran tematik disekolah dasar sangatlah penting karena penilaian autentik bertujuan untuk mengetahui secara jelas kemampuan masing-masing peserta didik. yaitu peran guru tidak sekedar mengajar, mendidik, membimbing tetapi juga berperan dalam mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi hasil belajar peserta didik. ada pula kendala yang di alami guru kelas dalam penilaian autentik yaitu :
1. Aspek guru yang tidak sesuai dengan kulifikasi.
2. Sistem penilaian terlalu rumit
3. Waktu yang terbatas dan
4. Masih belum akurat karena guru memberikan penilaian hanya dari beberapa aspek saja.
Dan itulah materi yang dapat saya bagikan kepada kalian samua yang saya dapatkan kemarin pada seminar nasional yang berjudul "Peran bimbingan dan konseling di sekolah dasar melalui program merdeka belajar" kita semua bisa mengetahui bagaimana perjalannnya seorang guru yang mendidik anak-anaknya yang di mana guru kelas bisa juga menjadi guru bimbingan dan konseling dan juga bisa mengetahui yang di mana kendala-kendala di saat pengisian rapor atau kendala di saat kaget-kagetnya ada pemeriksaan dari dinas. dari materi yang saya bagikan itu merukan pembelajaran buat saya juga dan buat kalian semua.
" SEMOGA BERMANFAAT "
PENGALAMAN SAYA SELAMA PKKMB
pengalaman saya ketika ikut pkkmb yaitu saya merasa sangat senang tetapi sesungguhnya kaget krena baru merasakan itu smua dalam hidup saya, saya bisa mengenal smua orang yng berbeda tempat tinggal, beda suku, beda agama tetapi kita di ajarkn di pkkmb itu satu. dan saya sangat mnyukai pkkmb di fakultas dan jurusan itu sangat menyukai krena kami bisa sangat dekat dengan kaka senior dan dan juga saat di pkkmb selama 6 hari itu sangat banyak materi yang di dapat dan juga pkkmb jurusan dan fakultas juga di uji kedisplinan waktu di ajarkan kita untuk ttp kuat dan brbagi satu sama lain. mungkin mmng sangat lelah krena dri jam 7 smpe jam 5 cmn dri satu hari itu adalah satu hari yng sangat luar biasa untuk saya yng baru mengenal khidupan kampus. mungkin banyak yang mengira pkkmb itu tingkat fakultas dan jurusan itu yng sangat di tkutkan krena bertemu kaka senior ygn ganas dll, cmn trnyata yang sya dapat tdk seperti itu pkkmb di fakultas dan jurusan itu sangat senang skali dan sya suka terima kasih kaka - kaka senior atas ajaran yang kalian berikan kepada kami