PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR
Nama : Laila Tri Riana
Nim : 151422157
Kelas : 2G
Senin, 10 April 2023
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Saya Laila Tri Riana, Mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan, program studi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar karena telah menyelenggarakan kegiatan seminar sebagai tugas dari mata kuliah bimbingan dan konseling yang dilaksanakan pada hari sabtu, 8 April 2023 dengan tema "Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar". Kemudian ucapan terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Prof. Ifdil, S.Hi., S.Pd., M.Pd., Ph.D., Kons selaku narasumber ke-1 kemudian Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola, M.Pd., kons selaku narasumber pemateri ke-2 dan Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE selaku narasumber pemateri ke-3. kemudian ucapan terima kasih kepada panitia yang telah bergabung dalam penyelenggaraan kegiatan seminar, dan pihak-pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan seminar tesebut.
Guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan dalam program merdeka belajar merupakan sebuah tantangan. kondisi ini memaksa guru atau sekolah harus mencari solusi agar dapat memberikan pelayanan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tetap optimal. Guru bimbingan dan konseling bertujuan agar peserta didik dapat menemukan dirinya dan memahami dirinya .
Merdeka Belajar Sistem pendidikan dengan konsep merdeka belajar yang dirancang oleh Mendikbud (Nadiem Makarim) mengambil pemikiran yang dikembangkan oleh John Dewey yang berlandaskan bahwa manusia harus mengikuti perkembangan zaman, oleh sebab itu pendidikanpun harus menyesuaikan juga dengan kondisi zaman yang terus berkembang. Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling memiliki peran sebagai pemberi pelayanan kepada peserta didik agar masing masing peserta didik dapat berkembang secara optimal sehingga menjadi pribadi yang utuh dan mandiri. kemudian peran dari bimbingan konseling adalah sebagai agen perubahan, sebagai agen pencegahan sebagai pengembangan karir, sebagai konselor, sebagai konsultan, sebagai koordinator, sebagai asesor. Fungsi Bimbingan dan Konseling diantara nya adalah Fungsi Pemahaman, Pencegahan, Pengentasan, Pemeliharaan Pengembangan dan Fungsi Advokasi.
Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengembangan karakter peserta didik. peran bimbingan dan konseling bukan hanya berfokus pada siswa yang bermasalah saja tetapi peran dari pada bimbingan konseling lebih kepada pemberian bimbingan atau sebuah pencegahan yang diberikan kepada siswa agar dapat mengetahui mengenai hal-hal tertentu yang berkaitan dengan mata pelajaran ataupun tindakan-tindakan untuk mencegah perilaku-perilaku yang tidak baik.
Peran bimbingan dan konseling sendiri sangat penting dalam pengembangan karakter peserta didik dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan terkait pengembangan diri siswa mulai dari pengembangan mengenai karakter toleransi, jujur, disiplin, kerja keras, kemudian kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. ketika siswa sudah dibekali informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan karakter-karakter tersebut maka siswa secara tidak langsung akan memperoleh pengembangan diri terkait karakter-karakter yang baik. Namun bimbingan dan konseling sendiri dalam melaksanakan perannya harus mampu melibatkan pihak-pihak yang ada di sekolah mulai dari guru, siswa, kepala sekolah dan peran penting dari pihak orang tua.
peran-peran dan fungsi tersebut dapat dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mensukseskan kegiatan dalam program merdeka belajar. pertama, akan muncul berbagai masalah , diantara masalah tersebut yang dapat dibantu oleh guru bimbingan dan konseling adalah ada siswa yang tidak terakomodasi oleh sistem zonasi siswa tidak diterima di sekolah manapun dikarenakan lokasi tempat tinggalnya jauh dari sekolah. Pada kasus semacam ini, guru BK dapat berperan sebagai terapiutik atau konselor yang memberi pendampingan dan bersama dengan siswa dan orang tua siswa mencari solusi agar siswa dapat tetap mendapat sekolah.
Pesan moral yang dapat saya ambil dari seminar ini yaitu program merdeka belajar terwujud pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling. bimbingan dan konseling memiliki peran yang sangat besar dalam program kebijakan merdeka belajar.
Mengetahui:
Dosen Pengampuh
Bimbingan Dan Konseling
di Sekolah Dasar
Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE
PENGALAMAN SAYA SAAT MENGIKUTI PKKMB
Pengalaman saya saat mengikuti PKKMB tingkat Unifersitas,Fakultas,dan jurusan yaitu saya memperoleh teman-teman baru yang yang mengajarkan saya bahwa perbedaan itu indah, kemudia saya memperoleh pengetahuan tentang proses pembelaran merdeka belajar, mulai dari pengertiannya kemudian proses pembelajarannya dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, dalam proses PKKMB kita dilatih untuk percaya diri sehingga tidak gugup dalam menyampaikan suatu opini dan lebih berani untuk berbicara di depan umum.