Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Pelajar
Nama : Shafira Khairunissa Podungge
NIM : 151422164
Kelas : 2G
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...
Saya shafira pondungge, merupakan mahasiswi aktif dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2022 Universitas Negeri Gorontalo, akan sedikit berbagi pengalaman saya mengikuti “Visiting Lecture” pada Sabtu kemarin. Saya juga merupakan panitia yang terlibat langsung dalam keberlangsungan kegiatan, dari proses persiapan sampai dengan berjalannya kegiatan. Saya dipercayakan menjadi MC dalam kegiatan tersebut, yang dimana kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2023 Bertempat di Aula Pendidikan Guru Sekolah Dasar, adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu pembekalan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Oleh Ibu, Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE dan juga Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M,Si Selaku Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Disekolah Dasar.
Kegiatan seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, dihadiri oleh Bapak ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd, MCE, dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto S.Pd, M.Pd. Pada seminar ini, kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa, narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan konseling Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) selaku pemateri pertama, Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersami kita dalam kegiatan Visiting Lecture karena ada hal yang tidak kalah pentingnya, dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE (Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di SD).
Seminar ini mengambil tema “Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Pelajar” Narasumber Pertama kita membahas tentang “Tujuan dari layanan BK Disekolah Dasar” Tujuan dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar adalah untuk membantu perkembangan dan kesejahteraan siswa secara holistic. Beberapa tujuan utama dari layanan tersebut adalah, Pengembangan pribadi pada siswa, jadi dalam layanan ini bimbingan dan konseling membantu siswa dalam memahami diri mereka sendiri ; Perkembangan akademik dalam bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam merencanakan tujuan pendidikan dan belajar yang realistis, mengembangkan keterampilan belajar, mengatasi kesulitan akademik, dan memanfaatkan potensi akademik mereka secara maksimal ; Pengembangan sosial dan emosional, dalam layanan ini membantu siswa dalam memahami dan mengelola emosi mereka, mengembangkan keterampilan sosial, membangun hubungan yang sehat dengan teman sebaya dan orang dewasa ; Pembimbingan karir jadi layanan bimbingan dan konseling membantu siswa dalam memahami pilihan karir yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan serta keteramplian siswa. Jadi melalui bimbingan dan konseling di sekolah dasar, siswa diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara menyeluruh, serta mendapatkan dukungan baik dari orang tua maupun guru dalam menghadapi tantangan hidup mereka.
Sebagai seorang guru, bimbingan dan konseling ini sangat penting bagi kita agar kedepannya dapat membantu peserta didik untuk bisa lebih mengembangkan dirinya dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Bimbingan dan konseling bukan hanya pada penguasaan materi pelajaran, tapi juga permasalahan psikologis peserta didik seperti salah satunya kasus perundungan yang sering terjadi. Kesadaran dalam fungsi pendidikan disekolah dasar dalam konteks “membimbing”, guru yang berkompetensi harus lebih mengoptimalkan dan lebih memfokuskan pada konteks pembelajaran.
Selanjutnya narasumber ketiga membahasa tentang “meningkatkan kepercayaan diri siswa SD melalui Bimbingan Dan Konseling” jadi dalam layanan Bimbingan dan Konseling dapat meningkatkan kepercayaan diri melalui pemberian dukungan social, mengajarkan keterampilan-keterampilan dalam social, dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada peserta didik, memberikan umpan balik secara positif, serta memberikan latihan kepercayaan diri. Nah faktor-faktor penyebab dari ketidak percayaan diri sendiri yakni ; banyaknya masa lalu yang buruk, kurangnya dukungan dari orang tua dan orang sekitar, perbandingan social, lingkungan sekolah tidak kondusif dan masalah emosional dan psikologis.
Jadi upaya yang dapat dilakukan kita sebagai calon guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalu bimbingan dan konseling yakin ; Guru dapat menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan positif. Mendorong kerjasama, menghargai perbedaan, dan menghormati pandangan siswa dapat membantu mereka merasa diterima dan didukung ; Guru dapat memberikan umpan balik yang spesifik, jujur, dan konstruktif kepada siswa. Fokus pada upaya dan kemajuan mereka, bukan hanya hasil akhir ; Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelas dan mengambil inisiatif dalam pembelajaran dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka ; Guru dapat memberikan bimbingan dan dukungan akademik kepada siswa yang membutuhkannya ; Guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif yang memperhatikan kebutuhan siswa dengan beragam gaya belajar, tingkat kemampuan, dan minat ; dan Guru dapat membangun hubungan yang positif dengan siswa, menunjukkan minat pada kehidupan dan perkembangan mereka.
Sebagai salah satu kepanitian dari kegiatan visiting lecture kali ini, saya sangat mengapresiasi kepada banyak pihak terutama ibu/bapak dosen yang terlibat dalam kegiatan, kakak tingkat saya yang telah membersamai, serta teman-teman kepanitian maupun kelas yang telah membersamai kegiatan visiting lecture ini sampai dengan selesai. Oleh karena itu saya berharap, semoga apa yang disampaikan oleh para narasumber-narasumber kita pada kegiatan kali ini dapat kita realisasikan dengan baik nantinya, sukses selalu untuk kita semua, mari berkembang dan menginspirasi Bersama.
sekian
wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Shafira khairunissa podungge
Mengetahui
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling
Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE
About PKKMB
PKKMB, awal mula saya menjadi seorang mahasiswi.
menurut pengalaman yang saya dapatkan, PKKMB itu merupakan suatu kegiatan pengenalan lingkungan yang sangat sangat mengasikkan, saking asiknya sudah tidak bisa diucapkan ataupun dideskripsikan dengan kata-kata ataupun kalimat.Karena disitu saya mendaptkan banyak pengalaman yang mungkin tidak bisa dicari ke tempat lain, dari segi lingkungan, teman sampai pengetahuan.
PKKMB jauh dari pemikiran saya, karena bagi sebagian orang diluar sana mengatakan bahwasannya PKKMB itu adalah kegiatan yang cukup menakutkan. mungkin cukup menakutkan untuk kalian yang diluar sana, tapi tidak dengan saya
mungkin tanpa kegiatan PKKMB, saya sampai saat ini, jam ini, bahkan detik ini tidak akan mempunyai teman dan kenangan tentang masa pertama saya menjadi mahasiswi.
cukup dikenang bukan diingat ataupun diulang.....