PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR
Nama : Ulva Fionita I Palo
Nim : 151422165
Kelas : 2G
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"
Perkenalkan Nama saya Ulva Fionita I Palo merupakan mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo angkatan 2022. Disini saya akan berbagi cerita mengenai kegiatan visiting lecture dengan tema “ PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR” yang saya ikuti. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 13 mei 2023 di aula PGSD.
Pada Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di sekolah dasar yang diampu oleh ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd,. M.Pd,. MCE dan ibu Dr. Asni ilham, S.Pd, M.Si dan sekaligus penanggung jawab kegiatan visiting lecture kali ini.
Dalam kegiatan visiting lecture ini dihadiri dan diikuti oleh beberapa mahasiswa/i Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan teman-teman peserta dari universitas lain yang ada di Gorontalo, mereka ikut bergabung melalui via zoom. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dr. Candra Cuga S.Pd., M.Pd, MCE. dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto S.Pd., M.Pd. Pada kegiatan visiting lecture ini, kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa, narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan konseling Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) selaku narasumber pertama, Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersami kita dalam kegiatan Visiting Lecture karena mengikuti kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya, dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd. MCE Selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar.
Materi Pertama Layanan Bimbingan dan Konseling Disekolah Dasar” dengan Pemateri Pertama yang Bapak Dr. Aam Imaduddin S,Pd, M,Pd Layanan bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam pelaksanaan instruksional, karena dalam prakteknya tidak sedikit diantara siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar mengalami kesulitan dalam menangkap dan memahami isi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa yang mengalami kesulitan belajar dipastikan memerlukan layanan spesifik yakni berupa perlakuan yang mampu membangkitan semangat belajarnya, menumbuhkan motivasi yang rendah kadarnya sehingga muncul dorongan untuk belajar mengejar ketertinggalan dari temannya. Dalam kaitannya pencapaian tugas perkembangan adanya layanan BK menjadi urgen pula bagi setiap siswa.
Layanan lain bagi kesejahteraan siswa berupa layanan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah (UKS), asrama sekolah, kantin sekolah, koperasi sekolah, unit untuk menampung dan menyalurkan potensi dan hobi siswa diperlukan. Layanan ini disamping diperlukan bagi kesejahteraan siswa, juga secara langsung maupun tidak langsung juga dapat memperlancar pelaksanaan instruksional, pembentukan kepribadian unggul, kompetitif, toleran, mandiri, jujur, dan sifat-sifat pribadi yang unggul.
Pada materi kedua membahas tentangMeningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling”dengan Pemateri Ibu Dra. Salma Halidu S,Pd, M,Pd, MCE Yaitu Membahas Tentang Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling adalah topik yang sangat penting dan relevan dalam pendidikan. Kepercayaan diri adalah faktor kunci dalam perkembangan pribadi dan akademik siswa. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil dalam layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar
Mengidentifikasi dan pemahaman Bimbingan dan konseling dimulai dengan mengidentifikasi siswa yang mengalami masalah kepercayaan diri yang rendah. Konselor perlu bekerja sama dengan guru dan orang tua untuk mengamati perilaku dan sikap siswa secara cermat. Serta Pembentukan hubungan Konselor perlu membentuk hubungan yang baik dan saling percaya dengan siswa. Hal ini penting agar siswa merasa nyaman dalam berbagi perasaan dan pengalaman mereka.
Memberikan Pengembangan keterampilan sosial Siswa perlu dibantu dalam mengembangkan keterampilan sosial agar mereka dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan lingkungan sosialnya. Konselor dapat melibatkan siswa dalam permainan peran, latihan komunikasi, atau kegiatan kelompok untuk meningkatkan keterampilan ini.Memberikan Pembinaan diri Konselor dapat membantu siswa mengenali kekuatan dan bakat mereka. Melalui diskusi, pengamatan, atau tes minat, siswa dapat menemukan minat dan keahlian khusus yang mereka miliki. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka.Serta Peningkatan penghargaan diri Konselor dapat mendorong siswa untuk menghargai diri sendiri dan prestasinya, baik dalam aspek akademik maupun nonakademik. Dengan memberikan pujian dan pengakuan yang pantas, siswa akan merasa dihargai dan percaya diri.
Kemudian melakukan Tantangan dan penguatan diri Konselor dapat memberikan tugas atau tantangan siswa yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Dengan menghadapi tantangan dan mencapai tujuan, siswa akan merasa lebih percaya diri dan merasa mampu mengatasi kesulitan. melakukan Kolaborasi dengan guru dan orang tua Konselor perlu bekerja sama dengan guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri siswa. Kolaborasi ini melibatkan pemantauan dan umpan balik secara berkala mengenai perkembangan siswa.
Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan pada teman-teman sekalian mengenai kegiatan visiting lecture ini. Terima kasih saya ucapkan pada pihak-pihak terkait yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan visiting lecture sehingganya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Mengetahui:
Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar
Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd.MCE
KESAN DAN PESAN PADA SAAT MENGIKUTI PKKMB
KESAN YANG SAYA DAPATKAN PADA SAAT MENGIKUTI PKKMB BERBEDA BEDA ADA YANG DARI UNIVERSITAS YAITU MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA PARA CALON MAHASISWA BARU UNTUK MENGENAL APA ITU PKKMB BISA MENGETAHUI NAMA DOSEN PEMBIMBING DAN NAMA REKTORAT UNG YAITU DR.IR EDUART WOLOK,ST,MT,IPM. MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA MAHASISWA BARU UNTUK BERTANYA DAN MEMBERIKAN PENDAPAT TENTANG PKKMB. BUKAN HANYA ITU SAJA PARA DOSEN MEMBERIKAN MATERI YANG BERGUNA UNTUK SELURUH MAHASISWA BARU DAN DI BERIKAN KESEMPATAN UNTUK BERTANYA DAN MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN .SETELAH ITU, DI LANJUTKAN PKKMB DI TINGKAT FAKULTAS DAN PRODI SAYA MENDAPATKAN KESAN YAITU DARI PKKMB BISA MENGETAHUI BAGAIMANA MAHASISWA HARUS LEBIH TERTIB DAN BERTANGGUNG JAWAB SERTA BISA MENUNJUKAN MINAT DAN BAKAT YANG DIMILIKI OLEH SETIAP MAHASISWA BARU DARI PKKMB SAYA BELAJAR YAITU JANGAN PERNAH MALU MEMBERIKAN PENDAPAT ATAU SARAN SELAGI ITU MASIH BISA DI DILAKUKAN .