PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER BELAJAR
Nama : Dea
Kelas : 2G
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarokatuh
Saya Dea, merupakan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Angkatan 2022. Saya akan sedikit berbagi pengalaman saya di saat mengikuti “Visiting Lecture” yang bertema “Paradigma Baru Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Pelajar” dan di laksanakan pada sabtu kemarin, lebih tepatnya pada tanggal 13 Mei 2023, bertempat di gedung jurusan aula PGSD. Kegiatan Visiting Lecture ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, dengan dosen pengampuh Ibu, Dra.Salma Halidu,S.Pd,M.CE dan Ibu, Dr.Asni Ilham,S.Pd,M.Si, sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan Visiting Lecture ini. Saya juga merupakan panitia yang terlibat langsung dalam berlangsungnya kegiatan, dari proses persiapan sampai dengan berjalannya kegiatan hingga selesai.
Dalam kegiatan seminar ini di hadiri oleh beberapa Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiswa/i Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya. Dihadiri oleh Bapak ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Dr. Candra Cuga S.Pd,M.Pd,MCE dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr.Arwildayanto S.Pd,M.Pd. Pada kegiatan seminar ini, kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa. Narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd,M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya) selaku pemateri pertama. Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, kons (Dosen prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersamai kita pada kegiatan Visiting Lecture, dikarenakan ada hal yang tidak kalah pentingnya. Dan narasumber ketiga yaitu Ibu Dra.Salma Halidu S.Pd,M.Pd,MCE (Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di SD)
Narasumber pertama kita membahas tentang “Tujuan dari layanan BK di SD” Tujuan umum dari layanan bimbingan dan konseling adalah membantu siswa mengenal bakat minat dan kemampuannya. Tujuan utama dari layanan tersebut adalah Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri. fungsi bimbingan dan konseling di sekolah dasar adalah membantu penyesuaian masing-masing siswa terhadap sekolah dan dari sekolah terhadap siswa. Dari fungsi tersebut, maka sekolah harus merancang program bimbingan untuk ; mencegah terjadinya masalah pada diri siswa; memberikan bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar; dan menyediakan informasi tentang perkembangan siswa, sekolah, proses belajar, dan kurikulum bagi orang tua siswa. Jadi melalui bimbingan dan konseling di sekolah dasar, siswa di berikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara menyeluruh, dan mendapatkan dukungan baik dari orang tua maupun guru dalam menghadapi tantangan hidup mereka.
Sebagai seorang guru, Bimbingan dan Konseling ini sangat penting bagi kita agar kedepannya dapat membantu peserta didik dalam memahami diri, menerima diri dengan segala kekuatan dan kelemahannya, mengenalkan lingkungan dan mengambil keputusan, serta memberi arahan terhadap perkembangan peserta didik, tidak hanya untuk peserta didik yang mengalami masalah saja tetapi berlaku untuk seluruh peserta didik.
Selanjutnya narasumber ketiga membahas tentan “ meningkatkan kepercayaan diri siswa SD melalui bimbingan dan konseling”. Perkembangan anak merupakan proses yang komplek, terbentuk dari potensi diri anak yang bersangkutan dan lingkungan sekitarnya yaitu keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Artinya ada beberapa perkembangan yang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan ada beberapa perkembangan yang dipengaruhi oleh lingkungan pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah lingkungan keluarga dimana orang tua yang menaruh harapan sosok yang paling berperan. Banyaknya siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain adanya pemikiran yang negatif pada diri siswa dan faktor eksternal antara lain adanya pola asuh orang tua yang keliru dalam mendidik siswa tersebut.
Membangun kepercayaan diri anak adalah salah satu tujuan yang harus dicapai saat pembelajaran. Anak yang percaya diri pada saat belajar akan merasa bahagia dan dapat menjadi lebih produktif. Membangun kepercayaan diri siswa dapat dilakukan kapanpun. Pada saat pembelajaran maupun di luar kegiatan pembelajaran. Meningkatkan rasa percaya diri siswa dapat dilakukan melalui banyak kegiatan. Dan hal ini harus dilakukan secara terus menerus. Karena kepercayaan diri siswa sebagian besar didapatkan berdasarkan pada pengalaman, dan secara bertahap diperkuat oleh keberhasilan di bidang sosial, emosional, dan intelektualnya. Siswa yang aktif dan memiliki banyak pengalaman di masa sekolahnya akan semakin mudah dan semakin alami dalam membangun rasa percaya dirinya. Jadi penting bagi Guru untuk membangun suasana yang aman, dan jangan segan untuk selalu memberikan umpan balik yang dapat siswa kembangkan. Jadi upaya yang dapat di lakukan kita sebagai calon guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui bimbingan dan konseling yakni ; guru harus dapat menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan positif, serta mendorong kerjasama, menghargai perbedaan dan menghormati pandangan siswa, hal itu dapat membantu mereka dan merasa di terima dan di dukung. Dan juga guru dapat membangun hubungan yang positif dengan siswa, menunjukkan minat pada kehidupan dan perkembangan mereka.
Sebagai salah satu panitia dari kegiatan visiting lecture kali ini, saya ucapkan banyak terimakasih terutama kepada ibu/bapak dosen yang terlibat dalam kegiatan, kakak tingkat yang telah membersamai, serta teman teman kepanitiaan maupun kelas yang telah membersamai kegiatan visiting lecture ini sampai dengan selesai. Oleh karena itu saya berharap semoga apa yang di sampaikan oleh para narasumber – narasumber kita pada kegiatan ini, dapat kita realisasikan dengan baik nantinya.
Sekian..
Wassalamualaikum Warahmatulahi Wabarokatuh
Mengetahui
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling
Dra.Salma Halidu S.Pd,M.Pd,MCE
kesan dan pesan dalam mengikuti proses pkkmb
kesan
kesan saya selama mengikuti pkkmb yaitu saya banyak mendapatkan pelajaran,pengalaman,dan memiliki teman yang berbeda daerah. sungguh saya sangat senang mengikuti proses kegiatan pkkmb pesan
pesan saya yaitu terimakasih untuk semuanya karena dengan proses pkkmb ini saya memiliki banyak pengalaman yang sangat berkesan untuk saya dan pelajaran yang sangat membantu wawasan dan polapikir saya