Teori-Teori Kepemimpinan Organisasi

02 January 2023 23:38:28 Dibaca : 45

 

Teori-Teori Kepemimpinan Organisasi

 

Feliya ananda yalide,Novianty djafri

Psikologi,Mejemen Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Gorontalo

 

PENDAHULUAN:

  Kepemimpinan merupakan topik pembahasan yang klasik, namun masih sangat menarik untuk dikaji karena sangat penting bagi sebuah organisasi. Manajemen pada dasarnya bertanggung jawab. Sebuah organisasi membutuhkan kepemimpinan yang kuat untuk mencapai tujuannya. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk melakukan pekerjaannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 

Kepemimpinan memiliki pengertian kekuasaan yang lebih luas karena kepemimpinan berusaha mempengaruhi orang tidak hanya untuk melakukan apa yang diinginkan atasan, tetapi juga untuk mencapai tujuan tujuan organisasi

LATAR BELAKANG:

 mental Ini seperti membuat lebih sulit untuk menemukan manajer yang baik. Mencapai tujuan organisasi membutuhkan kepemimpinan yang kuat. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk melakukan pekerjaannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kepemimpinan adalah suatu alat/instrumen atau proses dalam suatu organisasi untuk membujuk orang lain agar mau melakukan sesuatu secara sukarela/menyenangkan untuk mencapai tujuan terlebih dahulu. 

 Kepemimpinan pada dasarnya adalah tanggung jawab. Masalah kepemimpinan masih sangat layak dipelajari karena terus diperdebatkan sepanjang peradaban manusia. Terutama hari-hari ini, moral organisasi sedang jatuh. Kepemimpinan kadang-kadang dipahami hanya sebagai kemampuan untuk menggerakkan dan mempengaruhi orang lain. Orang dapat dimotivasi oleh sejumlah faktor, yaitu ancaman, penghargaan,

METODE PENELITIAN:

  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan dan kepemimpinan dalam Islam dan bagaimana teori-teori kepemimpinan. Hasil ini menunjukkan proses manajemen bagaimana mengelola dan mencapai kinerja untuk mencapai: Keputusan manajemen dalam amanah Islam, yang harus dibuat sesuai dengan tujuan dengan benar dan bertanggung jawab, tidak hanya di dunia ini tetapi juga di akhirat di hadapan Tuhan. Kata kunci: Manajemen

HASIL PEMBAHASAN:

  Pada dasarnya ada tiga jenis teori manajemen yaitu: (a) teori sifat, (b) teori perilaku dan (c) teori lingkungan. Ketiga teori manajemen ini merupakan teori utama manajemen. Ketiga teori tersebut dapat dijelaskan secara rinci sebagai berikut; Teori sifat Teori sifat juga disebut teori gen karena mengasumsikan bahwa pemimpin dilahirkan, bukan dilahirkan. Teori ini menjelaskan bahwa keberadaan seorang pemimpin dapat dilihat dan dinilai berdasarkan karakteristik yang diwariskan sejak lahir.6 Teori ini mengklaim bahwa kepemimpinan diidentifikasi berdasarkan sifat atau karakteristik pemimpin. 

Pendekatan ini menunjukkan bahwa karakteristik tertentu seperti fisik, kemampuan bersosialisasi dan kecerdasan (kecenderungan) penting untuk kepemimpinan yang efektif, yang merupakan karakteristik bawaan manusia.7 Asumsi dasar yang dimunculkan oleh teori kepemimpinan ini adalah bahwa kepemimpinan memerlukan serangkaian kualitas, karakteristik, atau temperamen tertentu. yang memastikan kesuksesan dalam situasi apa pun. Keberhasilan seorang pemimpin ditempatkan pada kepribadian pemimpin itu sendiri.

REFERENSI:

 Anoraga, Pandji. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineke Cipta. 2004 Chairunnisa, Connie. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. 2016 Hasibuan, Malayu s.p. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung. 1996 Kristiadi. Kepemimpinan. Jakarta: LAN RI. 1996 Nawawi, Hadari & Hadari, M. Martini. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Press. Gadjah Mada University. 2004 Patimah, Siti. Manajemen Kepemimpinan Islam, Aplikasinya dalam Organisasi Pendidikan.

pengalaman mengikuti kegiatan PKKMB UNG

22 August 2022 16:15:37 Dibaca : 5

pengalaman saya mengikuti pkkmb ung kemarin dari hari pertama sampai hari ketiga masih aman dan seru. saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan materi dari orang- orang hebat, mulai goyah ketika sudah masuk di pkkmb fakultas kami di suru datang jam 4 pagi di bentak-bentak dan di suru jalan jongko. tapi tidak apa apa sihh ada pengalaman yang bisa di cerikan ke anak anakku nanti. agak kaget sedikit karna sudah 2022 masi ada 'TRADISI'   seperti itu semoga tahun 2023 nanti sudah tidak ada lagi amiin. sekian terimakasih. tidak lupa saya mau mengucapkan banyak banyak terimakasih saya kepada bapak rektor dan jajaran bapak Zhulmaydin chairil fachrussyah S.St.Pi M. Si  berserta bapak dekan saya yang telah menindaklanjuti dengan tegas ulah senior-senior yang mesih menjalankan tradisi fakultas.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong