ARTIKEL TENTANG KEAHLIAN (PPKN)

22 May 2024 22:41:29 Dibaca : 10

NAMA : HARDIANSYAH RUSTAM

NIM    : 221423020

KELAS : 2/A

PENTINGNYA TATANAN DEMOKRASI YANG TERSTRUKTUR

Demokrasi tidak sebatas sistem politik maupun aturan-aturan formal yang terdapat dalam konstitusi saja. Keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan demokrasi ditentukan oleh sejauh mananilai-nilai lokal yang sejalan demokrasi itu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai demokrasi seperti,penghormatan terhadap sesama, toleransi, penghargaan ataspendapat orang lain dan kesamaan sebagai warga dan menolak adanya diskriminasi.Hakikat demokrasi adalah peran utama rakyat dalam proses sosialpolitik. Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos artinya rakyat, dan cratein artinya pemerintah. Ciri-ciri pokok proses demokrasi adalah pemerintah berdasarkan kehendak dan kepentingan rakyat banyak,adanya pemisah dan pembagian kekuasaan, adanya tanggung jawab dari pelaksana pemerintahan, Sebagai sistem pemerintahan yang berdasarkan kehendak rakyat, demokrasi akan senantiasa berubah-ubah bergantung.

Berbicara tentang demokrasi tentu kita sudah memahami apa demokrasi itu, dari artikel yang saya baca mengenai pentingnya demokrasi yang terstruktur mestinya kita memahami dulu bagaimana berdemorasi demgan baik. Karena menurut sudut pandang dari saya tatanan demokrasi yang ada di indonesia masi belum terstruktur dengan baik. Masih begitu banyak oknum oknum yang menyala gunakan demokrasi dalam kepentingan pribadi.

Demokrasi telah menjadi pilihan bagi hampir semua bangsa didunia, tak terkecuali bangsa Indonesia. Di antara bangsa – bangsa itu perbedaannya terletak pada tingkat perkembangannya. Ada bangsa yangsudah sedemikian maju dalam berdemokrasi dan ada yang masih dalampertumbuhan. Di samping itu ada perbedaan latar belakang sosial-budaya yang berpengaruh terhadap corak demokrasi di masing – masing Negara.Bangsa Indonesia tentu menginginkan perkembangan demokrasiyang semakin baik di negaranya. Oleh karena itu kita wajib menunjukkansikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Bagi penguasa, kekuasaan yang dimiliki harus dijalankan sesuaidengan prinsip – prinsip demokrasi. Penguasa harus menunjukkan kemauan politik (political will) untuk menyesuaikan setiap langkah dan kebijakannya dengan demokrasi. Selain itu, sikap dan tingkah lakunya harus mencerminkan sosok pribadi seorang demokrat.Bagi rakyat biasa, mereka harus menyadari berbagai hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dan melaksanakannya dengan baik.Rakyat harus mampu memilih pemimpin secara cerdas, berani menyatakan pendapat, serta ikut mengawasi jalannya pemerintahan. Namun, rakyat juga harus mematuhi hukum, menghormati pemerintahan yang sah, menjaga ketertiban umum, dan lain – lain.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong