resume materi

27 March 2015 14:56:18 Dibaca : 100

Tugas

Resume materi

Nama : Widyawati

Nim : 291412003

MK. : Jurnalistik online

Dalam penyusunan penyusunan berita,banyak yang harus di perhatikan. Terutama faktor 5 W + 1 H. Yakni what, where, when, why, who dan how. Berikut penjelasannya :

1. What ; apa yang di beritakan. Dalam berita unsur ini dapat kita lihat pada judul berita.

2. When ; Kapan peristiwa itu terjadi. Misalnnya dalam berita aksi unjuk rasa BEM, kapan aksi itu terjadi.

3. Where ; di mana peristiwa itu terjadi.misalnya dalam dalam berita tentang aksi unjuk rasa BEM du UNG, berarti unsur where-nya ada pada UNG

4. Who ; siapa yang menjadi narasumber, atau informan atau responden dalam memberikan informasi atau data yang kita akan jadikan suatu berita.

5. Why ; Mengapa peristiwa itu terjadi. Artinya mengapa atau apa sebabnya sehingga sesuatu itu terjadi. Misalnya eceng gondok merusak danau limboto, mengapa danau limboto mengalami kerusakan, karena eceng gondok tersebut. Jadi faktor why-nya terdapat pada kata eceng gondok tersebut.

6. How ; bagaimana peristiwa itu terjadi. faktor How ini lebih pada proses. Proses dari mengapa peristiwa itu terjadi. Maksudnya bagaimana itu mengapa tadi terjadi.

Kemudian hal yang harus di perhatikan juga dalam penulisan berita adalah

1. Judul harus menarik, sehingga khalayak tertarik untuk membaca walaupun sebenarnya isi beritanya tidak menarik. Sebaliknya, walaupun isinya menarik tapi judulnya tidak menarik, khalayak tidak akan membacanya. Dalam menulis judul tidak harus lebih dari 7 kata. Karena judul sangat berpengaruh pada isi berita. Dan juga penulisan judul jangan menggunakan kata-kata ambigu, dan singkatan. Boleh di singkat kecuali khalayak sudak mengenal baik dengan singkatan tersebut, misalnya singkatan NKRI, BBM, RI dll, itu bisa di singkat dalam penulisan judul,karena singkatan tersebut sudah banyak yang mengenalnya.

2. Dalam berita untuk penulisan nama yang memiliki gelar seperti Prof, Dr, Ir, bpk, ibu, Mr, Miss, Moh (mohamad) dll, tidak perlu di tuliskan gelarnya, cukup namanya saja. Misalnya nama Prof. Dr imam safi’i, gelar Prof dan Dr-nya tidak perlu di tuliskan cukup imam safi’i-nya saja.

3. Dalam penulisan bahasa asing (bahasa selain bahasa indonesia yang baim dan benar) harus di italic atau di tulis miring. Bahkan LOE GUE merupakan bahasa asing sehingga harus di italic.

4. Berita harus memiliki nilai konsumsi artinya berita yang mendapatkan Comment baik dari khalayak merupakan berita yang baik.

Ada perbedaan antara berita dan advetorial, yakni berita adalah sebuah peristiwa, fenomena atau kejadian yang di beritakan sedangkan advetorial adalah iklan yang di beritakan.