BERCELANA JEANS? DILARANG MASUK FAKULTAS ILMU SOSIAL!

19 March 2015 15:03:11 Dibaca : 121

 

KAMPUS UNG – Jeans termasuk salah satu jenis bahan pakaian yang cukup diminati, karena bisa menciptakan kesan gaya & nyaman sekaligus. Tapi, jangan coba-coba menggunakannya di dalam lingkungan Fakultas Ilmu Sosial, UNG, anda bisa mendapat teguran keras. Hal ini disebabkan saat ini FIS tengah mengembangkan program pembinaan karakter mahasiswa, yang diawali dengan cara berpakaian.

“Kami melarang mahasiswa dan dosen memakai celana berbahan jeans ke kampus. Sedangkan untuk mahasiswi, kini mulai diwajibkan memakai rok. Hal ini dilakukan demi membangun dan membina karakter mahasiswa agar lebih terkesan sebagai masyarakat akademik” Kata Resmiati Yunus, salah satu dosen yang masuk dalam tim Pembina karakter mahasiswa.

Penggunaan celana jeans bagi perempuan, terlebih lagi yang ketat, dipandang sebagai dampak modernitas yang kurang sopan, dan tidak sesuai dengan identitas adat ketimuran. “Perempuan akan terlihat lebih feminine jika memakai rok, dibandingkan celana jeans ketat, apalagi yang robek-robek, karena tidak sesuai dengan adat ketimuran kita dan merupakan mayoritas muslim” lanjut Resmiati.

Menetapkan sebuah aturan yang akan merubah kebiasaan memanglah tidak mudah. Resmiati mengakui, masih banyak dosen & mahasiswa yang sering melanggar aturan ini. Meskipun demikian, ia yakin aturan ini akan membawa dampak positif dalam membentuk karakter mahasiswa (Sandra.)