Netiket

02 April 2015 14:09:24 Dibaca : 119

Netiket
Netiket adalah etika berkomunikasi lewat dunia internet, netiket meiliki fungsi yang sama dalam dunia lingkunga sosial, yaitu yang merupakan sopan santun yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi melalui dunia internet maupun dunia nyata. Etika dalam dunia internet sama persis hukumannya dengan etika yang ada dalam dunia nyata.
Ada 10 prinsip netika dalam dunia internet menurut Virginia seat diantaranya yaitu:
1. Bisa menempatkan
Menempatkan diri disini bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang ada.
2. Jangan Tebar Isu Berbau Sara
Disini di jelaskan hindari postingan yang berbau sara (suku, agama dan antra golongan), karena kita menjaga persatuan dan kesatuan.
3. Jangan Menipu
Menipu adalah sala satu perbuatan sangat dibenci atau yang tidak disukai oleh orang banyak khususnya oleh pengguna internet, karena perbuatan ini haram hukumnya baik di dunia internet maupun dunia nyata.
4. Bijak Meng-copy Artikel di sebuah situs
Copy –paste merupakan tindakan yang tidak terpuji, jika kita Copy-paste kita mencantumkan sumber artikel atau link yang asli.
Ditunding 22 situs yang diblokir yaitu:
1.arrahmah.com,2.voa-islam.com,3.ghur4ba.blogspot.com,4.panjimas.com,5.thoriquna.com, 6.dakwatuna.com,7.kafilahmujahid.com,8.an-najah.net,9.muslimdaily.net, 10.hidayatullah.com,11.salamonline.com,12.aqlislamiccenter.com,13.kiblat.net,14.dakwahmedia.com,15.muqawamah.com,16.lasdipo.com,17.gemaislam.com,18.eramuslim.com,19.daulahislam.com,20.mshoutussalam.com,21. azzammedia.com 22.Indonesiasupportislamicstate.blogspot.com.