Memegang Prinsip Jurnalisme

12 March 2015 16:27:17 Dibaca : 88

Memegang Prinsip Jurnalisme

Mujiono H. Pohi

Ada beberapa prinsip jurnalisme yang harus ditaati wartawan, yang menjadi pandangan saat ini, para jurnalistik tidak lagi memegang prinsip jurnalisme, yang salah satunya tidak menerima pemberian atau gratifikasi. yang menjadi perdebatan apa yang melandasi hal ini, Ibu citra dano putri menjelaskan salah satunya karena gaji yang didapat oleh para wartawan masih terbilang cukup, dimana beberapa pendapat menyatakan bahwa wartawan memang profesi yang memiliki kekurangan upah, karena kekurangan upah tersbutlah yang menjadikan para wartawan menerima upah.

Disalah satu(bisa juga dua) media digorontalo sajian pemberitaannya tidak lagi memegang prinsip jurnalistik. sebab media yang ada digorontalo tidak lagi menjadi kolom informasi bagi masyarakat namun sudah menjadi kolom iklan. informasi yang diberikan jika diteliti sudah merupakan iklan oleh para pejabat dengan wilayah masing-masing. hal ini terjadi dengan alasan karena media tidak akan bisa hidup atau bertahan jika tidak dibiayai dari iklan dan pembiayaan iklan tertinggi digorontalo hanya berasal dari para pejabat.

Agar tercipta pemberitaan yang jelas dan informatif pada media, maka sebaiknya profesi wartawan haruslah diseleksi, untuk mendapatkan wartwan yang memegang prinsip jurnalistik dan Tidak menerima orang dari berbagai jurusan untuk menjadi wartawan.