ARSIP BULANAN : May 2015

Lia dan Gina

27 May 2015 09:42:51 Dibaca : 110

Lia dan Gina

Mujiono H. Pohi

Gina merupakan wanita yang tinggal di salah satu desa terpencil yang ada digorontalo, gorontalo merupakan kota yang masih terbilang memegang kebudayaan dan sisi social. seperti kebudayaan kesopanan, adat istiadat dan lainnya. Gina merupakan anak desa dari gorontalo yang sangat memegang erat kebudayaan, kesopanan dan sisi sosial.

Gina telah lulus SMA, ia lulus sekolah di SMA N 1 Paguyaman, saat ini ia sedang melanjutkan studi sarjananya di universitas indonesia, yaitu salah satu universitas terbaik diindonesia. Universitas indonesia berada dijakarta, jakarta merupakan ibukota negara indonesia yang telah bertransformasi pada masa modern, artinya memegang budaya barat. Modern merupakan budaya yang lahir dari bangsa barat yang cukup maju dari bidang IT, ekonomi, dan pendidikan namun bersikap individual. pada bulan kemarin gina melakukan pendaftaran studi dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi diuniversitas indonesia, tak disangka gina lulus pada pilihan jurusan tersebut.

pada tahap awal perkuliahan gina mendapat teman yang bernama lia, lia merupakan gadis kota jakarta yang memegang budaya modern. Melihat posisi modern dan tradisional tidak melihat sisi baik dan buruk seperti ketika lia dan gina berjalan bersama dikampus menuju kelas karena saat itu ada mata kuliah yang masuk yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV), tiba-tiba saat berjalan menuju kelas gina dan lia berpapasan dengan seorang pengemis yang tampak lusuh, yang berkisar umur 40 tahunan, dengan sigap gina langsung mengambil uang Rp. 2000 dari tasnya, dan gina langsung memberikan uang tersebut pada kaleng kecil yang dibawa oleh pengemis tersebut sambil berkata’’ maaf ya bu’’. pada Saat itu lia asyik dengan handphone yang digeganggamnya dan terus berjalan tanpa berhenti atau menyapa pengemis tersebut.

Sejam berlalu, kuliah diakhiri, lia dan gina bergegas pulang, saat itu lia dan gina pulang berbarengan menaiki mobil lia, ketika itu lia mengajak gina kerumahnya. Sampai dirumahnya lia, gina melihat rumah yang besar dan cukup mewah, gina masuk dan tercengang melihat rumah sebesar itu, saat masuk gina merasa sepi dengan rumah yang cukup besar dan mewah tersebut ia lalu bertanya. “dimana ibu dan bapakmu?’’. ibu dan bapak lagi kerja, biasanya mereka pulangnya agak sore. Berarti ibumu wanita karir? Tanya Gina. ‘’Ia’’jawab lia.

Sore mulai menjelang gina bergegas pulang kerumahnya. Apakah kamu ingin diantar oleh sopirku? Tanya lia. Tidak, aku naik ojek saja jawab gina. kalau begitu aku antarkan kau ke depan gerbang saja jawab lia.

Saat menunggu ojek didepan rumah lia, gina bertanya, siapa yang tinggal disamping rumah sebelah kiri dan kananmu ini?. Aku tidak tahu, karena aku kurang berkomunikasi dengan mereka jawab lia. Oooo gitu, Ini ojeknya sudah ada,aku pulang dulu yaa dadadada. Kata gina.

4 Tahun berlalu gina dan lia lalu menjadi wisudawan terbaik diuniversitas indonesia. Setelah ini kamu mau kemana? tanya gina. Setelah ini aku ingin melanjutkan studi di USA harvard university. Agar aku dapat mencapai segala keberhasilan, kamu bagaimana?.aku pulang ke gorontalo dan mengembangkan kotaku sendiri jawab gina.

Belajar Blog

21 May 2015 12:16:45 Dibaca : 94

Blog adalah mesin waktu tertulis yang bisa diakses kapan pun dan dimanapun. Blog memiliki manfaat diantaranya dapat mengembangkan gaya penulisan, personal branding dan menghasilkan uang. didalam membuat tulisan didalam blog sebaiknya original, jangan copy paste, informatif, Humor dan teliti.

ada beberapa jenis blog, seperti blogspot, tumblr, wordpress, Joomla dan masih banyak lagi. Agar blog dapat bermanfaat bagi penulis atau bagi pembaca sebaiknya penulis bersikap konsisten didalam penulisan blog artinya didalam setiap harinya minimal penulis harus memposting 1 tulisan. selain sebagai penghasil uang blog juga akan menjadikan penulisnya cukup terkenal atau dikenal orang, jika seseorang tersebut mulai dikenal akan blognya tak jarang penulis akan mendapatkan job sebagai narasumber disebuah seminar tertentu.

didalam menjalankan blog sebaiknya penulis harus memiliki fokus, seperti fokus penulisan pada hal tertentu seperti otomotif. jika kita berfokus pada otomotif maka semua yang ada diblog kita harus berkaitan semuanya tentang otomotif.


Agar blog kita sering dikunjungi oleh pembaca sebaiknya juga kita melakukan jurus blogwalking, seperti mempromosikan tulisan kita di media sosial seperti Twitter, facebook, instagram, path, BBM, dan lainnya.

saya memiliki blog mujionisme.blogspot.com, blog ini merupakan blog personal yang berfokus pada sisi sosial.