dasar dasar fotografi

07 April 2014 13:18:23 Dibaca : 120

 

PENDAHULUAN

Fotografi adalah sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar/foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera dengan maksut dan tujuan tertentu.

Ketika sebuah foto dibuat, cahaya atau bentuk lain dari energi radiasi, seperti sinar X, digunakan untuk merekam gambar suatu obyek pada permukaan cahaya. Foto pada awalnya disebut dengan sun picture (gambar matahari) karena dengan sinar matahari ini yang digunakan untuk membantu membuat atau mengambil gambar. Umat manusia telah berhasil menjadi pembuat gambar dengan penemuan-penemuannya di fotografi, gambar akan ditangkap hanya denggan waktu beberapa detik saja.

Fotografi telah menjadi sebuah sarana komunikasi yang sangat kuat dan sebagai mode ekspresi visual yang menyentuh kehidupan manusia dalam berbagai hal. Sebagai contohnya, fotografi telah menjadi populer sebagai alat pengingat kenangan. Sebagian besar foto yang diambil adalah snapshot untuk mendokumentasikan acara pribadi seperti liburan dan lain sebagainya.

Foto -foto banyak yang digunakan secara luas oleh koran, majalah, buku, dan televisi untuk menyampaikan informasi dan mengiklakan produk dan jasa. Aplikasi praktis fotografi ditemukan hampir disetiap usaha manusia dari astronomi untuk diagnosis untuk pengendalian kualitas industri. Fotografi memperluas visi manusia kedalam dunia obyek yang tidak terlihat atau terlalu kecil atau terlalu jauh, atau kejadian tesebut terlalu cepat untu dapat dilihat oleh mata telanjang untuk dideteksi. Sebuah kamera dapat digunakan dilokasi yang terlalu bahaya bagi manusia. Foto ini juga bisa menjadi sebuah benda seni yang mengeksplorasi kondisi manusia dan memberikan kenikmatan estetika. Bagi jutaan orang, fotografi adalah hobi yang memuaskan atau karir.

PEMBAHASAN

FOTO MANUSIA

Potrait

Potrait adalah foto yang menampilkan ekspresi dan karakter manusia dalam keseharian mereka dan memiliki karakter yang berbeda-beda akan menawarkan image tersendiri dalam membuat foto potrait. Tantanganyan dalam membuat foto potrait ialah dapat menangkap ekspresi manusia (mimik, tatapan, kerut wajah) yang bisa memberikan kesan emosional dan dapat menciptakan karakter sesorang. Subjek umumya yaitu duduk dilatar belakang polos dan diterangi dengan cahaya yang lembut dar jendela overhead apapun bisa tercermin.

Human Interesrt

Human Interest dalam karya fotografi ialah menggambarkan kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana dan ekspresi emosional yang memperlihatkan mereka dengan masalah kehidupan lingkungannya, dimana semua itu untuk mengetuk hati orang-orang untuk bersimpati dan melakukan sesuatu untuk membantu subyek foto tersebut.

Stage Photography

Fotografi panggung ialah dimana semua foto yang menampilkan aktivitas/gaya hidup dari seseorang yang merupakan bagian dari budaya dan entertainment untuk dieksploitas dan menjadi bahan yang menarik untuk divisualisasikan.

Fotografi panggung ini bertujuan untuk merekam acara pertunjukan. Dimana sebagian besar pertunjukan panggung berlangsung pada malam hari dan sebagian besar dalam gedung. Karena fokus utama fotografi panggung adalah low ligh.

Sport

Foto olahraga ialah jenis foto yang menangkap aksi yang menarik atau aksi yang spektakuler dalam even dan pertandingan olahraga. Jenis foto ini membutuhkan teknik kecermatan dan kecepatan seseorang dalam menangkap moment yang terbaik.

Memotret olah raga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, karena selain berkutat dengan berbagai teknik fotografi, disisi lain juga berpacu dengan waktu.

Dalam pertandingan olah raga berlangsung dalam waktu yang sangat singkat, maka fotografer harus mampu mengabadikannya.

FOTO ALAM

Foto Flora

Salah satu jenis foto dengan obyek utamanya ialah tanaman dan tumbuhan yang dikenal dengan jenis foto flora. Dimana foto flora ini ada berbagai jenis tumbuhan dengan segala keanekaragamanya yang menawarkan nilai keindahannya dan memiliki daya tarik untuk direkam atau diambil dengan kamera.

Foto Fauna

Foto fauna adalah jenis foto dengan berbagai jenis binatang sebagai obyek utama. Foto fauna ini menampilkan daya tarik dunia binatang dan aktivitasnya serta aktifitas binatang. Pengambilan foto fauna ini akan mendapatkan hasil yang menawan bagi fotografer dan menarik perhatian para pengagum gambar tersebut.

Foto Lanskap

Foto lanskap adalah jenis foto yang sangat popular seperti halnya denga foto manusia. Foto lanskap merupakan foto bentangan alam seperti unsur langit, daratan dan air, sedangkan manusia, hewan, dan tumbuhan hanyalah sebagai unsur pendukung seperti foto di atas. Dalam ekspresi alam serta cuaca menjadi moment utama dalam menilai keberhasilan membuat foto lanskap.

FOTO ARSITEKTUR

Kemampuan untuk menjumpai bangunan bangunan dalam berbagai ukuran, bentuk, warna dan desain. Dalam jenis foto arsitektur ini menampilkan keindahan suatu bangunan baik dari segi sejarah, budaya, desain, dan konstruksinya. Dalam memotret suatu bangunan dari berbagai sisi dan menemukan suatu nilai keindahan bangunan menjadi sangat penting dalam membuat foto. Foto arsitektur ini ini tak lepas dari hebohnya dunia arsitektur dan tehnik sipil sehingga jenis foto arsitektur ini menjadi penting peranannya.

Dunia arsitektur juga sebuah dunia yang menarik. Karena dalam dunia arsitekterdapat beragam warna dan tekstur. Setiap bangunan punya pesona masing-masing dengan sentuhan yang bernilai seni.

Menariknya, fotografi arsitektur ini memilikibanyak konsumen. Anda bisa mendapatkan konsumen dari pasar dunia rancang bangun hingga konsumen awam yang hanya tertarik padadesain sebagai ilmu tambahan mereka, atau inspirasi mereka.

FOTO STILL LIFE

Foto still life adalah menciptakan sebuah gambar dari benda atau obyek mati. Hal ini membuat gambar dari benda mati menjadi benda yang menarik tampak hidup, komunikatif, ekspresif dan mengandung pesan yang akan disampaikan itu adalah bagian yang sangat penting dalam menciptakan karya foto still life ini. Foto still life ini bukanlah bukanlah sekedar menyalin atau memindahkan suatu objek ke dalam film dengan cara yang sederhana, karena bila seperti itu yang dilakukan namanya adalah mendokumentasikan. Foto still life ini merupakan jenis foto yang menantang dalam menguji kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan teknis.

Jika fotografer memotret sebuah gambar untuk tugas majalah, subjek untuk fotografi still life Anda tidak terbatas. Meskipun kepercayaan umum, fotografi still life tidak terbatas pada gambar hanya apel dan anggur. Bahkan sesuatu seperti gulungan benang dapat menarik dan menarik secara visual.

FOTO JURNALISTIK

Foto jurnalistik digunakan saat kepentingan fers atau kepentingan informasi. Dalam penyampain pesan, harus terdapat tulisan yang menerangkan isi foto (caption) sebagai bagian dari penyajian jenis foto jurnalistik. Jenis foto jurnalistik ini banyak kita jumpai di media massa seperti koran, majalah, bulletin dll. Atau foto jurnalistik ini foto yang memiliki nilai berita atau juga menjadi berita itu sendiri.

PENUTUP

Teknologi kamera merupakan evolusi baru dalam bidang fotografi dimana pengguna masa kini boleh berinteraksi sesama sendiri dengan menggunakan image-image yang direkam.

Bidang fotografi juga memiliki masa depan yang cerah memandangkan kepada keperluan yang semakin meningkat terutama dalam pengambilan gambar yang unik atau menarik perhatian.

Fotografi seni dan jenis ada bermacam-macam. Untuk itu dibutuhkan seorang fotografer yang dibetul-betul seni dan jenis fotografi yang ada pada dirinya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong