Bahasa Gaul / Prokem

16 March 2017 15:18:48 Dibaca : 3350

Bahasa Gaul

Bahasa prokem atau Bahasa gaul adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1970-an yang kemudian digantikan oleh ragam yang disebut sebagai bahasa gaul. Bahasa prokem ditandai oleh kata-kata Indonesia atau kata dialek Betawi yang dipotong dua fonemnya yang paling akhir kemudian disisipi bentuk -ok- di depan fonem terakhir yang tersisa. Misalnya, kata bapak dipotong menjadi bap, kemudian disisipi -ok- menjadi bokap. Diperkirakan ragam ini berasal dari bahasa khusus yang digunakan oleh para narapidana. Seperti bahasa gaul, sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia dan dialek Betawi.

Dari pengertian diatas pasti kita sudah tahu apa yang dimamksud dengan Bahasa gaul. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan contoh di daerah saya dimana dalam penggunaan Bahasa gaul, ternyata sangat berpengaruh di kehidupan sehari-hari. Bahasa gaul di Gorontalo biasanya di gunakan oleh anak-anak sekolah dari orang kalangan pelajar maupun masyarakat pada umumnya. Alasan Bahasa gaul di daerah Gorontalo muncul tidak jauh berbeda dengan yang berada di Jakarta. Agar kalimat mereka tidak diketahui oleh kebanyakan orang, mereka merancang kata-kata baru dengan cara antara lain mengganti kata ke lawan kata, mencari kata sepadan, menentukan angka-angka, penggantian fonem, distribusi fonem, penambahan awalan, sisipan, atau akhiran. Masing-masing komunitas (daerah) memiliki rumusan sendiri-sendiri. Pada dasarnya bahasa ini untuk memberkan kode kepada lawan bicara.

Contoh Bahasa yang biasa yang digunakan :
- Sir =Pulang
- Rugut =Tidur
- Yukul= Makan
- Rajal =dia laki-laki
- Harim =dia perempuan
- All off =kegiatan berakhir

Jika kita simak secara seksama, ada beberapa kata yang mengandung kata dasar dari bahasa Arab, contohnya, harim, rajal, ente, ana, kata ini biasa digunakan oleh orang Gorontalo. Ada beberapa contoh lagi tentang Bahasa gaul contohnya apa kabar diganti dengan apa kabs ? ada dimana ? diganti dengan ada dimans ? adalagi mantap jiwa ! jadi ntaps jiwa. !

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong