Tingkatkan Karakter Siswa Untuk Kartini Dan Bumi !

15 May 2017 16:16:54 Dibaca : 45

 

Tingkatkan Karakter Siswa Untuk Kartini Dan Bumi !


Gorontalo - Sudah menjadi kegiatan wajib tahunan bagi SDN 33 Kota Selatan untuk memperingati hari Kartini tanggal 21 April 2017 dengan melakukan berbagai kegiatan seperti karnaval, kegiatan ini merupakan pembuka dari seluruh rangkaian kegiatan pada peringatan hari Kartini. " Dalam kegiatan ini semua anak khususnya perempuan, harus berpakaian layaknya ibu radeng ajeng Kartini dan laki-laki menggunakan jas," jelas Ramli Pateda selaku kepala sekolah.

Adapun berbagai lomba yang laksanakan untuk memeriahkan semarak hari Kartini yaitu lomba menggambar dan mewarnai gambar wajah Kartini. Serta lomba yang lumayan unik yaitu lomba mirip wajah Kartini, jadi dalam lomba ini akan dipilih oleh guru siswa yang wajah dan penampilannya mirip Kartini untuk diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi mereka. Selain itu kegiatan ini juga dibuat untuk mempererat tari silahturahmi antar sesama siswa, maupun antar orang tua siswa. Maupun untuk meningkatkan karakter bagi siswa dalam hal menghargai jasa para pahlawan, terlebih untuk ibu artini sebagai pahlawan wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita. Karena berkat kegigihan dan perjuanganyalah derajat wanita kini bisa disamakan dengan para pria yang pastinya sama-sama bisa mengenyam pendidikan dengan layak.


Kegiatan inipun telah dirangkaikan langsung dengan peringatan hari bumi yang jatuh pada 22 april. Sebelumnya, pada Jumat (20/4) para siswa dan guru telah melaksanakan sebuah kegiatan peduli lingkungan yaitu kerja bakti yang berlokasi di kompleks kantor lurah Limba U 1 dan juga kompleks pasar sentral. Dalam kegiatan kerja bakti tersebut siswa tidak hanya sekadar mengumpulkan sampah, tetapi juga di ikutsertakan dalam lomba memilah sampah yang baik. "Jadi bagi kelompok yang dapat memilah sampah dengan benar, misalnya sampah kering, sampah basah, sampah plastik, dan sampah kertas akan memperoleh juara dan mendapatkan hadiah dari sponsor," ujar Ramli Pateda selaku kepala sekolah.

 

Dan selain dilaksanakan sebagai peringatan hari Kartini dan hari bumi, kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung program sekolah Adiwiyata, karena SDN 33 Kota Selatan pada tahun 2017 ini akan maju menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Kegiatan ini juga dilaksanakan sejalan dengan program pengembangan pendidikan karaketer yang salah satunya adalah gotoh royong. Pada pengembangan ini, siswa di ajarkan bagimana cara mencintai lingkungan secara bersama-sama dalam kegiatan kerja bakti. Sehingga peringatan hari Kartini dan bumi ini menjadi salah satu media pembinaan, atau pengembangan karakter tentang cinta lingkungan dengan tujuan agar supaya anak-anak bisa beperilaku hidup bersih dan sehat. Bukan hanya di sekolah tetapi juga dapat di terapkan di rumah dan lingkungan sekitar mereka.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong