prinsip pengelolaan media massa

04 May 2017 08:53:46 Dibaca : 1172

PRINSIP PENGELOLAAN MEDIA  

1. MENYEIMBANGKAN IDEALISME DENGAN REALITAS  .  Idealisme adalah sumber perubahan. Perubahan terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada “kesalahan” atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan hanya bila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme. Namun perlu diperhatikan juga bahwa idealisme tidak bisa berdiri sendiri. Idealisme juga memerlukan realisme. Idealisme dan sikap realistik bagaikan dua sisi mata uang yang saling melengkapi satu sama lain secara absolut. Tanpa adanya sikap realistik, idealisme hanya akan menjadi angan-angan utopis: bagaikan mimpi di siang bolong. Sikap idealis tanpa sifat realistis hanya akan menjadi bunga tidur dalam kehidupan yang tidak lebih baik dari khayalan orang sakit jiwa. Perlu ada keseimbangan koheren antara sifat idealisme dan realistis agar menjadi manusia seutuhnya. Sikap realistis diperlukan untuk memahami dan menginsyafi kondisi riil di lapangan. Sedangkan sikap idealis diperlukan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kekurangan yang terjadi dalam realita. Tidak mungkin seorang manusia hanya mengikuti arus (realistis) selama-lamanya, atau hidup akan menjadi statis. Tidak mungkin juga seorang manusia hanya mengutamakan idealismenya semata dengan mengacuhkan realita kalau tidak ingin dikatakan seorang pemimpi. Jadi pada kenyataannya, sikap idealis dan realis bukanlah suatu hal yang saling berkontradiktif. Justru sebaliknya, kedua hal itu harus selaras berjalan dalam pikiran dan sikap kita agar hidup selalu mengalami progresifitas. Keseimbangan antara idealisme dan realism dapat menghasilkan output yang tentunya lebih baik daripada hanya condong ke satu sisi saja.   Masyarakat membutuhkan informasi yang aktual dengan mudah, praktis, dan cepat. Media massa menyajikan beragam informasi tentang peristiwa-peristiwa di masyarakat yang dikemas melalui tayangan berita televisi dan berita pada media media cetak atau newsletter. Dengan adanya media massa, masyarakat mempunyai akses yang mudah untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, media massa juga menjadi media yang memberikan hiburan kepada masyarakat. Melalui media massa, masyarakat tidak hanya dapat mengakses informasi, tetapi juga menikmati hiburan yang disajikan. Contohnya seperti tayangan sinetron, komedi, drama, dan lain-lain. Fungsi lain media massa adalah memberikan tayangan yang mendidik bagi masyarakat. Idealnya, dalam tayangan acara yang disajikan maupun konten tulisan yang dimuat oleh media massa, haruslah memuat unsur edukatif yang dapat menambah pengetahuan masyarakat. Dan fungsi terakhir yang dimiliki oleh media massa adalah fungsi kontrol sosial atau surveillance. Media massa berperan sebagai media pengontrol, terutama terkait dengan sistem pemerintahan. Karena media massalah yang menjadi monitor penghubung antara pemerintah dengan masyarakat.  Empat fungsi di atas merupakan empat fungsi ideal yang harus dijalankan oleh media. Apabila media dapat menjalankan empat fungsi tersebut, maka sistem sosial dalam masyarakat yang mana melibatkan media di dalamnya, akan dapat berjalan secara berimbang.  2.  SUMBER-SUMBER PENDAPATAN MEDIA  1. Menjual Iklan   Iklan On-Air merupakan pendapatan paling besar di media. Mereka menjual iklan kepada perusahaan atau individu yang ingin menjangkau khalayak dengan menyiarkan pesan produk atau jasa mereka. Harga spot yang ditawarkan tergantung pada panjang konten yang akan disiarkan, jam siaran yang akan digunakan dan dimana event tersebut disiarkan. Penempatan setiap spot juga dapat mempengaruhi harga, misalnya saja spot iklan yang disiarkan segera setelah program dari media selesai dan beralih ke iklan komersial, memiliki harga yang berbeda dengan penempatan spot iklan yang berada di tengah-tengah iklan yang lainnya. Dalam beberapa kasus, iklan yang dibaca secara pribadi oleh penyiar atau pembawa acara yang sudah menjadi favorit penirsa dan pendengar, dengan harapan dapat memperoleh perhatian yang lebih dari masyarakat, biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada bentuk iklan yang tradisional  2. Sponsor     Menjadi sponsor sebuah program di media adalah teknik beriklan tanpa menjual.  Biasanya pada awal atau akhir acara, penyiar akan mengatakan kepada pendengar seperti, “Acara ini disponsori oleh perusahaan AAA.” Pengumuman tersebut biasanya tidak kurang dari 15 detik dan pesan yang disampaikan tidak terlalu detil hingga tentang produk atau jasa yang dimiliki perusahaan. Perusahaan yang mensponsori program acara harus menyadari branding yang akan mereka sasar. Dan hal itu juga berlaku bagi media yang menerima perusahaan tersebut sebagai sponsor.    3. Event   Stasiun media sering mengadakan event khusus yang terkadang dibuat secara mandiri atau dengan mitra iklan. Bentuk event biasanya berupa konser musik, karena musik merupakan salah satu daya tarik utama untuk pendengar. Secara umum, tujuan dibuatnya event adalah menarik pendengar atau pemirsa baru dan memperoleh pendapatan tambahan dari penjualan tiket dan merchandise. Selain itu ada juga radio/televisi talkshow yang disiarkan langsung di luar studio, misalnya talkshow di sekitar tempat wisata yang terdapat banyak orang. Mereka biasanya juga mengundang pengunjung untuk sekedar wawancara dan siaran bersama.  Siaran talkshow dengan gala dinner juga bisa dilakukan, mereka dapat lebih membaur dengan pendengar/pemirsa. Secara umum, event mempersilahkan masyarakat untuk masuk ke dunia mereka. Tiket yang dijual pun dapat bersifat premium, tergantung dimana event tersebut dilaksanakan dan siapa bintang tamu yang hadir.  4. Menjual Program Radio/televisi  Stasiun radio/televisi selalu mencari program yang akan menjadi andalan atau populer saat on air, hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan rating dan mengundang pengiklan masuk ke program tersebut. Dengan adanya peluang untuk kebutuhan suatu program, stasiun radio/televisi dapat menjual salah satu programnya ke stasiun radio/televisi lain dengan imbalan uang yang cukup besar. Biasanya antar stasiun radio/televisi juga bisa melakukan barter dengan hak yang lebih istimewa. Semakin besar suatu program dan semakin banyak pasar yang diraih, maka akan semakin banyak host dan stasiun radio/televisi yang saling membuat program populer.   5. Menjual Siaran Berita   Stasiun radio dengan fokus berita biasanya menjual feed per jam dan produk berita kawat ke stasiun radio/televisi di berbagai negara. Idenya adalah untuk menghilangkan kebutuhan setiap stasiun radio/televisi dalam mengelola reporter dan news anchor untuk membuat siaran per jam dan update breaking news. Misalnya, Radio Berita AAA menawarkan layanan radio/televisi nasional dengan reporter yang sudah tersebar, dan setiap reporter dapat memberikan berita sedikit demi sedikit dan siaran berita per jamnya. Siaran tersebut dapat tersedia melalui layanan jaringan digital terpadu atau ISDN, mengudara ke stasiun radio/televisi lain di berbagai negara. Setiap stasiun media dapat memutuskan untuk membeli feed dan menyiarkan berita secara mandiri, selama menggunakan slot di waktu yang tepat. Layanan berita ini dapat ditawarkan ke beberapa stasiun yang berbeda dan tentunya akan membawa banyak pendapatan.   Pendapatan media cetak juga berasal dari iklan tetapi iklan yang dimaksud adalah Iklan Baris, Kolom, Gambar dll. sehingga memberikan pihak mereka keuntungan lebih dari yang telah diperkirakan, dan dengan mempunyai harga yang mampu dijangkau oleh masyarakat maka koran mereka akan laris dan investor maupun pemasang iklan pun akan terus berdatangan , karena peminat mereka adalah tertuju dengan baik  dan jualannya laris.   JENIS-JENIS PENGELUARAN/BELANJA MEDIA  1. BELANJA KARYAWAN  Dalam hal ini membahas mengenai belanja gaji dan tunjangan, belanja lembur, belanja magang, dan lainnya yang berkaitan dengan karyawan di media itu sendiri  .    2. BELANJA BARANG/JASA  Belanja barang terdiri dari belanja barang operasional atau pengeluaran untuk membiayai kegiatan dan keperluan sehari-hari yang secara langsung menunjang perusahaan. dan belanja non operasional yaitu pengeluaran untuk pembayaran 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong