OBSERVASI RRI GORONTALO

26 March 2017 12:35:06 Dibaca : 642

                                      KATA PENGANTAR

      Syukur alhamdulillah Kami panjatkan kehadirat Allah SWT Yang has memberikan rahmat Serta karunia-Nya ditunjukan kepada Kami sehingga Kami BERHASIL menyelesaikan telkom Penyanyi Yang alhamdulillah Tepat PADA Waktunya yakni telkom "Observasi RRI GORONTALO" Harapan Kami semoga telkom Penyanyi membantu Menambah Pengetahuan Dan Pengalaman Bagi para Pembaca. Kami menyadari bahwa telkom Penyanyi Masih JAUH Dari Sempurna, Kritik dan Saran Dari SEMUA parties Yang bersifat Membangun Selalu Kami harapkan demi kesempurnaan Tugas Penyanyi.

                                                                                                                                                                        Gorontalo, 21 Maret 2017

                                                                                                                                                                                          Penulis

                                                  BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
         Lembaga Penyiaran public (LPP) RRI * Menurut UU RI Nomor 32 Tahun 2002 Adalah Lembaga Penyiaran Yang Berbentuk badan hukum Yang didirikan Negara, bersifat independen, netral, TIDAK Komersial, berfungsi memberikan LAYANAN untuk review kepentingan 'masyarakat. Demikian jelaslah bahwa RRI Gorontalo termasuk hearts Lembaga Penyiaran Publik sebagaimana dimaksudkan hearts UU No. 32 Tahun 2002 tersebut.
Dalam Pasal 2 UU No 32 Tahun 2002 dinyatakan bahwa Penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 DENGAN asas Manfaat, adil Dan merata, Kepastian hukum, Keamanan, keberagaman, kemitraan, etika, Kemandirian, Kebebasan Dan tanggung jawab.
Selanjutnya * Menurut Pasal 3 UU Nomor 32 Tahun 2002 bahwa tujuan Penyiaran Adalah untuk review memperkukuh nasional, terbinanya Kehidupan bangsa, memajukan Kesejahteraan Sales manager, Integrasi hearts Rangka Membangun society Yang mandiri, demokratis, adil Dan sejahtera, Serta menumbuhkan industri Penyiaran Indonesia.
Sebagai Lembaga Penyiaran public * Menurut Pasal 4 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005 TENTANG Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia mempunyai telkom memberikan Pelayanan information,
Pendidikan, Hiburan Yang sehat, Kontrol Dan Perekat sosial Serta melestarikan budaya bangsa untuk review kepentingan Seluruh lapisan tebal kulit 'masyarakat through Penyelenggaraan Penyiaran radio Yang menjangkau Seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.2 Rumusan * Masalah


1. Bagaimana Sistem Kerja dan Cara Penyebaran Berita di RRI Gorontalo?


1.3 Tujuan Penulisan


1. UNTUK Mengetahui Bagaimana Sistem Kerja dan Cara Penyebaran Berita di RRI Gorontalo

BAB II
Pembahasan


2.1 data Wanwancara
Wawancara kepala seksi Siaran bapak Raimanto S.Sos.


        RRI Gorontalo memiliki 3 programa Siaran. Program Yakni 1, programa 2, Dan programa 3. Dimana, Ketiga programa Penyanyi memilki Bagian-Bagian Tertentu untuk review Menjadi sasaran pendengarnya, Program Yaitu 1 KHUSUS Melayani Siaran KHUSUS SEMUA Kalangan Mulai dari Usia TK Sampai Orang Tua. Berita Yang disugukan di programa 1 ADA Jazz RS, Mulai dari infromasi duka, keluarga, pemberitahuan Kehilangan, radiogram, Siar agama, warta berita, Penghasilan kena pajak warta berita ADA iklan LAYANAN society, iklan promosi Dan lain-berbaring, kemudian ADA arena Siaran taman kanak- kanak, kemudian ADA estafet warta berita Olahraga. Frekuensi 101,8.
Programa 2 Target pendengarnya Adalah remaja. Isi materi Siaran pagar dominan musik .. Iklan diprograma 2 Hanya terbetas, Dan Hanya berkisaran diinformasi TENTANG remaja, seperti iklan Mengenai Kreativitas remaja Yang mempunyai Prestasi such as inviting participation Prestasi dibidang Olahraga, ataupun Pendidikan Bidang.
Sedangkan Programa 3 KHUSUS Siaran berjaringan nasional untuk review menyiarkan warta berita. Progama 3 pemancar KHUSUS programa 3 Penyanyi, pada 1x24 jam.Namun Hanya merelay. Pro 3, 4 Kali merelay warta berita nasional, Dan also mengirim berita Ke kantor KBRN (kantor berita nasiona RRI) Jadi, berita-berita Yang ADA Dikirim kekantor KBRN.
Dan untuk review dibagian Status Penyiaran KARENA RRI Gorontalo Masih tipe C, untuk review SEMENTARA Masih Mengelola 3 programa. Nanti JIKA Berubah Menjadi tipe B, akan ADA programa 4. KHUSUS menyiarakan Pendidikan dan budaya. Nantinya penyiar-penyiar Yang akan dipilih, penyiar Yang Fasih Berbahasa SEMUA Yang digorontalo. TAPI sebelumnya Saat ini pemancarnya Sudah disiapkan.

Bagaimana MEKANISME Penyiaran?


       MEKANISME RRI Yaitu kerja tim. Siaran dibawah Naungan produser Dan produser also mengawasi Pelaksanaan Siaran, Penanggung jawabnya kepala RRI, kemudian ADA Pengarah Acara, penyiar ADA, ADA teknisinya ATAU operator.mereka Yang SETIAP hari melaksanakan telkom dibox Siaran. Dan Sudah ADA PT Siaran.
Bagaimana Cara audiens menarik Perhatian?
Untuk review Lebih Dekat DENGAN audiens ATAU pendengar, ketika Program ADA Yang akan berdialog DENGAN pendengar Maka ADA responden ATAU SAR Pembuatan balik Dari para penyiar Dan TIDAK Hanya ITU, apapun Yang ditanya Oleh pendengar akan dicatat Baik Dipro 1 ataupun Pro2. JIKA ADA tanggapan Dari pendengar Maka akan dimasukkan di akun facebook ataupun tweeter.


Berada Dimana Saja pemancar RRI?


       Pemancar RRI berada dilima kabupaten, yakni Marisa kabupaten Pohuato Frekuensi FM.97,00 MHz, Tilamuta Kabupaten Boalemo Frekuensi FM.93,5 MHz, di Tihu Kabupaten Bone Bolango Frekuensi FM.100,3 MHz, di Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Frekuensi FM. 93,7 MHz, Dan Paguyama Kabupaten Gorontalo Frekuensi FM.94 MHz. Bahkan PENGOPERASIAN negeri also can didengarkan lewat kehidupan sungai. RRI also Sudah launching kehidupan radio streaming visual yang Sekitar Satu Jam yakni launcinganya jakarta DENGAN gorontalo. Jadi RRI TIDAK Hanya can didengar tetapi Sudah can Dilihat lewat youtube. Dan Sekarang SEMENTARA digodok di DPR undang-undang radio Penyiaran Menjadi Televisi Indonesia. Apakah akan digabung DENGAN Televisi ATAU TIDAK, apakah radio Televisi akan Berdiri Sendiri ATAU TIDAK.


Bagaimana Cara Iklan Disiarkan?


      Iklan SEMUA dikelola Oleh LPU (LAYANAN Pengembangan Usaha) ATAU pemasaran Dari RRI. SEBELUM dikelolah Oleh LPU diproduksi PT KARYA CIPTA PUTRA such as inviting participation, iklan Yang MASUK Masih Mentah ATAU Belum diproduksi. Penghasilan kena pajak diproduksi mereka meminta ijin Dari kepala seksi Siaran untuk review Tayang dijam berapa. LPU memasukkan PT iklan kepenyusun Acara ATAU Pembuat PT Acara Siaran. Dan Langsung dilaporkan banyaknya iklan Yang akan diberikan. Jadi, mereka BEKERJA sama DENGAN Pembuat PT Acara Siaran untuk review memasukkan iklan-iklan Yang akan disiarkan pagi, siang, Dan sakit ataupun Malam. Begitupun JIKA ADA permintaan Negara-permintaan Negara dialog untuk review Acara Siaran Langsung, LPU Yang akan melaporkan kepembuat PT Acara Siaran. Such as inviting participation PADA Pukul siang akan ADA Siaran Langsung ATAU Siaran dialog, baik dialog Didalam studio ataupun studio PENGOPERASIAN dialog. Jadi ditentukan hearts PT Acara Siaran, untuk review Acara Yang akan disiarkan atauupun iklan-iklan Yang akan disiarkan.


Program MEMBUAT Cara Bagaimana Acara Di RRI?


       Program Acara Siaran disusun hearts Setahun Sekali, Yang disebut DENGAN Pola Siaran. Pola Siaran ITU dirapatkan SETIAP AKHIR TAHUN. Namanya Rapat Pola Siaran ATAU Rapat Evaluasi Siaran. Jadi, Siaran Yang selama Satu Tahun Berjalan akan dievaluasi, mana Acara-Acara Yang jalan ataupun Yang TIDAK Berjalan. JIKA Program ADA ATAU Acara Yang TIDAK jalan ATAU pendengarnya Kurang, Maka akan digantin DENGAN Acara yang lain. Dan JIKA ADA masukan-masukan Dari pemerhati ATAU penggemar can mengirim surat, can DENGAN mengatakan Kami TIDAK Suka Lagi DENGAN Acara-Acara Tertentu Maka ITU kan dievaluasi Lagi. Dan terjadilah Pola Siaran untuk review Satu Tahun kedepan. JIKA such as inviting participation Acara Masih Terus Berjalan Maka itulah Yang differences akan diikuti.


Bagaimana Berita Sampai Disebarluaskan diradio?


       Reporter MEMBUAT agenda DENGAN berita Sesuai liputannya. Reporter di wajibkan MEMBUAT Maksimal Tiga berita Dan minimal doa hearts Sehari untuk review Satu orangutan. Tetapi, Penghasilan kena pajak ITU Bagian Penyiaran menyesuakian DENGAN agenda. Apakah hasil temuan liputan mereka Sesuai DENGAN agenda Yang Sudah mereka buat. SETIAP hari, SEBELUM Wartawan turun-ADA Yang Namanya Rapat agenda setting ATAU Rapat agenda liputan. Setela mereka Selesai MEMBUAT berita Yang Sesuai DENGAN agendanya, naskah mereka diperlihatkan di Editor Siaran. Editor Siaran Yang akan menganalisa berita meraka. Apakah ADA kalimat Yang shalat ataukah Format Yang mereka buat Sudah Benar ATAU TIDAK Serta kepala berita maupun isi berita akan di Analisa Oleh Editor Siaran. Penghasilan kena pajak ITU ADA Yang Namanya ges Editor. ges Editor Penyanyi Yang memeriksa Kembali Penghasilan kena pajak Dari Editor Siaran. Beritanya di periksa Lagi apakah Sudah Benar ATAU TIDAK. Penghasilan kena pajak ITU di periksa Oleh multimedia kemudian multimediamenyusun randown. Dan JIKA ADA Topik Yang menarik ITU Yang Menjadi headline. Dan berita Sudah diperhitungkan durasinya 25 Menit Baik sakit maupun pagi. Penghasilan kena pajak ITU On udara. Dan dibacaoleh presenter berita TAPI SEBELUM dibaca dipelajari PT KARYA CIPTA PUTRA.

BAB III
KESIMPULAN


3.1 KESIMPULAN


          Dari hasil temuan Observasi, RRI merupakan radio Yang independen, Dan TIDAK berpihak ditunjukan kepada siapapun. Dan Program-Program Yang ADA di radio Penyanyi Program Adalah Yang mendidik, Informatif, Dan merujuk PADA SEMUA Kalangan. Selain ITU, cara Penyiaran yang Baik Dan jangkauan Frekuensi Yang Sudah meluas, MEMBUAT RRI Semakin Banyak dikenal Oleh society. RRI also Mampu menampung Saran maupun Kritik Dari pendengar Terhadap kekurang maupun Kelebihan Dari Program-program yang di RRI Program sehingga isi tersebut can LEBIH diperbaiki Lagi maupun diganti DENGAN Program yang lain Seperti Yang disebut DENGAN Pola Siaran Yang has Diatas dijelaskan.