ARSIP BULANAN : October 2017

KOMUNIKASI PEMASARAN

24 October 2017 19:43:13 Dibaca : 335

 

JUAL BELI MOTOR HONDA

Pemilik perusahaan :
SUGIARTO MOKODOMPIT
082271615147

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2017

1. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
1.1 PRODUK /JASA YANG DIHASILKAN
Di era globalisasi ini banyak sekali merk-merk sepeda motor yang ditawarkan kepada konsumen seperti merk YAMAHA, HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, KTM dan lain sebagainya. Dimana masing-masing merk motor tersebut berusaha untuk membuat produknya lebih unggul dibandingkan merk lain. Maka, kegiatan pemasaran yang baik dan tepatlah yang memegang peranan yang penting dalam menunjang kelangsungan usaha dan perkembangan suatu perusahaan. Dengan kata lain pihak produsen harus mampu merebut hati konsumen akan hasil suatu produksi yang dijual dan berupaya untuk memuaskan konsumen.
Dalam memahami perilaku konsumen produsen harus mampu mengendalikan perubahan perilaku konsumen dengan berusaha mengimbanginya, yakni dengan mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan melalui dan melalui evaluasi berkala demi kelangsungan hidup produsen itu sendiri. Tidak semua sepeda motor diminati oleh sebagian besar konsumen yang ada, akan tetapi hanya beberapa saja.
sepeda motor HONDA sepertinya sudah menjadi tuntutan para pengendara sepeda motor terutama pengendara yang tidak mau repot ketika mau memindahkan gigi motornya, karena motor ini tidak menggunakan sistem pemindah gigi pada motor bebek lainnya. melainkan ketika mengendarainya pengendara hanya cukup mengatur gasnya saja. Melihat keadaan ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang perilaku konsumen yang merupakan salah satu dasar dalam menerapkan strategi pemasaran utnuk mencapai tujuan, yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga diharapkan dapat membawa kepada peningkatan penjualan yang berakibat langsung pada peningkatan penjualan yang berakibat langsung pada peningkatan pasar.
Berikut adalah gambar produk yang akan penulis analisis yaitu sepeda motor HONDA yang tidak menggunakan sistem pemindah gigi.

Adapun keunggulan produk yang dimiliki adalah sepeda motor ini lebih ditunjukan kepada anak muda yang masih menggunakan konsep compact, stylish, fun hingga fuel efficient. Motor HONDA ini mengedepankan kosep sporty, cool, energetic yang masih mempertahankan desain awal dengan adanya tambahan seperti cover handle, panel meter dan juga cover muffler. Belum lagi dengan adanya crankcase cover, cooling fan cover, step flor design hingga bagian speed sensor yang terdapat di serinbeat ESP ini. Sementara pilihan warna sendiri terdiri dari 4 warna, keunggulan lainnya adalah adanya offset crankshaft yang memiliki fungsi unutk menahan gesekn yang terjadi antara piston dan juga dinding silinder.
1.2 GAMBARAN PASAR
a. Data nilai penjualan 3 tahun terakhir

Dalam grafik diatas dijelaskan bahwa pada tahun 2015 terjadi penjualan yang cukup signifikan yaitu sekitar 3% dengan jumlah rata-rata 4,453,888 unit, sedangkan pada tahun 2016 terjadi pangsa pasar lewat angka penjualan sekitar 10% dari 3% menjadi 3,5% dengan jumlah rata-rata 4,380,888 unit, dan pada tahun 2017 juga terjadi pertumbuhan pasar nasional sekitar 5% dari 3,5% menjadi 4% dengan jumlah rata-rata 2,828,362 unit.
b. Kegiatan pemasaran dan promosi yang sudah dilakukan
• Personal Selling
Kegiatan personal selling merupakan bagian dari kegiatan promosi yaitu cara untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap produk yang di tawarkan secara tatap muka. Promosi ini merupakan salah satu variable di dalam marketing mix yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh perusahaan dalam menawarkan produknya.
Dan adapun kegiatan yang sudah dilakukan secara Personal Selling adalah dengan cara Konfrontasi Personal yaitu dengan cara langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan penyesuaian. Selain itu, Personal Selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengar, memperhatikan dan menanggapi wiraniaga.
• Pameran
Untuk motor honda sendiri selama satu bulan lebih mengadakan pameran dan mendapatkan kembali keuntungan dalam ajang pameran tersebut yang berlangsung sejak 8 Juni hingga 16 Juli 2017. Terdapat kenaikan penjualan mencapai 42%. Hal ini kembali menguatkan Honda sebagai pilihan konsumen.
• Brosur
Honda juga memberikan Brosur agar mempermudah konsumen dalam memperjelas produk honda. Di dalam brosur tercantum harga yang tertera di brosur serta besarnya cicilan produk honda. Dengan adanya brosur menjadi bagian terpenting dalam beriklan, sehingga honda membuat brosur dengan semenarik mungkin dan unik sehingga mampu menarik perhatian dan minat para calon konsumen. Adapun kelebihan adanya brosur itu sendiri adalah konsumen dapat langsung memahami maksud yang disampaikan yang bersifat sederhana namun langsung pada point terpentingnya.
• Advertising / Iklan
Honda juga menyediakan jasa periklanan yang berguna untuk mengekspresikan peluang sekaligus mendrmatisasi produk yang dijual oleh perusahaan mealui penggunaan percetakan dengan desain dan warna yang berseni supaya dapat menarik perhtaian konsumen atau pelanggan.
1.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
- Gambaran karakteristik pembeli / pengguna
Ruang Lingkup Perilaku Konsumen merupakan studi perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mencakup apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, kapan mereka membeli, di mana mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, dan seberapa sering mereka menggunakannya. Mereka juga harus tahu untuk apa mereka membeli, dan juga apa manfaat yg mereka peroleh.
Rata-rata yang membeli produk motor honda adalah kebanyakan seorang perempuan karena dengan gaya yang modis serta cocok dipakai serta mempermudah seseorang membawa barang-barang. Selain it keunggulan yang menjadi daya tarik seseorang untuk membeli produk motor Honda adalah harganya yg terjangkau, suku cadang yang murah serta tempat dan lokasi servicenya pun tersebar dimana-mana, irit bahan bakar, inovasi dan teknologi yang semakin meningkat serta tahan lama.
1.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR
Kapasitas produksi pabrik baru ini mencapai 1,1 juta unit pertahun yang akan dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan sepeda motor di pasar domestik dan pasar ekspor di kawasan ASEAN di masa mendatang. Dengan demikian, total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia saat ini mencapai 5,3 juta unit pertahun, atau terbesar di dunia.
1.5 PROYEK PENJUALAN
Berikut adalah proyeksi pediksi nilai penjualan Honda :

Pada tahun 2017 total penjualan mencapai 4% dan di prediksi tahun 2018 penjualan ditargetkan meningkat mencapai 4,1%. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) selama 2017 penjualan sepeda motor secara wholesales (pabrik ke diler) lebih meningkat dibandingkan dengan penjualan sepanjang 2016 dan Honda kembali memimpin pasar. Sehubungn dengan belum pulihnya daya beli, maka tahun ini Honda tidak muluk-muluk soal target penjualan. Tentunya untuk mencapai target tersebut, Honda Telah menyiapkan beragam target termasuk menghadirkan produk baru.
1.6 STRATEGI PEMASARAN
a. Pengembangan Produk
Strategi pengembangan produk adalah dengan menyiapkan beragam target dan menghadirkan produk baru untuk mengembangkan produksi pemasarn motor hond dengan meningkan kualitas produk.
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Para ahli ekonomi memahami adanya hubungan anatara masyarakat dan kenyamanan wuatu wilayah. Hubungan anatara kota atau wilayah dengan kesempatan ekonomi pembangunan. Pada bagian ini akan dibahas bagaimana pilihan suatu lokasi perusahaan dapat menentukan formasi suatu kota yang dihubungkan kedalam dengan jaringan kota. Dimana pemikiran sistem perkotaan dibangun berdasarkan pada konsep ekonomi. Selain itu pada bagian ini juga akan dibahas beberapa kecenderungan yang mempengaruhi pembangunan kota.
Pertama, perintaan suatu produk digambarkan dalam konteks spasial. Persaingan diantara produsen dipengaruhi oleh ukuran wilayah pasar. Wilayah pemasaran untuk memasarkan barang dan jasa dalam suatu kota pada gilirannya menentukan wilayah pinggiran (hinterland) nya. Selanjutnya dijelaskan teori pusat kota (central-place theory), yang menunjukan bagaimana produsen yang menempatkan wilayah pemasarannya secara terpusat berkontribusi pada pembangunan sistem kota yang berhirarki.
c. Kegiatan Promosi
Honda mengadakan kegiatan promosi dalam beberapa jenis antara lain:
- Periklanan
Yang berbentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian
- Penjualan tatap muka (personal selling)
yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian
- Promosi penjualan
yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelia.
d. Strategi Penetapan Harga
Strategi penetapan harga yang ditawarkan honda adalah menyesuaikan dengan keadaan ekonomi yang ada sekarang. Berhubung adanya penurunan jumlah ekonomi yang ada Honda memberikan harga penurunan sampai 260.000.
1.7
2. Target atau segmen pasar yang dituju
3. Trend perkembangan pasar
4. Proyek penjualan
5. Strategi pemasaran
6. Analisis pesaing
7. Saluran distribusi

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong